Menyusuri Utara Borneo(Kalimantan).Dari pontianak(Indonesia) sampai Kota Kinabalu(Malaysia)

isam
isam, pada 20 Jan. 2012, 8.45

Sebenarnya tujuan utama perjalanan ini adalah Philippines.Cerita dari Teman saya yang sedang belajar di sana tentang tempat2 yang dia kunjungi,membuat saya tertarik untuk mengalaminya sendiri.Tambah lagi kawan saya saat di Dubai(warga Philippines)juga akan balik kampung.so sambil jalan2,reunian,berharap free accomodation dan guide(hehehe... gak mau rugi nih).
ok kembali ke topik.Di sini saya mau bercerita tentang Borneo Dulu.

Singkat cerita,setelah membandingkan ongkos pesawat dari Jakarta ke Manila dengan ongkos pesawat dari jakarta ke Pontianak+bus ke Kuching/Miri/Brunei dll.Saya memutuskan untuk ambil jalur putus2 saja.perbedaan saat itu sekitar 20%lebih mahal,tapi pengalaman yang didapat tidak seperti kalau kita terbang langsung ke Manila.(perjalanan ini juga yang akhirnya membuat saya menetap di Brunei sampai Sekarang)

Day-1

Pagi2 saya sudah ke Stasiun Cirebon.Dengan Cirebon Express jam6 saya sampai di gambir jam 9 pagi.Disambung Damri Ke Cengkareng lalu jam 11,Terbang ke Pontianak.Di Pontianak saya tinggal semalam saja.saya habiskan waktu saya untuk putar2 kota sambil cari2 info untuk perjalan selanjutnya ke Malaysia.
Ada beberapa perusahaan angkutan yang melayani rute Pontianak-Malaysia,dan saya memilih Damri dengan tujuan Kuching.

Day-2
Hari ini Saya hanya sempat mengunjungi Tugu Khatulistiwa dan berperahu di Sungai Kapuas.Jam 9 Malam ke pool bis untuk melanjutkan perjalanan saya ke Kuching.Malam ini tidur dalam bis.Pemandangan sepanjang jalan di dominasi kegelapan hutan dan sesekali rumah penduduk yang masih bernuansa tradisional(Rumah panggung)

Day-3
Pagi2 jam 5an.Pintu perbatasan(kecamatan Entikong)belum buka,kami duduk2 dulu di kedai sekitar pos immigrasi sambil menghangatkan tubuh dengan kopi/teh.Suasana remang2 dan benar-benar sunyi,walaupun terlihat ramai orang yang juga ingin menyebrang ke Malaysia.Sesekali terdengar deru mesin mobil atau bis yang datang dari balik kabut ikut antri di depan pintu pos.Perjalan dari Pontianak ke perbatasan negara ini memakan waktu 5-6jam.dan dari perbatasan ke Kuching kira2 1-2jam.
Sampai di Kuching masih pagi.saya mencari budget hostel,dan di sini tidak begitu sulit,karena kebanyakan wisatawan yang datang adalah backpacker.Saya mendapat penginapan dengan room type dormitory,dimana dalam satu kamar ada 3ranjang susun.kebetulan hari itu saya cuma berbagi kamar dengan dua orang dari England.jadi satu ranjang satu orang saja.
Kunjungan saya hari ini adalah Sarawak Cultural Vilage.semacam taman mini dimana bangunan khas orang lokal(dayak,Iban dll)dilestarikan di sini.orang aslinya juga ada yang tinggal di sini(dengan pakaian dan cara hidup tradisional mereka).Malam saya habiskan dengan jalan2 sekitar waterfront.

Day-4
Hari ini.Mengunjungi Museum Sarawak,museum islam sarawak dan museum cina.
Sambung ke Astana fort.Sebenarnya masih banyak yang mau di kunjungi di sarawak,tapi jadwal saya mepet,karena sudah ada tiket confirm air asia.
Sorenya saya balik ke hotel,packing,terus ke pool bus untuk berangkat ke Miri.
saya sengaja ambil yang malam supaya hemat biaya penginapan(jalan jam 9malam sampai besok pagi).tapi ruginya saya tidak bisa melihat pemandangan sekitar.gelap gulita sepanjang jalan.

