Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Wisata Keindahan Alami di Lombok Timur

lomboktourpluss
lomboktourpluss, pada 27 Sep. 2014, 2.51
di Blog

Di mata umum pulau Lombok lebih di kenal dengan pantai Senggiginya, padahal masih banyak keindahan alam yang tidak kalah menakjubkannya dengan senggigi, bahkan tempat tempat wisata dunia. Yaitu di bagian ujung timur pulau Lombok, kita akan banyak menemukan tempat tempat indah tersebut, beberapa di antaranya ialah :
• Lembah Hijau
Lembah Hijau terletak di desa ijobalit kabupaten Lombok Timur kecamatan Labuhan Haji, sekitar 7 km dari kota Selong, yang mana dahulu di desa ini merupakan daerah yang gersang dan kering. Di namakan lembah Hijau karena di tempat ini terhampar pepohonan dan tumbuhan hijau dengan bunga bunga yang cantik dan kolam yang sangat jernih. Sehingga tempat ini selayaknya gambaran akan surga. Di lengkapi dengan beberapa gazebo gazebo, atau bahasa daerah Lombok di sebut Berugak, sebagai tempat peristirahatan sambil menikmati keindahan alam di lembah hijau ini. Lembah hijau ini belum begitu di kenal khalayak luas, karena itu tempat ini di jamin bersih dan segar, bebas sampah dan polusi lainnya. Karena jarangnya pengunjung membuat kita yang berkunjung akan merasa tempat ini adalah surga milik kita sendiri, sehingga kita akan betah seharian di tempat ini. Selain sebagai tempat wisata, lembah hijau juga di gunakan sebagai objek pendidikan mengenai lingkungan hidup, jadi walaupun tempat ini masih seditkit jarang di kunjungi akan tetap terjaga kelestariannya.

• Air Terjun Belerang Mayung Putek
Selain keindahan pantainya, pulau Lombok juga mempunyai objek wisata yang tidak kalah indah dengan pantainya, yaitu lokasi air terjun. Ada beberapa lokasi keindahan air terjun di pulau Lombok ini, salah satunya yang paling unik adalah air terjun Mayung Putek. Unik, karena air terjun ini mengandung belerang sehingga warna air terjun ini menjadi putih. Nama air Mayung Putek ini mempunyai arti dalam bahasa suku sasak Lombok berarti rusa putih, yang konon menurut cerita setempat di air terjun ini sering di jumpai rusa putih yang mandi dan minum. Dengan ketinggian sekitar 65 meter, air terjun ini juga mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit penyakit kulit, sehingga ketika kita mandi dalam curahannya, selain merasakan pijatan juga akan memberikan kesehatan bagi tubuh. Dengan pemandangan sekitar yang juga sangat indah membuat pengjunjung akan merasa segar kembali setelah dari perjalanan ke lokasi ini yang lumayan cukup membutuhkan tenaga, karena unutk mencapai lokasi ini, kita harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak sekitar 20 menit lamanya.

• Pantai Pink
Pantai berpasir unik karena warnanya yang berwarna pink ini terletak di desa Sekaroh kecamatan Jerowaru kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat, sekitar 1 kilometer dsebelum Tanjung Ringgit dengan menempuh perjalan sekitar satu setengah jam dari kota Mataram. Selain pasir pantainya yang khas, pantai ini juga memiliki keindahan pemandangan yang sangat mengesankan, di kelilingi dengan tebing tebing yang cukup tinggi di sekitar pantai lengkap dengan berugak ( gazebo ). Pantai pink memiliki arus yang cukup tenang dengan hempasan ombak yang sangat kecil sehingga sangat aman untuk berwisata bersama anak anak. Nama sebenarnya pantai ini adalah pantai Tangsi, yang berate barak atau asrama, karena di lokasi ini dahulunya di gunakan tentara Jepang sebagai tempat mendirikan asrama. Tapi akibat warna pasirnya yang pinklah di berikan nama pantai pink selain juga menjadi lebih menarik di mata masyarakat. Pasirnyapun sebenarnya sama dengan pantai pada kebanyakan, berwarna putih, menjadi terlihat berwarna pink / merah muda karena pasirnya tercampur dengan serpihan serpihan terumbu karang halus yang berwarna kemerahan, sehingga terlihat berwarna merah muda, terutama pada saat cuaca cerah.

• Tanjung Ringgit
Adalah sebuah tanjung yang terletak di ujung timur pulau Lombok di kenal dengan nama tanjung Ringgit. Karena di lokasi ini kita akan mendapatkan segala jenis panorama lam yang sangat indah, mulai dari panorama pantai, perbukitan dengan lereng lereng hijaunya, hingga kesegaran hijaunya hutan, yang juga merupakan hutan Lindung. Selain itu di lokasi ini kita juga dapat melihat dengan jelas gunung Rinjani yang sangat indah. Selain itu juga di lokasi ini terdapat goa goa peninggalan jaman jepang sebagai jejak pendaratan Jepang dalam perang Dunia dahulu. Di mana daerah sekitar tanjung ini menjadi daerah kekuasaan Jepang dengan membangun jalur bawah tanah sebagai upaya pertahanan mereka dari musuh, dengan menempatkan beberapa meriam yang mengarah ke samudera Hindia yang di tujukan untuk menyerang tentara musuh mereka pada waktu itu, sehingga goa goa ini di sebut dengan Goa Jepang / Tangsi. dan meriam meriam serta goa goa ini masih cukup terawat hingga saat ini, sehingga membuat tempat ini semakin unik di bandingkan tempat wisata lainnya.

