"bike"packer bandung-santolo

sultonadham
sultonadham, pada 19 Juli 2014, 5.06

Ini dia, salah satu pantai terbaik di jawa barat. santolo beach! saya pergi ke pantai dengan menggunakan sepeda motor kesayangan, piaggio vespa lx. berangkat berdua dengan pacar, kita memilih jalur pangalengan-cisewu-rancubuaya-santolo. perlu di catat, kita pergi dari bandung dan memakan waktu 7jam. berangkat jam 6, kita melewati jalan naik turun pangalengan-cisewu

karena semalam hujan, banyak longsoran tanah menutupi jalan. Tapi jalan nya cukup mulus bahkan bisa di bilang mulus sekali, dan jam menunjukan pukul 9.30. Kami pun beristirahat di warung sederhana daerah cisewu.

Perjalanan pun di lanjutkan kembali, dengan track yang lebih banyak tanjakan maupun turunan yang tajam di ikuti dengan belokan yang berkelok-kelok, akhirnya kita sampai di rancabuaya. wow it’s a beautiful beach! perjalanan 5jam pun tak terasa begitu melihat pemandangan nya yang begitu indah.

pacar saya nih, partner banget.

Setelah melewati rancabuaya, akan ada sebuah tempat yang di namakan puncak guha, banyak tebing dan rumput yang tumbuh begitu indah di sana. Rancabuaya-Santolo berjarak 35km, dan track nya pun sangat tidak layak untuk di lalui. Kami pun beristirahat di jembatan sekitar Puncak Guha.

Setelah beristirahat, perjalanan kembali di lanjutkan. Setibanya di santolo kami pun melepas penat dan capai nya perjalanan panjang Bandung-Santolo (Pameungpeuk) dengan menyantap ikan bakar juga es kelapa di Pulau Santolo. Setelah itu kami bermain di pesisir pantai yang sedang sepi pengunjung, sungguh pantai yang sangat unik. Bagaimana tidak, terjangan air laut tidak sampai ke pesisir pantai. Tapi hanya mencapai kurang lebih 100meter dari pesisir pantai, penduduk disana menyebutnya sebagai cilautereun ( Air laut berenti ).

Akhirnya setelah bermain di pantai santolo, kami pun melanjutkan perjalanan mencari penginapan di daerah garut kota melewati cikajang dan merefresh badan dengan berendam di cipanas.