Day-5
Pagi2 sampai di Miri,yang pertama saya cari adalah tempat makan(sarapan sambil numpang pakai kamar mandi).seterusnya keliling kota sambil cari informasi bus ke Brunei.Saya mendapat bus yang berangkat jam3 sore ke Kuala Belait Brunei, dan dari Kuala Belait saya harus menyambung dengan bus lain ke Bandar Seri Begawan(ibu kota Brunei).Saya tidak menginap di Miri karena tidak banyak yang di suguhkan di kota ini.kebanyakan objek wisata berada di pinggiran kota,sementara waktu saya terbatas.untuk informasi saja,saat ini sudah ada bus yang beroperasi dari Miri ke Bandar Seri begawan.
Perjalanan dari terminal bis miri ke perbatasan Brunei sekitar 30menit lalu menuju ke Kuala Belait 30menit juga.Beruntung kali ini saya tidak mengambil keberangkatan yang lebih sore,karena hari itu bus terakhir dari Kuala Belait ke Bandar Seri Begawan berangkat jam 5sore.
Setelah 2jam perjalanan akhirnya saya sampai di Bandar/BSB begitu mereka menyebutnya.Agak janggal juga awalnya.sebuah ibu kota negara kaya minyak ternyata begitu sepi.bus kota terakhir jam 7malam.selebihnya di kuasai taksi yang harganya 50kali lebih mahal dari bis kota.Menurut beberapa orang yang saya tanya hal ini dikarenakan harga mobil murah(kayaknya benar,saya tidak melihat sepeda motor di sini selain milik sebuah restoran pizza).
Saya menginap di Pusat belia.Sebenarnya tempat ini adalah asrama untuk atlet selama pelatihan sebelum bertanding.harganya lebih rendah dari hotel backpacker yang ada dan situasinya di pusat kota benar2 sebuah keberuntungan buat saya.kolam renang boleh kita pakai dengan tarif satu dollar saja.
Tempat yang saya kunjungi adalah Kampong ayer(kampung air).Masjid Omar Ali.

Day-6
Bangun pagi,mandi, jalan2 cari sarapan.agak jauh seberang jalan tempat menginap ada klenteng cina.latar belakangnya Masjid Omar Ali.jalan sedikit ada pasar tradisional.dari jalan raya ke pasar terpisah sungai.Terlihat pedagang menurunkan barangnya dari perahu ke pasar.suasana pagi yang indah.siapa sangka saya berada di ibu kota sebuah negara kaya.iseng2 saya mampir ke warnet untuk memeriksa e-mail.Tanpa sengaja saya membuka file yang berisi surat lamaran pekerjaan saya.Timbul keinginan untuk mencetaknya,sayapun mencetak 3bundel(siapa tahu berguna).
Hari ini saya mengunjungi royal Regalia,Masjid jamie Hasanil Bolkiah,Museum Brunei,Pasar malam gadong(saya di pasar cuma sampai jam6.takut keabisan bus,ntar gak bisa balik).Satu surat lamaran saya pun sudah pindah ke sebuah kantor perjalanan wisata(sisanya masuk tong sampah di filipina).balik ke kamar packing lagi,besok pagi2 harus naik bus pertama ke pelabuhan(jam6).oh ya,tempat saya menginap ini berupa kamar dengan 5ranjang susun,tapi ada ac.

