Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Sensasi Salju di Wisata Gunung Bromo, Efek Fenomena Embun Upas

AangIrawan
AangIrawan, pada 6 Maret 2023, 14.38
di Blog

Fenomena alam Embun Upas Bromo adalah suatu fenomena langka yang terjadi di Gunung Bromo, salah satu gunung berapi di Indonesia. Embun upas terbentuk ketika uap air di atmosfer membeku pada suhu yang sangat rendah dan membentuk kristal-kristal es yang sangat tajam dan halus.

Anda dapat menjumpai Embun upas pada beberapa lokasi di Indonesia selain Gunung Bromo, seperti Dieng Plateau dan Kawah Ijen. Kehadirannya merupakan dampak dari akibat hembusan angin Timuran dari Benua Australia yang membawa udara dengan suhu dingin. Pada saat embun es ini muncul, suhu di kawasan Bromo hingga pasir berbisik diprediksi berada di kisaran 2 – 6 derajat celcius. Saat itu embun yang biasanya berbentuk air menjadi beku menutupi permukaan kawasan tersebut seperti salju di Gunung Bromo.

Meskipun embun upas merupakan fenomena alam yang cukup unik dan menarik untuk diamati, namun para pengunjung diharapkan untuk tetap berhati-hati. Untuk itu, pengunjung disarankan untuk memakai pakaian yang tebal dan melindungi bagian tubuh yang terbuka. Embun es ini akan mucul pada saat puncak kemarau atau sekitar bulan Juni hingga Agustus atau September, pada pagi hari ketika suhu udara dingin dengan kelembapan tinggi.

Kawasan Gunung Bromo adalah kawasan yang terkenal dengan keindahan alamnya, seperti gunung berapi, lembah pasir, dan lautan pasir. Embun upas menjadi salah satu fenomena alam yang menambah daya tarik wisata di kawasan ini. Banyak wisatawan yang datang ke Gunung Bromo untuk menyaksikan fenomena ini dan mengambil foto-foto yang spektakuler.

Trik Sukses Melihat Embun Upas Salju di Gunung Bromo, pastikan untuk mengikuti beberapa trik berikut ini :
1. Datang antara Bulan Juli sampai Agustus, supaya Anda tidak sia-sia berlibur untuk melihat fenomena ini. Karena hanya saat puncak kemarau terjadinya embun upas ini.
2. Spot terbaik yaitu pada area kawasan Lautan Pasir dan Savana Bromo, karena dari pengalaman sering muncul pada pasir - pasir dan rerumputan yang embunnya membeku.
3. Standby di lokasi sejak pukul 05.00 pagi sampai pukul 07.00 karena pada waktu itulah embun es akan terlihat dengan jelas karena hanya muncul saat sunrise menjelang pagi hari.

Kalau sudah tahu trik sukses melihat langsung embun upas di atas, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan diri dan membawa perlengkapan yang tepat. Pastikan aman, nyaman, dan puas sampai fenomena tersebut berakhir.
Seperti badan harus fit untuk melawan hawa dingin bromo, pakai jaket tebal, bawa bekal makanan & minuman hangat, gunakan jasa guide lokal agar lebih aman.

Sudah siap mengabadikan fenomena embun upas, sensasi Salju di Gunung Bromo dari dekat? Atur waktu liburan yang tepat dan rasakan sendiri sensasi berada di kawasan penuh embun es super dingin, ditemani pemandangan luar biasa Gunung Bromo. Mau liburan ke Gunung Bromo ? Langsung cek paket wisatanya di https://kawanjelajahtour.com/

Sumber: https://kawanjelajahtour.com/fenomena-e…


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com