Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Info Buat yang Belum Tau Tempat Wisata Banyuwangi

jejaklukmantoro
jejaklukmantoro, pada 21 Okt. 2014, 3.24
di Blog

hello mas bro... Ketemu lagi dengan ane yang suka nulis ngaco... (nggak pernah bener) :capek:
Nah berikut ini ane bakalan Ngasih info nih mengenai Tempat mana aje yang sangat populer di Banyuwangi, nah jadi sangat bagus buat referensi wisata buat bro semua yang ada di sini. Apa lagi bagi yang suka keliling indonesia, Banyuwangi. Mantaaaapppppp!!!!

Pesona Alam Banyuwangi memang sangat memukau mata setiap pengunjungnya. Banyuwangi kaya akan budaya dan Wisata. Budaya yang amat kental dari sekian banyak daerah di Banyuwangi, mulai dari kuliner khas, kebudayaan yang khas, dan ditambah lagi dengan Keramahan Warganya semakin membuat setiap wisatawan semakin cinta dan nyaman berlama-lamaan di Banyuwangi.

Peningkatan kemajuan yang signifikan khususnya dalam hal wisata sudah dapat dikatakan mulai menemukan kejayaan kembali. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya wisatawan lokal maupun asing yang datang hanya untuk menikmati keindahan alam banyuwangi.
Mulai dari pantai yang indah, hutan yang asri, hingga air terjun yang memukau mata semua dapat Anda temukan di Banyuwangi.

Banyak pendapat yang muncul, Banyuwangi Surga Wisata. Itu memang benar adanya. Anda akan menemukan berbagai tempat wisata mulai di daerah pelosok hingga perkotaan Banyuwangi. Untuk itulah, bagi Anda yang mencari tempat Wisata, Banyuwangi adalah pilihan yang cerdas untuk melepas penat Anda dengan suguhan alam yang mempesona.

Berikut adalah Tempat Wisata Banyuwangi yang terangkum dengan peringkat menurut Saya dengan menganalisa banyaknya wisatawan yang datang. Jadi Anda boleh menentukan (presepsi Anda) wisata manakah yang menurut Anda menjadi tempat wisata yang layak menduduki peringkat utama.

#8 Air Terjun Bunder

Banyuwangi juga mempunyai air terjun yang mempesona Air Terjun Bunder namanya. Air Terjun ini mempunyai air yang jernih dan bersih hingga kesegaran airnya. Anda dapat berenang bersama keluarga Anda. Disini sudah khususkan kolam renang khusus orang dewasa dengan kedalaman air yang cukup tinggi, dan untuk anak-anak dengan kedalaman air yang sedang / cetek. Wisata ini di dominasi oleh pepohonan di pegunungan yang mempesona.

Disini Anda akan dapat menikmati keasriam alam. Dengan suasana yang sejuk dan tenang karena memang tempat ini jauh dari keramaian, pasti akan membuat Anda dan keluarga Anda lebih santai dan rileks. Air Terjun Bunder dapat Anda pilih sebagai tempat wisata referensi pertama dengan keluarga Anda.

Cara Menuju ke Air Terjun Bunder

Untuk infrastruktur wisata yang satu ini sudah dapat dikatakan sangat bagus. Hampir semua kendaraan, mulai dari kendaraan pribadi hingga kendaraan umum dapat masuk dengan mudah diwisata ini. Air Terjun ini terletak didesa Bunder Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.
Dari Banyuwangi Anda dapat menuju ke selatan sampai pada kota Rogojampi, hingga Anda menemukan pos polisi, sedikit ke selatan hingga Anda menemukan perempatan, perempatan tersebut terletak dekat Lampu Merah terakhir Rogojampi, tepatnya sedikit ke utara dari lampu merah tersebut, dari perempatan Anda dapat menuju ke barat, hingga menemukan pom bensin, disana Anda akan menemukan rambu-rambu untuk menuju ke Air Terjun Bunder.

#7 Pantai Bedul

Posisi ke tujuh diduduki oleh Pantai Bedul. Pantai yang mempunyai bibir pantai yang luas dengan pasir hitam yang memenuhi bibir pantai menambah kesan alami dari pantai ini. pantai Bedul juga mempunyai ombak yang relatif rendah hingga cocok untuk anak yang masih kecil dan belum bisa berenang. Pantai ini ramai dengan pengunjung pada hari libur.
Anda dapat menemukan banyak sekali kera disini, jadi Anda dapat membawa makanan ringan seperti kacang ataupun kerupuk yang nantinya dapat Anda berikan untuk kera-kera yang imut ini.

