Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Banyuwangi Anti Mainstream Trip: Pantai Wedi Ireng

brightdidi
brightdidi, pada 23 Okt. 2014, 16.09
di Tanya & Jawab

Halo teman-teman apa kabar nih?

Setelah lama gak nulis karena kesibukan (ceilah) sekarang saya mencoba untuk kembali menulis, topiknya tetep aja gak jauh-jauh dari Banyuwangi cultural and tourism, tapi dengan jalur yang lebih tidak umum, maksudnya? Sebentar, sebelumnya beneran lho saya jarang nulis karena emang sibuk, bayangin setelah ditotal selama 2014 ini saya 19 kali naik ke puncak Ijen, 22 kali ke Baluran, 26 kali nyemplung ke Menjangan dan lebih dari belasan kali menyusuri belantara Meru Betiri dan Alas Purwo untuk mengunjungi anak-anak penyu di Sukamade, ikut kelas yoga di G-Land, atau sekedar main air di Teluk Ijo. Keren? nggak juga, namanya udah pekerjaan, tapi saya 100% menikmatinya dan menyukurinya, menikmati keindahan alam bersama teman-teman baru adalah kesenangan yang amat sangat, setuju?

Nah ngomong-ngomong soal "jalur yang lebih tidak umum" setelah ngobrol dengan seorang teman soal beberapa lokasi wisata yang jarang dikunjungi di Banyuwangi. Kemudian tercetus ide untuk mencari, mengunjungi, dan mendokumentasikan satu persatu lokasi-lokasi tersebut. Nah, ide itu akhirnya mulai terwujud saat 11 Oktober lalu saya berkesempatan mengunjungi Pantai Wedi Ireng yang jaraknya hanya sekitar 15 menit perjalanan laut dari pantai Red Island. Saya cerita-cerita dikit boleh ya, kali aja temen-temen ada yang mau kesana dan pengalaman saya bisa jadi panduan.

Setelah sarapan, dan saat matahari baru ngintip-ngintip dikit saya dan rombongan sudah ready dengan perbekalan di pinggir pantai Red Island, dengan wajah berbinar dan gak sabar memulai perjalanan. Tidak lama setelah itu perahu siap, wohooo! kita siap menjelajah.

Perjalanan laut dari Red Island menuju Wedi Ireng memakan waktu sekitar 15. Sebelum berangkat pemandu perahu kami mengingatkan kami untuk mengamankan barang-barang bawaan karena percikan ombak yang kadangkala cukup deras.

Dan akhirnyaaaa kami sampai. Ada sedikit rasa amazing ketika sampai di Wedi Ireng dan melihat tidak ada satupun jejak kaki disana. Pantai ini memiliki panjang sekitar 200 meter dengan tekstur pasir dan batuan di tepiannya. Karena memang masih jarang dikunjungi, beberapa biota laut masih mudah ditemui, seperti beberapa jenis kepiting, ikan karang, dan bintang laut. Pantainya yang cenderung landai terbilang aman untuk berenang, walau harus tetap hati-hati agar tidak terlalu jauh dari pantai. Airnya yang jernih juga semakin menambah keinginan untuk berlama-lama di dalamnya.

Oh ya, saya sempat membahas tentang nama pantai ini dengan salah satu teman. Kenapa dinamai pantai Wedi Ireng (Yang dalam bahasa jawa artinya pasir hitam) padahal, seperti terlihat di foto, pantai ini memiliki pasir yang putih bersih. Saya sempat bercanda bahwa nama pantai ini sesungguhnya adalah Wedhi Ireng, yang dalam bahasa Indonesia artinya takut hitam, karena terik matahari yang menyengat di pantai ini saat siang (krik... ya saya tahu ini gak lucu)

Waktu terbaik untuk mengunjungi Wedi Ireng adalah pagi hari karena ombak yang cenderung tenang dan aman, dari info pemandu kapal kami, Wedi Ireng juga dapat diakses dengan perjalanan darat sekitar 3 kilometer dari pantai Pancur.

Menjelang siang kami meninggalkan Wedi Ireng, puas deh foto-foto pemandangan dan amen airnya. Perjalanan pulang sama dengan perjalanan berangkat yang memakan waktu kurang lebih 15 menit, namun oleh pemandu perahu kami diajak melihat sela-sela pulau Bedil dengan fenomena meriam airnya.

Nah akhirnya kami sampai kembali di Red Island, siap menyantap makan siang yang sudah dipesan sebelumnya. Melakoni perjalanan laut yang seru dan mengabadikan keindahan Wedi Ireng ternyata cukup menguras tenaga. Then, gimana pendapat temen-temen, oke gak nih pantainya? Saya berharap suatu saat temen-temen juga bisa main kesini, oh ya beberapa info yang mungkin bisa saya bagikan:

- Red Island terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Karena minimnya transportasi umum disini usai sampai di Banyuwangi dengan bus atau kereta, atau juga pesawat opsi terbaik adalah dengan charter kendaraan, baik motor ataupun mobil
- Jika ingin menggunakan kendaraan umum rutenya adalah: Dari Banyuwangi Kota naik bus jurusan Pesanggaran - Sampai di Pesanggaran naik ojek menuju Red Island
- Harga sewa boat adlaah Rp 600.000, kapasitas aman untuk satu boat adalah 10 orang, jika kondisi ombak tenang boat ini bisa diisi sampai 12 orang.
- Dua lokasi ini satu jalur dengan taman nasional Meru Betiri (dengan teluk Ijo dan Sukamade di dalamnya)
- Jika ingin bermalam, di jalan masuk menuju Red Island ada beberapa homestay yang disewakan dengan harga berkisar antara Rp 100.000 - Rp 350.000

Semoga bisa jadi bacaan untuk mengisi waktu luang ya, dan semoga informasinya cukup membantu untuk teman-teman yang mau menjelajah kesini. Sampai ketemu di Banyuwangi Anti Mainstream trip #2 ya temen-temen.

Cerita-cerita lain bisa dicek di: http://brightdidi.blogspot.com/ :D


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

brightdidi
brightdidi
brightdidi Super Hero
pd. 7 Nov. 2014, 22.29

[quote=HANDAYANTO][/quote]
Nice Gan

Suka 0
brightdidi
brightdidi
brightdidi Super Hero
pd. 29 Okt. 2014, 18.27

[quote=rita fatrina]Seruuu tuh kak, thanks udah bgi2 pengalaman. Kebetulan tgl 30 Sy dg bbrp teman mau kesana. Cuma 3 harii sih tp lmyn utk refreshing hhehe...

Salam kenal[/quote]
Salken juga sist, makasih udah berkunjung kesini, have fun yah :D

Suka 0
rita fatrina
rita fatrina
rita fatrina Newbie
pd. 27 Okt. 2014, 10.39

Seruuu tuh kak, thanks udah bgi2 pengalaman. Kebetulan tgl 30 Sy dg bbrp teman mau kesana. Cuma 3 harii sih tp lmyn utk refreshing hhehe...

Salam kenal

Suka 0
Malang
Malang
Malang Super Hero
pd. 26 Okt. 2014, 12.32

Suka 0

© backpackerindonesia.com