Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Bagaimana menjadi Trip Organizer

Rafauli Trip
Rafauli Trip, pada 15 Feb. 2014, 17.10
di Tanya & Jawab

Terimakasih untuk BPI yang telah memfasilitasi forum ini, semoga BPI semakin jaya….. Sebelumnya saya minta maaf ya om momod, mau sharing sedikit ilmu kanuragan turunan dari kakek dan nenek moyang ane, bukan maksud mengurui atau sok-sokan, tapi biar dunia backpacker di Indonesia semakin berkembang. Bagi para master pembuat trip maaf yah... tulisan ini mungkin gak berarti, tapi sudi kiranya menambahkan tulisan ini untuk berbagi, boleh di share di sini yah...

Salam Trip dan salam Backpacker....

Melihat keinginan yang tinggi dari teman-teman member BPI yang ingin juga menjadi Trip Organizer (TO) terutam di Sub Next trip (tour n travel) saya merasa senang, berarti semakin mudah teman-teman mencari destinasi.

Baiklah kami akan sedikit berbagi dan sedikit membuka diri untuk teman-teman yang ingin menjadi atau mengkoordinir sebuah perjalanan atau bisa disebut Trip Organizer (TO). Maaf bila tulisan ini menyinggung bukan sekedar juga menggurui terutama untuk para TO yang sudah senior yuk kita berbagi tips agar teman-teman para TO yang baru mengenal dunia ini (kesannya laen dunia....)
Baiklah kita mulai saja yah.

Untuk menjadi sebuah Trip Organizer (TO) tidaklah sulit, semua orang bisa dan semua orang dapat melakukannya, tapi menjadikan Trip Organizer dari yang kecil atau yang belum dikenal sama orang hingga menjadi sebuah TO yang sukses, itu yang sulit, bagaimana kita menjadikan trip tersebut berkesan itu juga menjadi sebuah tantangan, oke kita bahas satu persatu yah... (gak usah tegang bacanya... ambil sebatang rokok.. bakar dan lanjutkan membaca)heheheh....

ada beberapa kriteria untuk menjadi sebuah Trip Organizer:

1. Wawasan
2. Niat
3. Komunikatif
4. SDM
5. Peralatan
6. Promosi
7. Service
8. Link

wahhh banyak yah.... santai.... tarik lagi rokoknya... heheheh

1. Wawasan
Wawasan ini sangat penting, sebelum teman-teman membuka Thread trip di manapun... cari informasi sebanyak-banyaknya baik dari dunia online, teman, kerabat ataupun mengunjungi langsung... nah yag terakhir mungkin akan memerlukan modal... tapi itu lebih sempurna, jadi teman-teman langsung meninjau lokasi dan tau seperti apa kondisinya, dalam hal ini kenapa wawasan itu penting bahkan dalam tulisan ini saya taruh di nomor 1, karena apabila nanti ada pertanyaan dari peserta yang ikut di trip kita jangan sampai kita tidak bisa menjawab, jangan sampai kita kelihatan gugup, ada beberapa pertanyaan setandart yang biasanya dipertanyakan oleh peserta, nanti dari sini kita kemana lagi? kalau itu pulau apa? brapa lama perjalannya? ada brapa jumlah penduduknya? itu semua harus kita jawab dengan dengan benar, makanya wawasan kita dalam menguasai lokasi tersebut harus mantap.

2. Niat
Niat adalah sebuah keinginan dari hati untuk melakukan sesuatu hal. yang pasti niat kita membuat sebuah TO itu harus yakin, harus tulus, harus murni (susu kale murni) hehehe... tapi itu harus loeh. kalau niat kita menipu bakalan hujatan yang akan kita terima, sumpah serapah, cemoohan dan lain-lain, niat yang setengah-setengah juga akan membuat cemoohan, yang pasti niat yang seperti ini bakalan gak jelas deh tripnya, gak akan sukses, bisa jadijelek nama TO nya dan dapat cemoohan pula dari peserta. nahhh kalau niat kita tulus dan murni maka trip akan sempurna, peserta trip akan berkesan baik dan akan mejadi sebuah trip yang tidak terlupakan.

3. Komunikatif
Dalam hal ini tanya jawab adalah harus untuk menjadi TO, jawaban yang jelas dan komunikasi bisa dilakukan dengan berbagai media, buat sebuah group dalam sebuah trip WA, BB, dll, undang semua peserta kedalam group tersebut, infomasikan segalanya di group tersebut. ajak kamunikasi, buat peserta nyaman dan yakin kalau kita itu bukan TO yang menipu. jadikan group tersebut media untuk mereka mengenal peserta yang laen juga, tak kenal maka tak sayang, jadi semua peserta sudah saling mengenal minimal nama di group tersebut, tinggal tatap mukanya saja pada saat pelaksanaan trip.

4. SDM
Teman-teman dah ngerti donk SDM (Sumber Daya Manusia) dalam hal ini bukan berarti pekerja, bukan juga seorang yang kita gaji, dalam hal ini saya menyebut SDM adalah sebuah Tim, dimana tim yang kita bentuk ini adalah untuk membatu kita dalam menjalankan sebuah trip backpacker, jadikan tim yang solid.

