Get Lost !

viscreaaam
viscreaaam, pada 7 April 2014, 5.42

Cerita ini bermula ketika aku dan seorang temenku bersiap untuk memulai perjalanan menuju Kawah Ijen dan Baluran. Kita berangkat hari Sabtu tanggal 29 maret 2014 tepat jam 4 sore dari Surabaya. Awalnya aku agak ragu sewaktu temenku bilang kalo perjalanan Surabaya-Kawah Ijen cuma berlangsung 3-4 jam sehingga kita berangkat pun dengan santai banget.
Pada kenyataannya pun, itu ga semua yg seperti kita estimasikan sebelumnya. Perjalanan yg awalnya kita estimasikan 3-4 jam dari Surabaya, ternyata yang ada lebih dari 6 jam. Mungkin juga karna kita sempet mampir untuk isitirahat2 itu kali ya, tapi tetep di luar kemungkinan ga bakal kalo sampe kayak gni hasilnya.
Sampailah kita pukul 12.30 dini hari di sebuah desa terakhir 30 km sebelum kawah ijen. Akhirnya kita memutuskan untuk berhenti karena perjalanan 30 km tadi kanan kiri sudah hutan tanpa penerangan , tanpa rumha penduduk dan tentunya tanpa ada partner. Ya, cuma kita berdua. Salah satu warga mengatakan kalau terlalu rawan msial kita lanjut perjalanan tadi, memang sih tidak pernah ada kejadian kriminal dan semacamnya. Cuma yg beliau takutkan yaitu kalau2 terjadi ban kempes atau bocor apalagi kita cuma berdua. Toh minta bantuan juga tidak mungkin karena itu sudah desa terakhir.
Alhamdulillah ada 2 motor lewat situ lalu kita ikutin sambil kita minta barengan jikalau mereka juga ke kawah ijen. Ternyata , mereka penduduk situ dan akhirnya mau menawarkan rumahnya untuk kita singgahi sampai pagi menjelang.
Beruntunglah kita akhirnya bisa numpang menginap ke rumah salah seorang warga dan paginya kita berpamitan untuk melanjutkan perjalanan kita.
Oke, perjalanan dimulai melewati hutan yang jaraknya 30 km. Sesampai di Wisata Kawah Ijen kita disuruh mengisi buku tamu terlebih dahulu. Tidak ada tarif untuk masuk kawah ijen.
Perjalanan menuju kawahnya ditempuh kurang lebih 3 km dengan berjalan kaki, aksesnya lumayan bikin capek, mungkin karena naik itu kali ya. Ya kurang lebih ditempuh 1,5-2 jam lah.
tapi itu semua terbayar sewaktu kita sampe kawahnya , dan wow keren bangeetttttt !!!
Pemandangan menuju kawahnya juga bagus. Oiya, disarankan sih pake sepatu yg ga bikin licin, soalnya jalan menuju kawahnya cukup licin hehe.

Setelah kawah ijen , kita melanjutkan ke Taman Nasional Baluran. Kalo disini banyak banget di dalemnya , jadi ga cuma padang savana aja , tapi ada pantai juga , ada gunung , dsb.
Bener2 oke deh :D
Cocok banget buat yang suka camp , tempatnya recommended banget hehehe ;)

Sampai itu dulu deh ceritaku kali ini. Ini petualanganku , mana petualanganmu?

coLin vioLet

fahmie_dudul
fahmie_dudul Jr.
pd. 8 April 2014, 14.38

kerennnnnnnnnnnnnnnnn , bener bener kek orang nyasar banget