TRIP DIENG CULTURE FESTIVAL 2015

Angga_Praztio
Angga_Praztio, pada 7 Okt. 2015, 4.11

Perjalanan di mulai dari Plaza Semanggi Jakarta jam 16.00 WIB. Saya menggunakan bis Elf beserta 12 teman2 saya. perjalanan menuju dieng di tempuh selama sekitar +/-14 jam.

Pagi hari di pagi pertama kami tiba di gerbang dieng pukul 06.00AM dan hembusan udara pegunungan yang segar menerpa wajah kami yang di bangunkan oleh sang driver. ketakjuban kami saat terbangun karena menikmati perjalanan menuju dataran tinggi dieng yang berkelok dan masih sangat asri. barisan awan yang berada di samping2 kami membuat rasa perjalanan ini menjadi sangat bersemangat. menyaksikan gunung prau dari kejauhan dan awan - awan di sekitar gunung tersebut menambah keceriaan kami di pagi itu.

Sesampainya di penginapan seharga 85K per-orang kami sarapan dan beristirahat sejenak. setelah lunch kami memulai trip menuju kawah sekidang. yang merupakan kawah yang memiliki gas bumi sebagai sumber energi di daerah dieng ini. kemudian di lanjutkan menuju bukit di atas danau sawarna untuk menyaksikan keindahan danau dari atas dan di atas pun kita dapat menyaksikan pemandangan yang luar biasa menakjubkan. setelah puas bermain di atas bukit kami beranjak menuju danau 3 warna untuk menyaksikan keindahaanya dari dekat. setelah puas berfoto bersama2 kami kembali kepenginapan untuk beristirahat dan mempersiapkan diri ke acara Jazz diatas awan.

Setelah makan malam, kami melanjutkan petualangan yang kali ini adalah menyaksikan pertunjukan musik yang bernama JAZZ DIATAS AWAN. di acara ini kami di suguhi pertunjukan musik jazz dari band2 lokal yang dengan genre jazz tentunya sambil menikmati jagung bakar yang kita process sendiri. acara berlangsung hingga pukul 11 malam dan kami kembali kepenginapan untuk persiapan agenda selanjutnya.

Pukul 2 dini hari kami sudah mulai bersiap untuk berangkat menuju bukit sikunir untuk menyaksikan golden sunrise di puncak bukit. perjalanan memakan waktu 3 jam dari tempat kami menginap. sesampainya di puncak kami duduk bersama untuk menyaksikan golden sun rise yang hadir untuk menyambut kami di pagi ke 2 kami. setelah puas menikmati sun rise kami kembali ke penginapan untuk sarapan dan beristirahat sejenak. setelah bersih-bersih kami kembali melakukan perjalanan untuk menyaksikan pertunjukan budaya lokal dari pertunjukan tarian adat, wayang, mencicipi hidangan lokal dan beberapa jajanan lokal.

Malam pun menjelang, kami kembali ke penginapan untuk bersiap-siap melanjutkan keseruan dimalam itu. pesta lampion. kami di bekali lampion untuk di terbangkan bersama-sama dengan para travelers lain di sebuah lapangan yang bersebelahan dengan Candi Arjuna. acara di buka dengan tarian lampion dari penduduk lokal yang kemudian dilanjutkan dengan penerbangan lampion bersama. lampion kami pun kami terbangkan dan lebih dari ratusan lampion mengangkasa secara manis dan indah. moment yang sangat-sangat indah di mana melihat lampion-lampion itu terbang menuju angkasa di iringi alunan merdu musik tradisional jawa. keseruan malam itu kami akhiri dengan membeli jajanan khas wonosobo yang bernama PURWACENG. minuman tradisional dengan citarasa rempah-rempah yang khas dan dapat menghangatkan tubuh.

Pagi hari menjelang. kami semua bersiap untuk menghadiri acara puncak dari rangkaian beberapa acara tersebut. menuju Candi Arjuna dengan berjalan kaki untuk menyaksikan Ruatan (Upacara Adat) yaitu pemotongan rambut gimbal. process berlangsung sangat hikmat dan terorganisir. di mana seluruh anak-anak yang menjadi peserta pemotongan merupakan anak-anak asli dieng yang memiliki rambut gimbal. acara ini berlangsung hingga tengah hari.

setelah puas menikmati seluruh rangkaian acara Dieng Culture Festival kami kembali ke jakarta.