Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Share Trip Pulau Peucang? Greenpacker

ferrarijunior
ferrarijunior, pada 23 April 2015, 4.47
di Tanya & Jawab

Hai para backpackers! Pernah dengar Pulau Peucang di Ujung Kulon?

Awal April kemarin kami memutuskan untuk pergi kesana, setelah browsing kami pun mendapat link ke Greenpacker, Travel Agent yang dari postingan foto dan historynya sudah beberapa kali nge-guide para backpacker ke daerah banten, ujung kulon dan sekitaran lampung termasuk Krakatau. Mereka menyediakan trip 2 hari 2 malam seharga Rp 650.000/orang, dan dijanjikan akan memberi ‘private trip’ bila peserta mencapai 15 orang.

Sampai malam keberangkatan genap 17 orang yang ikut, pergilah kami dengan asumsi ‘private trip’ seperti yang dijanjikan. Dari meeting point di JakBar, kami menaiki sebuah bus besar isi 30 orang. Keanehan mulai terasa saat ada 6 orang crew selain Mas Cipluk dari Greenpacker, plus 3 orang yang katanya ‘dititip’ dari trip sebelah, turut ikut dalam bus sehingga semua bangku terisi. Oke, pikir kami, ga ada salahnya sharing bus sampai tujuan.

Namun ketika kami sampai di desa Sumur, tempat penyebrangan ke Peucang, bahkan sampai keliling menggunakan perahu pun rombongan tak kunjung berkurang. Bukan tidak senang bergabung dengan orang asing, namun kami kecewa trip ini tidak seperti yang dijanjikan.

Tak adil rasanya kalau kami hanya menceritakan yang buruk tentang Trip Peucang, beberapa kelebihan trip ini adalah :

1. Pulau Peucang dan sekitarnya termasuk pulau-pulau indah di kawasan Jawa Barat. Favoritku adalah Pulau Oar, sebuah pulau mungil dengan pantai bersih dikelilingi air berwarna hijau toska. Selain itu kano di Pulau dekat Handeleum pun jadi pengalaman yang menarik.

2. ABK di kapal kami ramah dan cukup informatif saat ditanya. Saran saya mending langsung menghubungi mereka kalau ingin berwisata di sekitar Pulau Peucang.

Sayangnya, di samping keindahan yang menyenangkan mata, travel agent yang kami gunakan memberikan pengalaman yang kurang menyenangkan;

1. Seperti yang sudah disebutkan di atas, 6 orang crew rasanya terlalu banyak. Tambahan lagi, mereka ribut dan asyik sendiri sampai terkadang kita bertanya-tanya, “ini sebenarnya trip siapa,sih?” Kemauan menolong nyaris tak ada, kecuali Teh Euis yang periang dan seorang fotografer (yang fotonya tak kunjung kami terima sampai sekarang). Bahkan mereka yang duluan mengambil alat snorkeling sebelum kami sadar sudah sampai di destinasi untuk menyelam.

2. TIDAK ADA TIM RESCUE. Nomor satu bagi saya adalah keselamatan. Di dekat salah satu pulau, terjadi insiden dimana beberapa dari kami terseret ombak ke arah karang-karang yang tajam. Goresan dan cucuran darah tak terelakkan, para ‘crew’ pun tak bergeming. Entah mereka dengar teriakan kami atau tidak. Saat akhirnya kami berhasil lepas dari arus pantai dan kembali ke kapal, ABK berkata, “di sini memang bahaya neng, saya sudah bilang ke masnya tadi (nunjuk Cipluk), tapi dia yang kekeuh mau nembak ikan disini.” WTF?? Kami membahayakan nyawa demi kepuasan seorang Cipluk nembak ikan??

3. Waktu makan yang selalu telat. Default makan siang jam 2 dan makan malam jam 8 rasanya terlambat untuk mengisi perut yang keroncongan sehabis snorkeling.

4. Kami tidak pernah tahu seperti apa Pulau Peucang karena perahu tidak pernah menepi/bersandar bahkan untuk masuk ke Pulau Peucang sekalipun.

Kesimpulannya, Pulau Peucang adalah pilihan tempat menarik untuk dikunjungi sekitar Jabar, namun berhati-hatilah dalam memilih travel agent yang akan digunakan. Travel agent yang buruk membuat mood liburan dan keasyikan menurun.

So, be careful and have a happy holiday! :)


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

nofa ardiyanto
nofa ardiyanto
nofa ardiyanto Newbie
pd. 16 Mei 2015, 11.29

Ini apa juga ada iklan judi bola.
:bingung:

Suka 0
greenteaaddict
greenteaaddict
greenteaaddict Jr.
pd. 9 Mei 2015, 15.03

Wah si cipluk ngajak ribut tuh gan namanya,protes donk kalo perlu sandera minta uang balikhehehe

Suka 0
TITO DWI H
TITO DWI H
TITO DWI H Newbie
pd. 7 Mei 2015, 16.04

TRAVEL YG GA JELAS EMANG MENGURANGI MOD LIBURAN KITA..

TERJADI PAS LIBURAN KMRIN 30-2 MEI 2015 DENGAN TUJUAN PAHAWANG DENGN TRAVE L****A TOUR. :)
1. SEMUA KEGIATAN TIDAK SESUAI DENGAN ROUNDOWN NYA
2. DRI 40 SEKIAN PESERTA TOUR LEADER CMA 1 ORNG
3. TOUR LEADER TIDAK PUNYA JADWAL KEGIATAN PAS DITNYA.
4. KEBNYAKAN WAKTU NUNGGU GA JELAS DSNA, DLL LAH
YANG PALING KESEL... TIDAK ADA DOKUMENTASI UP/UNDERWATER YNG D JANJIIN

padahal kan foto underwater tuhh momen yg di ingnkan oleh semua peserta trip..

pas nanya ke admin nya,, mereka saling menyalahkan antara admin dan tour leder nya d lapangan.
kami d kasih alasan yg ga jelas smpe sekarang lum ada kejelasan,,

ya bagi yang mau trip berhati2 lah dalam memilih travel... jangn biarkan liburan kalian gagal cma gara2 travel yang ga bertanggung jawab atas ucapan nya.

Suka 0
gyucul
gyucul
gyucul Jr.
pd. 7 Mei 2015, 15.23

Pernah ngalamin hal serupa gan juni taun kemarin, dulu sy bayar 600rb diminta nambah snorkel gear 75rb tanpa life jacket (udah kemahalan segitu itu)
kebanyakan melongo di homestay, jd banyak destinasi yg ga kekejar waktunya..
makan telat, homestay di itin di peucang eh malah di handeleum, dokumentasi gak ada boro" foto underwater. untung pada bawa kamera sendiri. pokoknya bad trip ever deh..
padahal over all taman nasional ujung kulon itu asik bgt tempatnya dan indah, sayangnya service nya kurang memuaskan.
nama tour nya Fe*tTrip di twiter.. kl bisa cari yg pro aja deh biar ga rugi heheh...

Suka 0
Malang
Malang
Malang Super Hero
pd. 23 April 2015, 19.26

sharingx!

Suka 0

© backpackerindonesia.com