Day-7
Jam 3pagi bangun,tidak bisa tidur lagi.Gelisah menunggu waktu untuk memulai perjalanan(perilaku ini kadang2 timbul kalau saya akan bepergian jauh atau ada hal penting yang harus dilakukan pagi2).jam 5:30 saya meninggalkan penginapan menuju bus station.Sambil menunggu bus datang saya sempatkan diri untuk menghangatkan perut di sebuah restoran india dekat bus station,dengan secangkir teh tarik halia(teh+susu+jahe)dan roti kawin(roti bakar//kenapa disebut roti kawin.silahkan berimajinasi).
Jam 6.15 bus baru datang.Jam6.30 bus berangkat.Sempet panik takut tertinggal ferry pertama,ternyata bus yang ke pelabuhan ini memang jadwalnya di sesuaikan dengan jadwal keberangkatan ferry,jadi jangan takut terlambat.
Benar saja ketika saya sampai dipelabuhan,pintu dermaga belum dibuka,tapi ruang tunggu sudah dipenuhi penumpang dan saya lihat kebanyakan mereka sudah membeli tiket beberapa hari sebelum berangkat.Untung saja ketika loket dibuka masih ada tiket buat saya.
Perjalanan ferry dari brunei ke Pulau Labuan(Malaysia)memakan waktu 45menit.Ferry berikutnya ke Kota Kinabalu jam 1siang.jadi saya ada waktu sebentar untuk mengexplorasi.Tidak banyak yang bisa saya lihat di sini.tapi saya sempat mendarat di pantainya yang putih bersih.Labuan adalah sebuah pulau kecil yang hampir tidak ada dataran tingginya,jadi wajar saja kalau saya kepanasan di sini.
Jam 12siang saya kembali ke pelabuhan untuk melanjutkan perjalanan ke Kota Kinabalu perjalan dengan ferry kedua ini memakan waktu sekitar 3jam.
Jam 3Sore saya sampai di Kota Kinabalu.Misi pertama saya adalh menemukan tempat menginap.Di Kota ini tidak sulit menemukan penginapan untuk back packer.mulai dari yang RM17/malam untuk kamar dengan kipas angin sampai yang mahal.saya memilih penginapan di area kampung air(nama saja,lokasi jauh dari air).
Setelah menyimpan tas di kamar,saya langsung explore kota ini.tak jauh dari tempat saya menginap ada beberapa mall dan shopping complex yang jaraknya berdekatan satu dengan yang lainnya.Yang paling saya suka adalah pasar malamnya yang berupa dermaga.Kalu siang tempat ini sepi dan panas.tapi mulai sore tenda2 didirikan untuk menjual makanan,minuman,sayur dan buah.
yang paling menyolok dan mengundang selera adalah jajaran tenda penjual seafood.Ikan,udang dan kawan-kawannya tersusun rapi di nampan mengundang orang2 yang lewat di dekatnya.istimewanya lagi ikan dan kawan-kawannya itu baru diturunkan dari perahu yang merapat di pinggir pasar sore ini.

Day-8
Bangun pagi2 cari sarapan dan menikmati Kota Kinabalu di pagi hari.Setelah sarapan saya cek out dan langsung menuju Pantai Tanjung Aru.menikmati pantai sambil menunggu waktu cek in di Airport(pantai ini dekat dengan terminal Airasia).Jam 12siang matahari sudah panas,saatnya pergi ke Airport untuk makan siang dan menyejukkan diri lalu cabut ke Philippines.

masopang
masopang Newbie
pd. 24 Maret 2014, 11.33

Aloow Bang Isam, salam kenal

Saya tertarik kisah lanjutan setelah dari Kinabalu ini dong...kok belum muncul ya?

Pengen banget eksplor borneo

Salam dari Bekasi
Opang

Pajar13 Jr.
pd. 28 Jan. 2012, 15.13

Sebelum hari raya cina (imlek) kemaren lumayan cukup rame ,
banyak warga tionghoa yang kerja di brunei pada cuti ke pontianak

Untuk yang ngin trip to brunei via pontianak - serawak DAMRI sudah ada langsung tampa harus ke transit kucing dulu ,

Berangkat : Setiap hari
Time : 07.00 AM (waktu pontiank) - 12.00 PM / besoknya (waktu brunei)
Harga : Rp550.000

pd. 28 Jan. 2012, 13.41

eh abang Pajar..
Gimana tiket Damrinya rame bang?
Asik ya sekarang ke Brunei langsung dari Pontianak.

Pajar13 Jr.
pd. 27 Jan. 2012, 9.11

Jadi si agan sekarang kerja di brunei yahh ?
boleh tau kerja di bidang apa gann . .

birulangit Sr.
pd. 21 Jan. 2012, 20.44

keren..

pd. 21 Jan. 2012, 16.48

Sambungan kisah saya sudah ada.Silahkan dilanjutkan.
Tapi belum masih to be continued..

Fendray Newbie
pd. 21 Jan. 2012, 8.15

ane juga berencana untuk menyusuri rute yang sama gan...makanya lanjutannya ditungguin, buat referensi awal riset nih...