Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Backpacker ke pulau semak daun

Mala permadi
Mala permadi, pada 21 Mei 2015, 14.00
di Tanya & Jawab

Haii... Teman2 BPI

Gue mau share nih pengalaman gue backpackeran ke pulau semak daun di kepulauan seribu tgl 16-17 Mei 2015 kemaren. Mungkin udah banyak yg tau mengenai pulau ini tapi buat yg belum tau & ada rencana kesana, cerita gue berikut semoga bisa membantu kalian.
Awalnya sama sekali ga ada niat untuk ke pulau semak daun ini, rencana mau kesana kesini udah gue buat bareng temen2 gue, mulai dari rencana mau ke dieng terus ke lampung terus ke greencanyon, semua gagal karena keterbatasan waktu. Maklum kita mah cuma karyawan biasa, yg libur cuma sabtu minggu. akhirnya fix kita mau ke pulau pari & rencana mau nenda disana. Nyoba mau minjem & nyewa tenda sana sini ternyata gada yg kosong semua full booking, mungkin karena bertepatan dengan libur panjang kali ya. Akhirnya setelah googling, kita dapet info kalau disana ada penyewaan tenda. Yaaah berharap aja masih ada. Kalau gada ya nyari homestay yg murah, kalau ga dapet ya cari masjid kalau sampai gada juga yaudah terpaksa tidur di tepi pantai (serba ngegampangin bgt) hehehe...
Akhirnya gue dan temen2 gue yg cuma ber5 berkumpul semua jumat malem di kantor di daerah jakarta pusat, rencananya emang nginep dikantor biar gampang besok paginya ga saling tunggu2an. Asik ngumpul n ngobrol2 tiba2 salah satu temen gue searching2 lg pulau2 yg ada di kepulauan seribu. Dan akhirnya ketemulah nama pulau semak daun yg katanya emang khusus buat camping, akhirnya entah kenapa rencana ke pari pun kita batalkan & akhirnya Fix bgt kita ke pulau semak daun.
Besok paginya..
05.30 : berangkat dari kantor menuju angke naek taxi Rp.85rb. Itu segitu karena kita sempet diajak nyasar sama abang taxinya sampe akhirnya udah kesiangan n macet jalanan. Entahlah itu taxi beneran gatau atau pura2 aja. Secaraaaa ke muara angke taxi jakarta mana yg gatau?? Yasudahlah.
06.30 : sampai ke muara angke, sumpah ruaaaammmeee bgt. Panaaass... Bau... Tapi kita tetep maksain demi sebuah liburan indah, akhirnya kita cari kapal yg ke pulau pramuka (untuk ke pulau semak daun emang harus transit dulu di pulau pramuka) biaya kapal kepulau pramuka Rp. 40rb.
07.30 Kapal berangkat dari muara angke. Ini kali pertamanya gue naik kapal laut, sumpah kapoookk bgt, panas.. Sumpek.. Entahlah pusing ngejelasinnya, sampe salah satu temen gue pun ga kuat & ya akhirnya jackpot. Huuuhhft Perjalanan angke-pramuka memakan waktu kurang lebih 3jam. (Ini mabok bgt) saat kapal sudah berjalan kurang lebih 2jam & gue udah super lemes n gelisah, terlihat pulau pari kita lewatin. OMG nyeseeell bgt rasanya pengen turun aja ke pari karena pulau pramuka masih 1 jam lagi. Tapi apadaya kapal gak transit di pari. Cuma bisa sabar. Huhuhuhu
10.20 : sampai di pulau pramuka (akhirnya) muka udah super kucelll.. Langsung kita cari tempat makan. Di pulau pramuka ini makanan lumayan murah. Gue makan sama nasi, ikan & kikil aja cuma 12rb. Lumayan jauh lebih murah dari harga makanan di kantin kantor. Hihihihi
11.00 kita cari perahu menuju pulau semak daun, kebetulan disini kita ketemu anak backpacker laen. Mereka bersembilan orang (indi dkk), nego2 sama abang perahunya dapat lah harga 350rb PP, jadilah 350rb dibagi 14orang. Lumayan jadi 25rb perorang. Sebelum berangkat kita di dikasih tau sama indi Dkk kalau di pulau semak daun cuma ada 1 warung & gada yg nyewain tenda, kemarin hasil googling kita sih emang udah dikasih tau kalau gada yg jualan tp ada yg nyewain tenda. Akhirnya kita hanya beli makanan saja n ga nyari tenda (masih tetep ngegampangin), 5 nasi bungkus isinya ada yg ikan, ada yg cumi. Total 55rb (murah bgt) beli air mineral 1 liter 5rb. Sengaja belinya 1 doang, gamau ribet. Soalnya kita pikir disana pasti ada yg jual minum. Kita lihat orang2 laen sampe ada yg beli aer segalon, kita pikir ngapain sih ribet2 gitu. Hehehe
12.00 akhirnya perahu berangkat dari pulau pramuka menuju pulau semak daun. Disini terlihat hamparan laut yg super jernih biru hijau gitu. Indah bgt dipandang, serasa ingin langsung nyebur.
