Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Eksotiknya Pantai Ora

utiket
utiket, pada 11 Juli 2014, 5.14
di Tanya & Jawab

Pantai Ora merupakan salah satu pantai yang berada di kawasan timur Indonesia, tepatnya berada di Desa Saleman, Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Obyek wisata yang satu ini menawarkan wisata bahari yang sangat mengagumkan bahkan menjadikannya sebagai salah satu tempat favorit untuk berekreasi. Hal ini dikarenakan pengunjung di Pantai Ora akan sangat dimanjakan dengan panorama keindahan baharinya.

Pengunjung dapat menikmati pantainya yang sangat bersih, air lautnya yang berwarna biru dengan ombak yang begitu tenang ditambah lagi kecantikan pasir putihnya hingga pemandangan dasar laut yang sangat mengagumkan. Menyelam dan menikmati keindahan surga bawah laut Pantai Ora yang sangat mempesona adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan di sini. Keindahan ratusan terumbu karang yang sangat menakjubkan dapat kita saksikan di pantai ini. Selain itu, ikan-ikan kecil yang berwarna-warni seakan-akan menyambut kehadiran para wisatawan. Bahkan untuk dapat menikmati keindahan surga bawah laut tersebut, para wisatawan tidak perlu dalam-dalam menyelam, cukup 2-3 meter sudah dapat menyaksikan pemandangan yang sangat mengaggumkan tersebut.

Para pengunjung juga dapat melintasi Sungai Salawai. Sembari melintasi sungai tersebut, para wisatawan dapat menyaksikan bagaimana proses pembuatan sagu, pengambilan buah kelapa atau bisa juga melihat berbagai jenis burung di muara sungai Teluk Sulaiman. Setelah menikmati keindahan Pantai Ora tersebut, ada satu kegiatan lagi yang dapat dilakukan oleh para pengunjung yakni trekking melintasi hutan di balik negeri Sawai yang masih alami dan asri.

Tidak hanya sekedar melintasi hutan, namun ada satu lokasi yang sedikit tersembunyi yang dapat dikunjungi. Lokasi tersebut berupa pusat pendidikan dan rehabilitasi satwa yang berada di Dusun Masihulan. Di lokasi penangkaran ini wisatawan dapat menyaksikan penangkaran burung kakatua seram dan nuri seram. Bagi pengunjung yang menyukai perjalanan menantang bisa melanjutkan perjalanan berkunjung di air terjun dan gua yang berada di tengah hutan.

Terdapat pondokan yang memang sengaja dibagun oleh para penduduk sekitar. Bagi para pengunjung yang sudah kelelahan bisa menyewa resort yang tersedia di lokasi Pantai Ora. Resort tersebut dibangun diatas pantai dan berbentuk seperti rumah panggung. Resort yang hampir seluruh bagiannya terbuat dari kayu tersebut memang merupakan satu-satunya penginapan yang dapat disewa oleh para wisatawan. Memang penginapan tersebut tidaklah begitu mewah, namun dapat dipastikan penginapan tersebut akan memberikan rasa tersendiri bagi para pengunjung. Saat tidur di resort ini akan terdengar jelas deburan ombak yang silih berganti dan saat pagi hari menjelang pun saat membuka jendela atau pintu kamar akan langsung disuguhi pemandangan air laut yang sangat indah. Hal inilah yang menjadikan nilai lebih dari pada resort di daerah lainnya. Tarif menginapnya sekitar Rp 500.000,- per malam. Harga yang sepadan untuk sebuah pemandangan yang sangat eksotik.

Akses ke Pantai Ora
Untuk dapat menikmati semua keindahan dan keeksotikan Pantai Ora tersebut ada beberapa jalur yang dapat di tempuh oleh para wisatawan setelah tiba di Bandara Pattimura, Ambon:

Menggunakan taksi
Masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama mobil pangkalan menuju Pelabuhan Tulehu selama 1 jam perjalanan. Dari Pelabuhan Tulehu dilanjutkan ke Pelabuhan Amahai, Maluku tengah menggunakan kapal cepat. Sesampainya di Pelabuhan Amahai dapat menggunakan angkutan umum menuju Masohi, Maluku Tengah. Di Masohi ini kebanyakan para wisatawan memilih untuk beristirahat penginapan terlebih dahulu. Baru esok pagi nya, wisatawan melanjutkan perjalanan ke Desa Saleman lokasi pantai tersebut dengan menempuh perjalanan sekitar 4 jam.

Menyewa mobil
Sewa mobil plus supir untuk langsung mengantarkan ke Pantai Ora dengan lama perjalanan sekitar hampir 1 hari 1 malam dengan menyusuri Desa Seram bagian barat dan Kabupaten Maluku Tengah.

Menggunakan maskapai perintis
Dari Bandara Pattimura, Ambon dapat memilih penerbangan menggunakan maskapai perintis ke Bandara Wahai, Pulau Seram. Kemudian dilanjutkan menggunakan kapal cepat Cantika Anugerah menuju ke Pelabuhan Amahai, Kota Mahi, Pulau Seram selama 2 jam perjalanan. Tarif kapal untuk kelas ekonomi sekitar Rp. 100.000 per orang dan untuk kelas VIP sekitar Rp. 150.000 per orang.

SUMBER: www.utiket.com


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

igita
igita
igita Newbie
pd. 12 Sep. 2014, 15.18

ora ono gambar yang lebih jelas kah? hehehe

Suka 0
utiket
utiket
utiket Sr.
pd. 24 Juli 2014, 14.41

[quote=cengceng][quote=utiket]biaya transport dari Bandara Pattimura ke pantai ini sekitar 1.500k untuk sekali jalan, belum termasuk tiket pesawat ke Ambon, penginapan dan makan :gaya:[/quote]

wahahah .. gede juga ya[/quote]

iya gan, tipikal wisata di Indonesia timur, biaya terbanyak ada di transport ~.~

Suka 0
cengceng
cengceng
cengceng Newbie
pd. 24 Juli 2014, 12.15

[quote=utiket]biaya transport dari Bandara Pattimura ke pantai ini sekitar 1.500k untuk sekali jalan, belum termasuk tiket pesawat ke Ambon, penginapan dan makan :gaya:[/quote]

wahahah .. gede juga ya

Suka 0
utiket
utiket
utiket Sr.
pd. 22 Juli 2014, 14.39

biaya transport dari Bandara Pattimura ke pantai ini sekitar 1.500k untuk sekali jalan, belum termasuk tiket pesawat ke Ambon, penginapan dan makan :gaya:

Suka 0
utiket
utiket
utiket Sr.
pd. 15 Juli 2014, 14.41

alam indonesia memang gak ada habisnya untuk dieksplor :akhirnya:

Suka 0
utiket
utiket
utiket Sr.
pd. 12 Juli 2014, 13.57

Pantai Ora ini membuat ora jeleh :jempol:

Suka 0

© backpackerindonesia.com