• Pantai Surga
Pantai Surga terletak di dusun Sungkun desa Pemongkong kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, merupakan pantai pasir putih yang mana butiran pasirnya sebesar butiran merica yang sangat baik untuk refleksi pijat kaki ketika kita menyusurinya tanpa menggunakan alas kaki. Selain keindahan lautnya yang jernih dengan ombak yang tenang dan keanekaragaman biota bawah lautnya menjadikan lokasi ini sangat cocok juga di nikmati dengan berenang, snorkeling, maupun menyelam.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

caramel
caramel
caramel Newbie
pd. 25 Juli 2016, 13.47

siap siap nabung buat kesini budget 10 juta nih perorang

Suka 0
nasywara
nasywara
nasywara Newbie
pd. 9 Juni 2016, 11.14

pesona lombok memang begitu indah banyak tempat indah di lombok ...jadi kangen lombok

Suka 0
Malang
Malang
Malang Super Hero
pd. 30 Sep. 2014, 18.15

1.Pantai Kaliantan (terletak Kecamatan Jerowaru,Lotim)

2.Tanjung Bloam (daerah konservasi penyu, dkt dg pantai kaliantan)

3.Gili Sunut (terletak di Dusun Temeak Desa Pemongkong Kec. Jerowaru Kabupaten Lotim). Gili Sunut merupakan Kawasan yang memiliki garis sejajar dengan Kawasan Tanjung Ringgit

4.Tanjung Perak dan Tanjung Cina
(merupakan kawasan pantai yang terletak paling ujung Selatan wilayah Kab. Lotim/Lombok Timur, tepatnya berada dalam wilayah Kec. Jerowaru dan Desa wilayah Kecamatan Jerowaru dan Desa Pemongkong).
Tanjung Perak dan Tanjung Cina merupakan kawasan pantai berdataran tinggi/ bukit dengan topografi berupa tebing-tebing curam.

5.Gili Bagek/Gili Kondo
Pulau kecil ini terletak di Perairan Kecamatan Sambelia (50km utara kota Selong) dan dapat dicapai melalui pantai transat di Kecamatan Sambelia (sekitar 25 menit) dan pelabuhan Kayangan Labuhan Lombok (sekitar 45 menit). Meski di pantai transat pasirnya berwarna hitam namun di gili lampu dan beberapa gili di sekitarnya berpasir putih.

6.Gili Sulat dan Gili Lawang
Gili Sulat adalah sebuah pulau kecil yang terletak 1,5 km di sebelah timur laut Pulau Lombok. Pulau yang memiliki panjang maksimum 5,2 km ini secara administratif termasuk wilayah Kabupaten Lombok Timur. Sejauh 500 meter di sebelah barat laut ini terdapat Pulau Gili Lawang.

7.Aiq Temer Waterfall
Air terjun ini terletak di Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur. Dekat dengan desa Tete Batu sekitar kaki Gunung Rinjani. Objek wisata ini berada pada ketinggian 600-1000 meter dari permukaan laut dengan temperature 150c- 250C.

8.Tete Batu
Tete Batu merupakan objek wisata yang berada pada ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Dengan pemandangan dan suasana udara di pedesaan, bisa mengenal dan mengetahui bagaimana kehidupan penduduk desa di Tete Batu ini. Di sini terdapat beberapa akomodasi seperti hotel Soedjono dan Green Orry Cottage yang menyediakan penginapan dengan kamar yang bagus dan restoran. Menginap di Tete Batu merupakan pilihan terbaik untuk menikmati semua pemandangan di sekitar penginapan ini seperti air terjun Otak Kokoq, air terjun Aik Temer dan lain-lain.

9.Otak Kokoq
Objek wisata ini berada di Lunggu, Desa Montong Betok Kecamatan Montong Gading sekitar 40 Km dari kota Mataram. Otak kokoq merupakan objek wisata yang terkenal dengan air terjunnya yang dipercaya dapat menyembuhan berbagai macam penyakit kulit.

10.Desa Sapit
Kalo ke Sembalun dengan rute Masbagik-Aikmel-Swela-Pesugulan, akan melewati desa ini. Sapit adalah sebuah desa tradisional yang berada di kecamatan Swela (kurang lebih 65 km dari kota Selong) dengan dua daya tarik utama berupa pertanian dan pemandangan pegunungan. Dari desa ini bisa melihat dengan jelas Samudera Indonesia, Selat Alas, dan puncak gunung Rinjani. Masyarakat desa ini masih bercocok tanam dengan cara tradisional yang memberikan suasana pedesaan yang klasik dan natural, dan sebelum sampai di desa ini juga bisa menikmati wisata di kolam mata air Lemor dengan hutan wisata yang indah. Di desa tersedia beberapa penginapan/pondok wisata/homestay.

Suka 0

© backpackerindonesia.com