12.30 sampai di pulau semak daun... Sampai dermaga kita langsung di cegat sama penjaga pulau untuk bayar tiket masuk perorangnya Rp.15rb. Sekalian kita nanya jg dimana yg sewa tenda, dan ternyata kata abangnya di semak daun ga ada yg sewa tenda (ZONK!!) masih ga percaya n akhirnya kita masuk, dan bener aja yg dibilang indi dkk didalem cuma ada 1 warung. Kita tanya kewarung itu nyewa tenda atau ngga & jawabnya sama disana gada penyewaan tenda. Homestay n masjid pun gada huuuaaaaa...(Panik) akhirnya kita balik lg ke perahu tadi, minta di cariin tenda sama abangnya. Abangnya mau nyariin kita tenda di pulau pramuka, nanti dia akan balik lg. (Sedikit lega). Akhirnya kita santai2 dulu, ganti baju siap mau basah2an.. Ohiya nyewa alat untuk snorkelingnya tadi di abang perahu Rp.35rb/orang. Karena kita blm dapet tenda, akhirnya kita titip barang2 ke tendanya indi dkk, setelah selesai beres2 Langsung aja kita ganti baju di toilet umum. Dan bener2 dah toilet ini joroookk bgt, kita jg harus nimba sendiri buat ngambil airnya, airnya jg bukan air tawar. Di dalem toiletnya banyak sampah bahkan ada bekas pembalut (ga ngerti deh sama cewe yg jorok bgt bgitu), fix abis ini kapok bgt ke toiletnya n rencana gamau mandi selama di sana. Akhirnya kita tau knapa org2 bawa galon. Kan bisa di pake buat sikat gigi, cuci muka atau bahkan mandi. Huuhhfftt.
13.00 kita langsung nyebur ke laut, udah lengkap dengan alat snorkeling, baru sadar, kok kita snorkling sendiri ya? Biasanya kan dibawa sama perahu ke tengah2 laut n diturunin disana. Lah ini kita berenang sendiri, yg namanya berenang sendiri mah mau sejauh apa jg ga bakal berani nyampe ke tengah laut. Ya akhirnya kita nyelem di sekitaran pulau ga terlalu jauh n malah ga memerlukan pelampung. Akhirnya malah ga di pake itu pelampung (sayang bgt) mau poto underwater jg kita pake kamera hp biasa yg di bungkus sama waterproof tapi ga dapet gambar yg bagus. Huhuhu entah kameranya yg amatir atau gue nya yg amatir. Hihihi
17.00 kita selesai maen2 n poto2 disekitar pantai, & bener aja si abang perahu dateng lagi tapi sayangnya dy bawa kabar buruk. Tenda di pulau pramuka udah habis, (DEG!!). Langsung kita semua muter otak mau tidur dimana, sempet berfikir mau tidur di bale2 depan pantai. Udah ngetepin itu tempat, akhirnya kita ke tenda indi dkk buat ambil barang2 n mindahin ke bale2 itu. Pas kita mau ambil barang, indi nawarin kita buat tinggal di tenda mereka aja, disewain tp mereka gamau sebut harga. Kita suruh pake aja dulu, mungkin ga tega x ya liat cewe2 cantik terlantar. Hahaha kebetulan mereka pasang 3 tenda & 1 tenda di sewain buat kita. Mereka rela sempit2an demi kita. Huhuhu (kita terlalu merepotkan).
18.30 selesai beres2 n ganti baju kita jalan2 ke sekitar pulau.. Suasana udah gelaaapp bgt. Rata2 banyak yg sedang BBQan atau sekedar nyalain api unggun n nyanyi2. Suasananya asyik bgt. Mereka mah lg asik masak kita mah beli aja ke warung. Hahaha kebetulan 5 nasi yg dibeli di pramuka td udah sisa 2 bungkus gara2 pas lg mantai td sore kita kelaperan. Hihihi akhirnya malemnya dgn sisa nasi 2 bungkus kita tambahin dgn beli popmie 2 + air mineral 600ml 3botol. Disana gada air mineral 1liter & air yg kita beli di pramuka udah abis, sisa yg kita bawa dari kantor itupun tinggal dikit. Total harga 3botol air mineral + 2 popmie Rp. 45rb. (Haa??) jauh lebih murah pas di pramuka. Di pramuka air mineral 1liter 5rb disini 5rb dapet yg 600ml. Yah wajar sih karena dy satu2nya warung disana. Tapi lagi2 kita nyesel karena teralalu menggampangkan segalanya. Hahahha abis beli makan kita balik lg ke tenda, makan2 n ngobrol2 di depan tenda sampai larut malam.
22.00 kita semua memutuskan untuk tidur.. & you know what? Tidur didalem tenda b5 itu rasanya panaaaaassss bgt. Disana bener2 gada rasa dingin2nya. Akhirnya kita memutuskan untuk gelaran di luar tenda. Diluar pun ga dingin2 bgt tp lumayan drpd di tenda. Tidur agak ga nyenyak antara ngantuk, kepanasan, ga betah dll. Berkali2 gue pindah ke tenda trus keluar lg trus ke tenda lg. Saking rasanya malem lamaaaa bgt.
