Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Bajo Pulo "Sang perawan di ujung timur Pulau Sumbawa"

sisitimur
sisitimur, pada 7 Juli 2014, 16.17
di Tanya & Jawab

“gak ada polusi dan polisi” Analogi menarik dari Richard The Gillis di lagunya yang berjudul “Gili Trawangan”. Mungkin inilah yang akan kita temui di sebuah pulau kecil yang berada di semenanjung timur Pulau Sumbawa,tepatnya di daerah Sape Kabupaten Bima. Dimana kita gak akan menemui kendaraan bermotor,kecuali perahu nelayan. BAJO PULO. Ya,itulah nama pulau tersebut.

Sebuah pulau yang dihuni oleh sebagian besar warga berprofesi sebagai nelayan ini,ternyata memiliki lanskap barisan pantai yang indah. Tapi ada satu spot yang paling sering dikunjungin wisatawan local sekitaran Bima,Sape dan Lambu. Daerah itu biasa disebut pasir putih. Gugusan pantai disisi selatan bajo pulo.

Kelebihan tempat ini adalah pasir putih yang sangat indah dan air laut yang masih jernih,dibeberapa titik dapat ditemui spot-spot untuk diving maupung snorkling. Berhubung belum adanya pengelolaan dari pemerintah setempat ada beberapa kekurangan yang bisa dikatakan mencolok di tempat ini. Penyediaan sarana MCK yang sama sekali belum ada,tempat penjual makanan,juga tempat pembuangan sampah dan sarana penginapan buat wisatawan yang mau menginap. Tapi jika ingin menginap,mungkin bisa dilakukan dengan minta bantuan di pemukiman penduduk setempat yang berjarak kurang lebih 100m. Atau membawa peralatan berkemah.

Untuk sampai ke BAJO PULO,banyak rute yang bisa di tempuh. Dari Lombok,kita bisa langsung ke terminal Mandalika (Bertais) lalu naik bus menuju Bima,ada banyak bis yang menuju Bima. Harga tiket berkisar antara 180-230rb (tergantung fasilitas dan kemampuan manawar) berangkat sekita jam 3 sore,lebih baik dating 2 jam sebelum jam pemberangkatan. Perjalanan ditempuh kurang lebih 12jam. Dan dari terminal Dara (Bima) perjalanan dilanjutkan dengan naik bis kecil jurusan Sape yang langsung tersedia begitu kita sampe di terminal Bima. Untuk ongkos menuju Sape 25rb,dan turunnya langsung di pelabuhan sape. Jika perjalanan lancar,maka pagi hari kita akan tiba di pelabuhan Sape. Dan dibagian kiri pelabuhan sape ada dermaga kecil tempat perahu para nelayan yang akan membawa kita ke Bajo Pulo. Biaya sewa kapal motor untuk ke bajo pulo 5rb. Perlu diingat sebelum menyeberang,sempatkan diri untuk membeli ikan hasil tangkapan nelayan di sekitar pelabuhan sape. Atau membeli makan dan minum di beberapa warung yang terdapat di pelabuhan Sape buat bekal selama di Bajo pulo. Karena di Bajo Pulo belum ada warung yang jual makanan. Dan sangat disarankan untuk membawa beberapa kantong kresek kosong untuk tempat sampah selama disana.

Selama ini banyak wisatawan yang melintas di pelabuhan sape,baik local maupun wisatawan asing. Kenapa MELINTAS? Karena pelabuhan sape merupakan pelabuhan terakhir dari arah barat menuju ke Labuan Bajo dan ke Komodo. Dan mungkin mereka masih banyak yang belum tau keberadaan sang perawan dari timur. Karena itu buat teman-teman yang pengen Travelling menuju Komodo,disarankan untuk menambah estimasi waktunya 1 hari untuk berkunjung ke Pulau yang indah ini. Entah itu ketika berangkat maupun sekembali dari Komodo.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

sisitimur
sisitimur
sisitimur Newbie
pd. 22 Agu 2014, 17.43

Yoooookkkk pada kemari gan :D

Suka 0
praistek
praistek
praistek Newbie
pd. 6 Agu 2014, 14.16

keren banget bro .. bening

Suka 0
ferdinandharma21
ferdinandharma21
ferdinandharma21 Sr.
pd. 6 Agu 2014, 11.16

Hellow gan agustiwansyah. Ajakan anda cukup menarik ehehe jadi kalo ane ada plan ke lombok bisa dong hubungi ente ehehe biar ada temen, biar gampang nemuin destinasi wisatanya :D

Suka 0
agustiwansyah
agustiwansyah
agustiwansyah Newbie
pd. 5 Agu 2014, 14.12

kalau plan meluncur ke pulau itu gan, kabari ane aja gan. dari lombok kita meluncur ke sono.. rentcar mobil mah sekelas sedan vios 225rb per hari, bisa menikmati kaki kaki gunung rinjani.. hotel sepanjang jalan sampe ke pulau itu ya cukup banyak. di kaki gunung rinjani ada belah lautan menggunakan kapal ferry.. dilanjutkan perjalanan darat sekitar 8 jam menuju lokasi. dalam perjalanan tersebut dapat kita nikmati dulu keragaman adat budaya kota sumbawa besar.. joss lah pokok nya..

Suka 0
sisitimur
sisitimur
sisitimur Newbie
pd. 5 Agu 2014, 13.54

Up Up :D

Suka 0
wildan indonesia
wildan indonesia
wildan indonesia Jr.
pd. 8 Juli 2014, 10.09

mantab abis gan,
pengen nih meluncur ke surga dunia diatas

Suka 0
nita123
nita123
nita123 Pro.
pd. 8 Juli 2014, 4.37

:O waaaaaaaw... indah niaaan
#Subhanallah..

Suka 0

© backpackerindonesia.com