Cara Menuju ke Pantai Bedul

Pantai Bedul terletak didesa Sumberasri Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Dari Banyuwangi, Anda dapat pergi ke Benculuk untuk menemukan angkutan umum namun jika Anda menggunakan kendaraan pribadi Anda dapat meneruskan perjalanan Anda menuju ke kota Purwoharjo. Dari Purwoharjo Anda dapat menuju ke desa Curahjati dan kemudian diteruskan menuju desa Sumberasri, dari sini Anda akan menemukan penujuk jalan yang menghantarkan Anda menuju ke Pantai Bedul.

#6 Pantai Boom

Sedikit aneh dalam penamaan pantai ini, namun keanehan tersebut hilang jika Anda telah datang dan mengunjungi pantai ini, karena memang wisata yang satu ini tak sesuai dengan nama "BOOM" (Meledak). Sebenarnya dulunya pantai ini merupakan pelabuhan kapal, namun saat ini telah berganti menjadi tempat wisata yang indah walaupun masih terdapat kapal dipantai ini. Dengan pasir yang hitam dan juga ombak yang relatif rendah, Pantai ini cocok untuk dijadikan tempat bermain keluarga Anda diselingi dengan menikmati pantai yang indah dan suasana yang tenang. Pantai ini memang lebih populer dikunjungi oleh penduduk lokal khususnya para kaum muda osing (Lare Osing Banyuwangi). Pantai ini dapat dikatakan sebagai pantai yang baru muncul, untuk sebab itu wisatawan yang datang sekian besar berasal dari kota Banyuwangi sendiri dan kota lain.

Namun, pantai ini mempunyai tempat yang dekat dengan kota Banyuwangi memudahkan Anda untuk menemukan pantai Boom ini.

Cara Menuju ke Pantai Boom

Pantai Boom ini terletak di Desa Mandar Kabupaten Banyuwangi
Dari kota Banyuwangi, Anda dapat menuju ke Taman Blambangan yang tak jauh dari kota Banyuwangi, dari Lampu Merah Taman Blambangan Anda dapat menuju ke utara hingga menemukan bundara PLN, dilanjutkan dengan menuju kekanan hingga masuk pada jalan Nusantara, Anda dapat menemukan Rambu-rambu menuju ke pantai Boom dengan mudah.

#5 Pantai Coko (Pantai Grajagan)

Pantai dengan keunikan alam yang mempesona selanjutnya adalah Pantai Coko atau yang lebih populer disebut dengan Pantai Grajagan yang menempatai peringkat ke enam dari analisa Lukmantoro. Pantai ini mempunyai pasir hitam yang lembut dan deburan ombak yang cukup besar, jadi cocok untuk Anda yang suka dengan surfing. Pantai yang berhadapan langsung dengan samudra hindia ini dari dulu hingga saat ini sangat populer dikalangan wisatawan. Apalagi pada hari libur, pantai ini selalu ramai dengan pengunjung. Bahkan di pantai ini sering di adakan pesta hiburan seperti Orkes Banyuwangi yang menyuguhkan artis-artis terkenal. Anda akan menemukan hewan-hewan yang lucu mulai dari Monyet, Benthuk (semacam kera) dan berbagai macam burung-burung yang cantik di pantai ini.

Bagi Anda yang malas untuk beranjak pulang, Anda dapat menemukan hotel-hotel yang telah disediakan untuk setiap pengunjungnya. Include dengan mempunyai wahana permainan anak.

Kalau beruntung Anda juga dapat menikmati Sunrise dan Sunset dipantai ini.

Cara Menuju ke Pantai Grajagan

Pantai Grajagan ini terletak di Desa Grajagan Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi.
Dari kota Banyuwangi ke pantai grajagan kurang lebih mempunyai jarak 86 KM. Baiklah Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk menuju ke pantai ini. Dari Banyuwangi Anda langsung menuju ke kota Benculuk dengan menggunakan bis ataupun kendaraan umum lain, sampai dari kota Benculuk Anda dapat mengganti kendaraan dengan “Khol” (sebutan untuk mobil umum) langsung menuju ke Desa Grajagan.

