Trending

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Indahnya Africa Van Java (TN. BALURAN)

agisesya
agisesya, pada 24 Juli 2014, 23.12
di Tanya & Jawab

Jakarta – Surabaya – Banyuwangi – Malang – Jakarta
Kali ini saya akan menceritakan perjalanan tahun lalu tepat setelah lebaran. Kemana? Taman Nasional Baluran!! Akhirnya.. sebenernya udah lama ga buka BPI, eh tiba tiba banyak yang nanya pm ttg baluran, yaudah deh di share aja supaya membantu yang mau kesana. Sorry intro nya ke panjangan hahaha.
20 Agustus 2013 saya bersama teman saya sudah tiba di stasiun Jakarta Kota pukul 8.30 karena harus menukarkan tiket yang dibeli online dan biar santai aja, kereta yang saya akan naiki tujuan Stasiun Gubeng Surabaya, pemberangkatan pukul 11.15 dari Jakarta Kota dengan tiket kereta kalo tidak salah Rp 120.000 waktu itu, dengan kelas AC Ekonomi. Setelah tiket ditukar, saya sarapan terlebih dahulu di A&W Stasiun Jakarta Kota, setelah santai datanglah kereta tujuan Stasiun Gubeng (Surabaya) kereta tujuan Surabaya ada dua, yaitu Pasar Turi dan Gubeng. Saya lupa nama keretanya. Maafkan ya..
Berangkat tepatnya jam 11:45 dari Jakarta dan sampai di Surabaya pukul 2:25 pagi tanggal 21 Agustus, untuk menghemat dan gampang kebetulan sodara teman saya tinggal di Surabaya, jadi dari Stasiun Gubeng di anter sampe kamar penginapan TN. BALURAN Banyuwangi hehehe :D sampe Baluran jam 10 pagi, oh iya untuk info aja buat gampangnya sih kalo transportasi cari aja kendaraan apapun yang menuju ke pelabuhan ketapang, entah bis, angkot, atau menumpang truk yang menuju bali, soalnya TN BALURAN ini ada di pinggir jalan sebelum pelabuhan ketapang.
Di depan gerbang TN Baluran foto foto dulu dong hehe terus bayar tiket masuk Cuma Rp 2.500 per-orang. Iya ga salah ko Cuma dua setengah! Haha. Oh iya buat yang gabawa kendaraan pribadi bisa pake ojeg katanya sih bayar 50rb, emang cukup jauh 8km kalo ga salah ke tempat penginapannya dan jalannya juga sangat terjal. Untuk penginapan ada dua tempat, 1. Savana Bekol dengan dikelilingi savanna dan rusa rusa berkeliaran. 2. Di Pantai Bama dengan pemandangan pantai pastinya.. dan yang saya pilih adalah savanna bekol dan satu kepala/satu orang hanya bayar Rp 12.000 per/malam. Satu kamar cukup 2 orang, jadi saya Cuma mengeluarkan 24rb. Oh iya kelebihan penginapan disini deket sama kantor penjaga dan staf staf polisi hutan gitu, kalo di pantai bama kelebihannya deket sama warung makan yang Cuma buka sampe magrib. Listrik disini juga Cuma ada dari jam 5 sore sampe jam 11 malem. Setelah urus-urus dengan kantor setempat saya beristirahat dulu sarapan dan tidur sampe sore, sampai sekitar pukul 3 sore saya bangun untuk berkeliling, pertama yang saya tuju adalah menara pandang, dari sini kita bisa liat jelas gunung Baluran dan kota Banyuwangi plus batas batas pantainya. Setelah itu jalan menuju pantai bama sekitar 3km, foto foto di savana, disini gausah takut banteng, rusa, semua pada berkeliaran disekitar kita, ular pun banyak, jangan dibunuh, biarkan saja, gada ular bebisa ko katanya sih.. dan yang bikin saya parno adalah macan kumbang, macan yang item itu katanya ada di pojokan, tapi sampe saya pulang ga ketemu hehe disini bener bener afrika banget deh, ga bakal inget kalo lo lagi ada di Indonesia. Setelah sampai pantai bama saya makan dan membeli makanan buat nanti malem, mkanan disini murah murah banget! Nasgor aja 10rb, saya beli dua buat nanti malem, karena warungnya tutup jam 5. Saya sambil nunggu sunset main main di pantai, dan ternyata saya salah.. sunset terlihatnya di Padang Savana dekat penginapan saya.. sayapun langsung berlalri ke savanna dan foto foto, jgn aneh kalo jarang bgt ketemu sama turis lokal, disini banyaknya bule, yg saya ajak ngobrol ada dari Belanda, Kanada, Amerika Serikat dan Spanyol, semuanya ingin melanjutkan perjalanan ke Bali.
Matahari sudah tenggelam, bulan dan bintang menyapa.. dan saya pun hanya memakan mie dan diteruskan ngopi ngopi sambil bercerita dengan teman saya. Disana juga saya berkenalan dengan sekumpulan anak anak dari UNPAD Bandung jurusan Hukum, mereka pake mobil dari bandung, gokil!