Untuk hal ini memang tidak mudah, karena teman-teman harus mencari tim yang juga memiliki jiwa petualang dan sosial tinggi, karena di dalam trip kalau kita memakai SDM yang bukan kriteria tadi, bakalan hampa trip kita nanti, jumlah Tim dalam hal ini harus flaksibel, harus disesuaikan dengan jumlah peserta, minimal 3 dan max bisa disesuaikan, saya sering mendapat info dari beberapa peserta, ketika mereka ikut dalam sebuah trip jumlah pesertanya yang lumayan banyak lebih dari 70 orang tapi timnya hanya 3 orang, menurut saya ini kurang pas, karena pada umumnya kontrol kita kepada jumlah peserta tersebut akan berkurang.

Alasan menghematan biaya jelas ini alasan kenapa timnya sedikit, lihat paragraf awal point 4, SDM bukan selamanya pekerja di trip kita yang di gaji, khusus backpacker kebanyakan para TO mencari keuntungan besar dengan menekan biaya ini, pengurangan SDM, menurut saya itu kurang tpas bila jumlah pesertanya banyak terutama melebihi dari quota kalau dalam dunia Backpacker, terkecuali trip yang memang membutuhkan biaya besar misal untuk pembelian tiket pesawat. kalau ini bisa di kondisikan bisa dimaklumi dengan pengurangan SDM.

5. Peralatan
Peralatan mendukung dalam TO sangat penting, yup teman-teman harus punya, PC atau leptop, perlengkapan dokumentasi, HP dll. Minimal yah…. jadi tidak perlu harus wah. PC or Leptop untuk promosin trip kita, buat thread, edit, update dll.

Perlengkapan dokumentsi ini juga penting, kamera (poket atau slr), kamera underwater atau handycam (ini lebih baik kalau ada) peralatan standart yang harus dimiliki jelas untuk mendukung Trip kita. Untuk dokumentasi seh bagi sebagian pembuat trip menganggap gak begitu penting… tapi bagi peserta itu adalah sebuah bukti kalau dia sudah mengunjungi sebuah tempat, tanpa dokumentasi trip serasa hampa, tanpa bisa bercerita dengan bukti foto ataupun video.

6. Promosi
Untuk yang ini hukumnya wajib, tanpa promosi trip kita bisa berjalan tanpa peserta, bagaimana mau dapat peserta kalau tidak dipromosikan, kuncinya cuma mau, gigih dan jangan pernah bosan, promosikan trip anda disemua media online dan jejaring sosial. Buatlah sebuah web, blog atau apapun, untuk menjadikan kepercayaan dari peserta yang ingin ikutan, gak perlu bagus, asal yang penting cukup untuk mendapatkan kepercayaan. Bagi yang memiliki uang silakan mengunakan media iklan berbayar, tapi bagi yang tidak silakan pakai yang gratisan.

Rejeki itu gak datang dengan sedirinya, kita tetap harus usaha, gak selamanya semua promosi itu bisa berhasil atau bisa menjaring banyak peserta, apapun itu, brapapun dapatnya yang pasti semuanya sudah diatur sama yang kuasa… jadi tetap semangat yah

7. Service
Dalam hal service pastilah semua TO ngasih, mengantarkan peserta dari titik kumpul sampai kembali lagi itu juga salah satu service, tapi itu saja gak cukup, jadikan trip itu berkesan, jadikan trip tersebut tidak dapat dilupakan oleh mereka, berbaur dengan peserta, ajak ngobrol, ikut serta mengiringi peserta, dalam hal ini jangan cuma diam-diaman, saat snorkeling ikut juga snorkeling, saat tracking ikut juga tracking, buat mereka nyaman di dalam tripnya, jadikan trip tersebut benar-benar berkesan.

8. Link
Oke… ini yang terakhir, link di sini bukan link web, blog atau yang laennya, link di sini adalah teman atau pergaulan, cari teman kamu sebanyak mungkin, jangan tutup dunia pergaulan kamu, perbanyak link, perbanyak teman, perbanyak bergaul. Dengan banyaknya teman, banyaknya bergaul maka semakin mudah kita untuk promosikan trip kita.

Akhirnya kelar juga neh info sharing dari saya, mudah-mudahan bermanfaat yah… terutama buat TO yang baru, semoga menjadi sukses yang sudah sukses atau dah lama menjadi TO, boleh juga ditambahin infonya biar semakin maju pariwisatan di Indonesia ini dengan begitu maka akan mengurangi juga angka pengangguran di Indonesia, serta akan meningkatkan perekonomian masyarakat di lingkungan yang akan di kunjungi, AYO … Semangat yah….salam trip dan salam backpacker.