05.30 akhirnya pagi juga, badan udah lengket bgt gara2 kegerahan semalem tp mau mandi di toilet jg rasanya ogah bgt, mau mandi di pulau pramuka tp abang perahu jemputnya nanti jam 9. akhirnya kita nyebur kepantai, mandi disana sabunan + shampoan. Bodo amat. Hahaha orang2 banyak yg ngeliatin karna cm kita aja yg pagi2 buta udah nyebur pantai. Sabunan pula. Atuh gimana? Udah ga sanggup bgt sama lengketnya. Alhamdulilah air mineral kita masih cukup untuk sikat gigi b5.
07.30 selesai mandi langsung ganti baju beres2 pakaian. Kita lihat indi dkk udah pada sibuk lepasin tenda, kita mah rempong ganti baju. Mereka si kayaknya ga mandi. Perasaan jd ga enak karena tendanya udah mau di bongkar akhirnya kita grasak grusuk buru2 beres2nya. Selesai semua ganti baju barulah kita spik2 bongkar tenda. Knapa spik2? Soalnya ya kita gada yg bisa. Akhirnya mereka2 jg yg ngelepas. Hihihi selesai semua beres kita tanya lg berapa harga sewa tendanya, mereka masih bingung jawabnya. Lah apalagi kita?? Akhirnya ya sudah lah kita menyibukan diri lg dgn ngebencong (dandan) gue bilang ngebencong soalnya kita klo makeup itu udah kayak bencong mau mangkal hahah prinsip gue ngegembel sih ngegembel tp penampilan tetep no.1. Heheheh selesai ngebencong kita sarapan n poto2 lg disekitaran pantai.
08.30 perahu yg ngejemput kita udah dateng.
09.00 perahu berangkat menuju pulau pramuka
09.30 kita sampai di pulau pramuka, sekali lg kita tanya ke indi, berapa harga sewa tendanya. Akhirnya dy bilang samain aja sama dy & temen2nya patungan 20rb perorang (oh mereka nyewa toh, kirain punya sendiri) 20rb x 5 = 100rb. Jd harga sewa tenda kita semalem Rp.100rb entah itu murah atau mahal, tp kita anggep murah aja lah, secara kita ga ribet2 nenteng itu tenda, ga masang n ga ngelepas pula. Cuma tinggal pake aja & alhamdulilah jg ada yg mau bantu kita, klo gada mereka entah gimana kita disana. Akhirnya kita pisah di pulau pramuka, indi dkk langsung naek kapal ke muara angke & kita cari makan dulu di pramuka. Gue mkn nasi + ikan & tempe orek Rp.10rb. Air mineral 1 liter 5rb buat minum b5. Selesai makan kita menuju kapal, di dermaga udah ada 2 kapal menuju angke. Kita ga explore pulau pramuka coz udah kecapean pengen cepet pulang jd gatau deh di pramuka itu ada apa. Masih blm lupa rasanya naek kapal yg ke angke. Akhirnya kita iseng nanya harga kapal yg ke ancol (ini lebih cepet, perjalanan kurang lebih cm 45menit & pastinya lebih nyaman) info abang2 perahu (kebetulan kapal menuju ancolnya blm ada) harga kapal yg ke ancol Rp.175rb & berangkatnya nanti jam 3 sore. Akhirnya kita ga jd naek yg ke ancol, kita paksain aja pulang ke angke, soalnya males bgt nunggu sampai jam 3 sore, udah capek. Spik aja sih, sebenernya mah karna harganya mahal. Hahahhahaha
11.00 kapal kita berangkat, kali ini kita milih di atas karena kebetulan pas naek td masih kosong jd dapet yg tempatnya agak pewean bisa nyender. Langsung atur posisi tidur biar ga berasa eneknya. Tp tetep aja temen gue yg waktu berangkat jackpot, pulangnya jackpot lg, malah nambah 1 org. Mungkin karena ombaknya lebih kenceng dr waktu berangkat. Gue aja ga kuat duduk, klo duduk pusing bgt. Alhasil sepanjang perjalanan tidur mulu.
14.00 kapal sampai ke muara angke, gue kebelet pipis akhirnya langsung buru2 keluar nyari toilet, sampailah gue ke toilet pom bensin disana ngantri bgt. Dan saat pada akhirnya gue masuk kedalem toilet ternyata gada airnya. (OMG!) untungnya ada cewe yg mau berbagi air mineral yg dia bawa sama gue. Tp yg namanya minta ya ga berani banyak2. Pikiran gue udah langsung pengen cepet2 sampe rumah, pengen mandi. Aku kotor ! *lebay*
14.30 kita pulang menuju stasiun kota, dari angke kita naek mobil odong2 dulu untuk ke jalan raya Rp.5rb/org udah sampe depan kita lanjut naek taxi menuju stasiun kota, Gue ber3 turun di stasiun kota, 2 temen gue laennya lanjut sampai kantor. Pas gue turun argo taxi udah Rp.37rb.
15.30 kereta jalan menuju bekasi
16.30 sampai di bekasi & pulang kerumah masing2.