#4 Pulau Merah

Tentu saja pantai ini tidak mempunyai laut yang merah seperti darah. Justru lautnya mempunyai air yang sangat jernih dan bersih. Pantai ini mempunyai pasir laut yang putih nan bersih. Lalu mengapa pantai ini dinamakan dengan Pulau Merah? Karena memang dari pantai ini terdapat pulau kecil ditengah laut yang mempunyai pasir laut yang sedikit kemerahan, sebab itulah pantai ini dinamakan Pulau Merah. Pulau sangat ini mulai ramai di kunjungi oleh wisatawan khususnya pada hari-hari libur. Tiket masuk juga mempunyai harga yang relatif murah jadi cocok untuk Anda para pelajar.
Pantai ini juga mempunyai ombak yang cukup besar, beda halnya dengan pantai Plengkung (G-Land) yang mempunyai ombak yang sangat tinggi yang cocok untuk peselancar Profesional, untuk pantai ini cocok untuk Anda yang pemula. Bahkan, beberapa waktu lalu pantai ini digunakan sebagai spot surfing yang bertaraf internasional. Dan perlombaan ini adalah yang pertama kali diadakan di pulau merah.

Cara Menuju ke Pulau Merah

Untuk infrastruktur jalan sudah cukup memadai untuk daerah pesanggaran. Dari Banyuwangi Anda dapat menuju langsung ke Pesanggaran, sampai pasar pesanggaran Anda dapat menyewa ojek yang sudah tersedia disana untuk menghantarkan Anda menuju ke Pulau Merah. Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor untuk lebih mudah melewati jalan dipulau merah.

#3 Pulau Penyu Sukomade

Pantai ini terkenal dengan penyu-nya yang setiap tengah malam mereka para penyu menuju ke bibir pantai untuk bertelur. Para penyu dapat bertelur dari puluhan hingga ratusan telur. Selain itu pantai ini mempunyai pemandangan alam yang mempesona. Dengan pasir yang hitam dan deburan ombak yang pasti membuat Anda betah untuk berlama-lamaan dipantai ini. Namun, pantai ini tidak terkenal karena pantainya melainkan dengan para penyunya. Banyak wisatawan lokal maupun luar negeri yang datang di Pulau Penyu Sukomade ini. Mulai dari yang hanya ingin menikmati pantai dan melihat penyu bertelur, ada juga wisatawan yang melakukan penelitian bagi para-para penyu yang hidup disana.

Cara Munju Ke Pulau Penyu Sukomade

Sedikit informasi untuk Anda, medan yang terdapat pada Sukomade ini sebagian besar merupakan jalan yang berbukit jadi Anda dituntut untuk menyesuaikan kendaraan yang Anda gunakan.
Dari Banyuwangi Anda dapat menuju ke Pesanggaran, dari Pesanggaran Anda dapat menuju ke Sarongan dan diteruskan menuju ke Rajagwesi, dari Rajagwesi Anda dapat langsung menuju ke Sukomade.

#2 Gunung Ijen

Gunung unik yang mempunyai kawah dengan tingkat keasaman yang cukup tinggi ini merupakan sebuah danau kawah yang terbesar didunia yang mencapai 5466 hektar Dengan kedalaman 200 meter. Gunung yang mempunyai ketinggian 2368 meter dari permukaan laut ini mengharuskan Anda untuk menggunakan kendaraan yang memadai seperti jeep dan sepeda motor yang powerfull.
Digunung ini Anda dapat menikmati Sunrise atau matahari terbit dipagi hari dan menikmati Blufire (api biru) yang berasal dari belerang-belerang gunung. Diharuskan Anda menggunakan masker atau penutup hidung dan mulut jika hendak mendekati sekitaran kawah. Banyak dari wisatawan baik lokal maupun luar negeri yang datang pagi-pagi untuk dapat melihat dan menikmati reaksi blufire (api biru) dan sunrise yang mempesona. Jadi Anda dapat menghitung dan memperkiraan berapa waktu yang harus Anda capai untuk menuju Gunung Ijen dari rumah Anda. Jadi, jangan sampai ketinggalan moment indah seperti blufire dan sunrise ini ya.

Cara Menuju ke Gunung Ijen

Dari Kabupaten Banyuwangi Anda dapat langsung menuju kekecamatan Licin dan dilanjutkan ke desa Jambu, diteruskan dengan menuju ke Patulding dari Patulding Anda dapat meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 2Km untuk menuju ke Gunung Ijen.

