Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Danau impian di pulau Lombok

lomboktourpluss
lomboktourpluss, pada 26 Des. 2014, 2.20
di Blog

Danau Segara Anak adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang wajib anda kunjungi, terutama bagi anda yang memiliki jiwa pecinta wisata alam. Berlokasi di kawah Gunung Rinjani, Danau Segara Anak sampai saat ini masih diyakini sebagai bagian dari laut yang terpecah ke atas sebuah pulau. Hal ini dikarenakan warna dari air danau ini yang berwarna biru, persis sama seperti warna air yang berada di laut. Menurut cerita dari masyarakat lokal setempat, nama danau ini berasal dari kata Segara Anak yang mempunyai arti anak laut. Hal ini di karenakan pada warna air danaunya yang berwarna biru dan menyerupai warna air laut. Segara Anak adalah danau dari kawah Gunung Rinjani di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Danau ini terletak pada ketinggian kurang lebih 2000 m di bawah permukaan laut. Jika anda mendaki gunung Rinjani yang tingginya mencapai 3726 M di bawah permukaan laut, umumnya anda akan bermalam di danau ini. Banyak hal menarik yang dapat anda lihat dan anda lakukan di danau ini. Di danau ini terdapat banyak ikan. Ikan-ikan ini sengaja dikembangbiakkan oleh masyarakat setempat untuk menambah daya tarik tersendiri dari danau segara anak.
Untuk dapat sampai ke danau Segara Anak, memang tidak mudah. Anda harus berjalan kaki selama kurang lebih 9 jam dari tempat terakhir yang bisa di lewati oleh kendaraan anda. Walaupun sangat melelahkan, namun semua terbayarkan setelah anda sampai di danau ini, karena pemandangan yang anda lihat sangat-sangat menakjubkan. Salah satu keunikan dari danau ini adalah ada sebuah gunung yang terletak di tengah danau. Gunung itu bernama Gunung Baru Jari atau gunung baru jadi.
Apabila seandainya anda menyewa paket mendaki Gunung Rinjani menggunakan biro perjalanan, Anda akan dibawa menuju Danau Segara Anak dan bermalam di pinggir danau. Kegiatan yang sering dilakukan atau anda jumpai di danau ini adalah memancing, oleh karena itu jangan lupa untuk membawa alat pancing Anda. Di sekitar danau Segara Anak, anda dapat menjumpai beberapa sumber air panas dengan tingkat suhu panas yang berbeda-beda. Anda dapat berendam sepuasnya di bak yang sangat alami itu atau sekedar mencelupkan kaki yang sudah lelah berjalan seharian. Menurut kepercayaan suku Sasak atau masyarakat lombok, air dari sumber air panas itu dapat menjadi obat segala macam penyakit.

Di kawasan danau ini juga terdapat sebuah pohon tua yang yang berukuran besar yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Dengan mitos yang berkembang pohon ini diyakini dapat mengabulkan doa atau permintaan yang anda inginkan. Mitos yang berkembang di masyarakat setempat mengatakan, jika Anda memiliki keinginan yang belum sempat terkabul, maka gantungkanlah sebuah batu pada pohon ini kemudian ucapkan keinginan Anda. Jika keinginan Anda tercapai, maka batu yang anda sudah gantungkan itu harus anda lepaskan. Danau Segara Anak ini juga dipercaya sebagai salah satu tempat sakral dan banyak di gunakan oleh masyarakat setempat untuk melakukan berbagai ritual keagamaan. Konon kawasan sekitar danau dipercaya sebagai tempat hidupnya para jin penghuni Gunung Rinjani. Sehingga untuk menghormati sang penghuni gunung rinjani, masyarakat Hindu dan suku Sasak mengadakan upacara adat setiap tahun. Para pendaki Gunung Rinjani dan banyak dari masyarakat setempat banyak yang membuat jalur pendakian dengan menyusuri lembah disamping danau untuk memberikan sesajen pada dewa didasar danau. Dari danau terlihat sebuah gunung volcano Gunung Baru Jari yang berarti gunung baru jadi yang merupakan anak gunung rinjani.
Pemandangan di Danau ini sungguh menakjubkan dan sangat indah sehingga banyak wisatawan asing maupun lokal berdatangan dan mendaki Gunung Rinjani untuk menyaksikan ke indahan Danau tersebut. Danau Segara Anak yang luasnya 1.100 ha dengan kedalaman 230 m. Menambah daya tarik dan rasa penasaran tersendiri bagi wisatawan atau para pendaki semakin ingin mengunjungi gunung ini dan melihat danau yang disebut-sebut sangat memukau dan memiliki keindahan yang sangat-sangat luar biasa tersebut.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

sunawang
sunawang
sunawang Pro.
pd. 29 Jan. 2015, 16.53

Bulan Agustus insya Allah ane mau kesana gan hehe

Suka 0
Malang
Malang
Malang Super Hero
pd. 31 Des. 2014, 7.26

Suka 0

© backpackerindonesia.com