Jam 9 malam saya kembali berkeliling taman nasional yang sangat luas, rusa rusa berlarian di samping saya, luar biasa! Sampai pukul 4 pagi saya memutuskan ke Pantai Bama untuk sunrise. Dan.. menakjubkan! Luar biasa!!!! Sungguh indah! Sampai jam 11 pagi saya di pantai dan sarapan. Lalu berkemas pulang.
22 Agustus 2013. Pukul 1 siang saya sudah siap untuk pulang tp gatau caranya pulang hahaha untung ada polisi sekitar bawa motor berdua, saya nebeng sampe depan gerbang, gratis!! Dan dari depan gerbang saya berniat nyobain nebeng lagi ke Surabaya hehe (sebenernya kalo kalian ke Baluran, harus lanjut ke Bali sayang bgt kalo engga, soalnya deket Cuma naik kapal 7.500) akhirnya ada truk lewat saya stop dan Tanya, mas ke Surabaya gak? (wajar bukan orang jawa, kelebihan kalo bisa b.jawa) Ke Malang dek.. mau ikut? Setelah saya berdiskusi sebentar dengan teman saya, saya langsung memustuskan untuk ke Malang dan naik kereta dari malang ke Jakarta. Akhirnya saya naik dan sampe Malang jam 9 malem, saya bayar 15rb seorang ke supir truk karena kasihan dan baik bgt, akhirnya sama temen saya dikasih 40rb. Di malang saya memustuskan bermalam di salah satu teman yang berkuliah di Unbraw, akhirnya dapat tempat singgah… nyaman, tidur deh istirhat dan besok pagi ke stasiun, di Malang asli enak banget!! Sejuk, lebih sejuk dari Bandung kata gue sih.. terus makanan dimanapun murah! Gokil akhirnya pagi saya ke Stasiun Kota Malang, Tanya aja ke orang pada ramah ko. Akhrinya sampe stasiun dan Tanya tiket…. Kemudian ZONK!! Tiket habis sampe 2 minggu ke depan dan itupun Eksekutif yang harganya 450rb. Setelah berdiskusi saya memustuskan untuk menggunakan bis, saya pun lansung ke terminal arjosari, dan tiket bis pun sudah habis. Benar seperti quote teman saya “jangan berangakat kalo belum punya tiket pulang” saya langsung berpikir ada benernya dia hahaha akhirnya saya menelpon sodara saya yang tinggal di Malang, kemudian nginep di kontrakannya karena udah gaenak kalo nginep di tempat temen lg hehe.. malamnya diajak jalan-jalan kota malang deh, ternyata disini gak terlalu kuno juga seperti yang gue piker hehehe gue minum dan ngopi di café namanya Ria Djenaka, enak tempatnya.. Dan akhirnya besoknya saya diantar ke arjosari lagi oleh sodara saya, setelah cari cari ada tiket untuk lusa, tp hanya sampai Cirebon. Apa boleh buat.. saya beli, ac seharga 120rb. Dan harus bermalan lagi disodara saya.
26 Agustus 2013 saya bersiap pulang dan berpisah bersama teman saya di Cirebon karena dia memilih ke rumah sodaranya yang di Cirebon.
Bis berangkat jam 1 siang dari Terminal Arjosari Malang, makan dulu.. dan gokil, es the manis 1.500 !!!! dan itu kata ibunya udah mahal karena di terminal.. gila gak hahaha
Akhirnya naik bis nyaman dan tidur terus sampe jam 9 malem makan di restoran kerjasama PO Bis nya. Akhirnya sampe terminal Cirebon jam 7 pagi 27 Agustus 2013, sementara bis ke Jakarta ada jam 11.. fiuuuhhh. Disini mulailah hati-hati, ga semua baik kayak di Malang, banyak yang mencurigakan, namanya juga terminal.
Akhirnya saya tepat sampe rumah pukul 01:55 pagi 28 Agustus 2013.
Untuk biaya saya lupa banget rincinya, tapi dari rumah bawa 600rb pas dan pulang kerumah abis dang a ada utang, intinya habis 600rb pas (peke numpang dan nebeng temen).
Intinya kalo kemana mana gausah sungkan buat hubungin kenalan yang ga pernah dihubungin sekalipun, pasti banget sangat sangat membantu dari berbagai hal.
Sekian share saya sambil menunggu datangnya ngantuk, daripada nonton bokep kan puasa hahahah maaf kalo panjang banget :D

Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

brightdidi
brightdidi Super Hero
pd. 27 Juli 2014, 0.40

Wah keren Gan, secara dari Bandung, nice share lah :D

agisesya Jr.
pd. 25 Juli 2014, 22.59

Serius, mungkin karena banyak nebeng dan nyusahin temen/sodara yang disana hehehe

nita123 Pro.
pd. 25 Juli 2014, 18.58

waaah.. musti siap2 kehabisan tiket balik ya.. klo perjalanannya unpredictable. dan banyak2in simpen nmor kontak tmn2 di daerah. anyway.. seru juga pengalamannya! :D