#1 Pantai Plengkung

Dan tiba saatnya penentuan juara, hehehe. Pada urutan pertama dari sekian banyak Tempat Wisata Banyuwangi ditempati oleh Pantai Plengkung atau yang sering disebut dengan G-Land yang berarti Green Land karena memang dipantai ini dekat dengan Taman Nasional Alas Purwo yang mempunyai keunikan hutan yang asri dan belum banyak dijarah oleh manusia. Dan arti lain G-Land adalah Grajagan Land karena memang dekat dengan teluk Grajagan. Jika Anda belum pernah datang kesini,Datanglah walaupun satu kali seumur hidup Anda

Pantai Plengkung ini berdekatan langsung dengan Taman Nasional Alas Purwo lebih tepatnya di ujung paling selatan dari Taman Nasional ini. Pasti Anda sudah mengenal dengan Taman Nasional yang satu ini bukan. Hutan yang mempunyai berbagai macam tumbuhan dan hewan-hewan langka yang hidup subur ini sangat di jaga keasriannya. Anda akan menemukan Banteng Jawa dan Kijang yang mencari rumput di safana.
Di taman nasional ini memang terdapat safana yang sangat luas dengan tingkat kesuburan tumbuhan yang sangat tinggi.

Cara Menuju Ke Pantai Plengkung (G-Land)

Anda dapat melewati Grajagan sebagai salah satu Transit yang dapat Anda gunakan untuk menuju kepantai plengkung, dengan menyewa speedboot Anda akan sampai dipantai plengkung hanya kurang dari 30 menit perjalanan. Namun jika Anda menuju kepantai plengkung dengan jalan berbeda, Anda dapat menuju dari Banyuwangi ke Pasaranyar, dari Pasaranyar langsung menuju ke Trianggulasi dengan menggunakan kendaraan pribadi karena memang jalan yang dilalui relattif mudah. Dari Trianggulasi Anda dapat menggunakan kendaraan yang menyesuaikan karena memang jalannya bergelombang dan harus melewati sungai-sungai kecil yang dapat Anda temukan sepanjang perjalanan.

Banyuwangi memang kaya akan Budaya dan Wisata terbukti dengan beberapa Spot Wisata diatas. Anda dapat memilih dari sekian tempat wisata yang Saya referensikan untuk Anda. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata lain di Banyuwangi yang tak kalah mempesonanya, namun tempat wisata diatas yang menurut Saya sangat digemari oleh wisatawan lokal ataupun luar negeri.

Jadi, jangan sampai lupa untuk menelusuri lebih dalam Wisata Banyuwangi yang dapat membuat Anda terpesona dengan lukisan tuhan yang diberikan dan dipercayakan untuk dijaga di Banyuwangi.
Bantuan lain tentang infonya mas bro
http://jejaklukmantoro.blogspot.com/p/tempat-wisata-banyuwangi_2.html


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

helmy saudagar
helmy saudagar
helmy saudagar Newbie
pd. 5 Feb. 2015, 18.57

Nice info gan :)

Sewa Motor di Banyuwangi? ^^ | klik aja di www.BanyuwangiAdventura.wordpress.com | atau sms/call di 0878-5264-3796 ^^

Mau backpacking ke Banyuwangi? klik aja www.BackpackerBanyuwangi.wordpress.com ^^

Semoga membantu :)

Suka 0
William
William
William Pro.
pd. 28 Okt. 2014, 9.06

ijin tinggalin jejak yah gan :D

Suka 0
Meydisya
Meydisya
Meydisya Newbie
pd. 26 Okt. 2014, 1.31

Wah pas bgt nih saya baru berencana untuk explore Banyuwangi dlm wkt dekat ini (kalo kuliah lg kosong :P ), makasih info nya!

Mungkin bisa tanya-tanya tempat menginap dan tempat sewa motor yang murah di banyuwangi? karna saya dari Malang, dan rencana ke Banyuwangi via kereta, jd berfikir untuk sewa motor disana untuk jalan-jalannya, dan juga tempat menginap yang murah tp aman untuk wanita. Terima kasih:)

Suka 0
Suryadv
Suryadv
Suryadv Newbie
pd. 24 Okt. 2014, 15.09

Saya sudah pernah ke pulau merah sama teluk hijau
Tinggal plengkung nih yang belum keturutan :aselole:

Suka 0

© backpackerindonesia.com