Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Tips Penting Jika Ketinggalan Rombongan Saat Liburan

KemanaLagi.ID
KemanaLagi.ID, pada 20 Okt. 2015, 1.32
di Tanya & Jawab

Ada banyak macam gaya liburan, ada yang sendiri ada pula yang berkelompok. Nah, saat liburan secara berkelompok, kemungkinan ketinggalan rombongan pun bisa saja terjadi.

Tips nya sebagai berikut :

1. Cari pusat informasi

Seringnya, traveler yang pergi bersama kelompok pasti akan mendatangi objek-objek wisata terkenal. Banyaknya wisatawan yang datang membuat sebuah tempat itu memiliki fasilitas wisata yang lengkap termasuk pusat informasi.

Jadi, saat terlepas atau hilang dari rombongan, segera cari pusat informasi untuk mengumumkan keberadaan Anda. Jika beruntung, Anda bisa langsung berkumpul kembali dengan rombongan.

Ada baiknya juga, sebelum berangkat ada imbauan untuk membuat titik pertemuan atau meeting point. Misal jika ingin melancong ke pasar, pastikan satu titik berkumpul seperti di depan pintu masuk. Dengan begitu, setidaknya Anda tahu harus pergi ke mana saat lepas dari rombongan.

2. Mencari WiFi

Jika di dalam negeri, sinyal bukanlah masalah besar. Beda cerita jika liburan ke luar negeri di mana banyak traveler yang menggantungkan telekomunikasi pada jaringan WiFi. Saat kehilangan rombongan, otomatis Anda ingin menghubungi teman sekelompok.

Jika tak punya kartu SIM, cari saja WiFi. Jika tak ada jaringan WiFi di dekat Anda, carilah area yang punya jaringan internet tersebut. Jangan kecil hati, karena dari semua WiFi yang tersedia, pasti ada yang tak perlu pakai password. Segera sambungkan internet dan kirim pesan ke teman sekelompok.

3. Datangi tempat wisata selanjutnya

Penting hukumnya untuk mengetahui jadwal / itinerary / rundown selama liburan. Ini sangat berguna saat Anda ketinggalan rombongan. Misal sudah tidak bisa menemukan teman sekelompok di tempat Anda hilang, segera menuju tempat wisata selanjutnya.

Bisa berkeliling, bisa juga menunggu di pintu masuk atau pintu keluar. Dengan begitu, kemungkinan untuk bertemu dengan teman sekelompok di objek wisata tersebut pun lebih besar.

4. Hemat baterai ponsel

Saat ini, gadget sangatlah penting. Apalagi saat ketinggalan rombongan, maka ponsel dengan baterai yang terisi jadi benda yang berguna. Kemungkinan besar banyak dari teman sekelompok Anda yang akan berusaha menelepon atau menghubungi.

Terbayang kan jika tidak ada baterai, bagaimana jika ada yang menghubungi? Jadi pastikan untuk menghemat baterai ponsel saat terlepas dari rombongan. Gunakan ponsel hanya pada saat-saat yang penting.

5. Kembali ke hotel

Langkah terakhir adalah kembali ke hotel. Maka dari itu, penting juga hukumnya mengetahui di mana Anda tinggal selama liburan. Setidaknya, catat nama dan area hotel. Dengan begitu, jika sewaktu-waktu ketinggalan rombongan, Anda bisa kembali ke hotel sendiri.

Bayangkan apa yang terjadi jika Anda tak ingat di mana menginap. Tentu akan luntang-lantung mencari teman sekelompok di kota yang tak dikenal.

Jadi buat sahabat Travelovers semua yang akan mengadakan perjalanan alangkah baiknya siapkan diri dengan matang sehingga kejadian ketinggalan rombongan tidak akan terjadi.

Sekian dulu tipsnya semoga bermanfaat buat sobat travelovers semua sampai bertemu di tips yg lain. :victory: :victory: :victory:

Salam Ransel, dan Jangan Lupa Bahagia !


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

bonbon
bonbon
bonbon Newbie
pd. 21 Okt. 2015, 13.31

Tips nya sangat bermanfaat banget, anak-anak SD harus baca tips ini

[url=http://www.rajaaki.com/]Aki Mobil/Motor[/url] | [url=http://www.bebikushop.com/]Aneka Kado & Sepatu Bayi[/url]

Suka 0

© backpackerindonesia.com