Sekian cerita dari gue semoga menghibur n bermanfaat buat kalian yg baca.

Saran gue sih klo mau ke pulau semak daun wajib kudu banget bawa tenda, walaupun di pulau pramuka ada yg sewain tenda tp waspada aja daripada nasibnya kayak kita b5. Trus jgn lupa beli nasi bungkus + air mineral yg banyak di pramuka. Klo mau masak jg lebih bagus sih. Gue pribadi sih sama sekali ga kapok sama pulau2 yg ada di kepulauan seribu. Malah rencana pengen lg kesana tp kepulau putri. Tapi kayaknya untuk ksana lg gue harus bener2 siapin budget buat naek kapal dari ancol aja. Gue udah super kapok sama kapal yg dari angke.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Novis Lestari
Novis Lestari
Novis Lestari Pro.
pd. 25 Mei 2015, 0.31

Makasih ka info nya

Suka 0
Mala permadi
Mala permadi
Mala permadi Newbie
pd. 24 Mei 2015, 11.05

Kalo dari angke ke pramuka naek aja langsung kayak bis, nanti kalo dah jalan baru di mintain ongkosnya kayak kenek di bis gitu. Harganya 40rb ya sist.

Suka 0
Novis Lestari
Novis Lestari
Novis Lestari Pro.
pd. 24 Mei 2015, 7.54

Maapin nih awam banget sama yg namanya kepulauan seribu.
Mau tanya ka. Untuk naek kapal dr angke ke pramuka apakah ada minimal jumlah rombongan?
Atau system nya kaya naek bis. Tingal naek aja walopun kita cuma berdua?

Suka 0

© backpackerindonesia.com