Rafauli Trip


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

fauziip
fauziip
fauziip Newbie
pd. 20 Nov. 2016, 20.32

kalau open trip gitu apakah ownernya juga ikut ? atau bolehkah sebagai owner untuk "ngoper" tamunya ke trip organizer lokal tempat tujuan ? sy liat liat soalnya pada buka open trip di berbagai tujuan di bulan yang sama. mohon sharing pendapat gan

Suka 0
Open Trip Perjuangan
Open Trip Perjuangan
Open Trip Perjuangan Sr.
pd. 21 Agu 2015, 12.08

Sip, makasi banyak gan sharingnya...
Utk para Trip Organizer, semangat trus untuk memajukan pariwisata Indonesia....
:ngakak:

Suka 0
brightdidi
brightdidi
brightdidi Super Hero
pd. 14 Juli 2015, 19.01

Bismillah, makasih sharingnya Mas Rafauli, bisa buat pedoman nubie

Suka 0
maulana667
maulana667
maulana667 Jr.
pd. 12 Juli 2015, 13.31

Mohon maaf ... aku ingin ikut nimbrung buat nambah wawasan ..... terima kasih.

Suka 0
Petualang Indonesia
Petualang Indonesia
Petualang Indonesia Super Hero
pd. 21 Mei 2015, 12.52

ya namanya juga belajar jadi pengusaha ya pak Rafauli...

jadi yang dinilai itu usahanya...

tetap semangat...

Suka 0
Rafauli Trip
Rafauli Trip
Rafauli Trip Super Hero
pd. 20 Mei 2015, 11.39

[quote=Rendy Bp]Saya baru mencoba belajar jd TO,
Beberapa kali coba membuka open trip.
Sampai saat ini blm ada yg terlaksana karena alasan
Pesertanya gak mencukupi.
Saya gencar promosi di sekitaran teman-teman dekat saja,
Saya tidak pernah promosi di media sosial karena sya kurang PD.
Kira-kira, tipsnya saya harus bgmn ya om Rafauli?[/quote]

Kegigihan adalah kunci dari keberhasilan, medsos adalah satu dari sekian banyak tempat promosi, kurang PD adalah malu, dan malu adalah sifat manusia, kalau mau maju buang rasa malu itu. selama kita masih mau usaha maka jgn pernah mengedepankan rasa itu.

Tidak tercapai kuota adalah hal biasa dalam sebuah Trip, tinggal kita harus berusaha lebih gigih untuk mempromosikan trip2 kita yang lain, gak perlu yang berbayar, dari yang gratisan aja, banyak kok forum di medsos yang bisa kita pakai untuk promosi. Kami juga pernah mengalami hal tersebut, kami juga pernah kalah bersaing dalam promosi trip, tapi semua harus kita syukuri, jadikan itu sebagai pemicu untuk kita berusaha lebih gigih, bukan menjadikan itu semua ganjalan untuk kita berusaha, sehingga kita berhenti untuk menjalankan ini semua.

Intinya, kita besar bukan karena sebuah nama, kita besar karena kita berusaha, mulai dari kecil dan menjadi besar adalah pelajaran yang harus kita jalani, agar kita tau bagaimana rasanya menjalankan itu semua.

Suka 0
Rendy Bp
Rendy Bp
Rendy Bp Newbie
pd. 12 Mei 2015, 21.51

Saya baru mencoba belajar jd TO,
Beberapa kali coba membuka open trip.
Sampai saat ini blm ada yg terlaksana karena alasan
Pesertanya gak mencukupi.
Saya gencar promosi di sekitaran teman-teman dekat saja,
Saya tidak pernah promosi di media sosial karena sya kurang PD.
Kira-kira, tipsnya saya harus bgmn ya om Rafauli?

Suka 0
Petualang Indonesia
Petualang Indonesia
Petualang Indonesia Super Hero
pd. 12 Mei 2015, 13.09

mulai dari yang kecil aja gpp om

yang penting hal2 yang udah disebutin pak rafauli itu dilakukan terus menerus, ga ada kesuksesn yang instan...

barangkali untuk awalnya bisa jalin kerjasama dengan temen2 TO yang lebih besar...

Suka 0
Rendy Bp
Rendy Bp
Rendy Bp Newbie
pd. 12 Mei 2015, 3.00

Saya baru mencoba belajar jd TO,
Beberapa kali coba membuka open trip.
Sampai saat ini blm ada yg terlaksana karena alasan
Pesertanya gak mencukupi.
Saya gencar promosi di sekitaran teman-teman dekat saja,
Saya tidak pernah promosi di media sosial karena sya kurang PD.
Kira-kira, tipsnya saya harus bgmn ya om Rafauli?

Suka 0
Petualang Indonesia
Petualang Indonesia
Petualang Indonesia Super Hero
pd. 11 Mei 2015, 21.32

Mantap om Rafauli,

Sebagai sesama tour organizer memang perlu banget kita mengedepankan hal2 di atas, terutama buat yang baru akan memulai.

Kita ga takut bersaing atau kehilangan rejeki kok selama bisa harmonis.

Karna kalo hal2 di atas dilanggar 1 TO aja, yang kena imbasnya TO2 yg lain juga.

Mungkin saya ingin menambahkan sedikit

9. Komitmen
Walau kelihatannya sama aja dengan "Niat", tapi komitmen ini juga penting. Karna kadang ketika membuat sebuah tim, sudah bukan rahasia bagaimana beratnya menyatukan isi kepala dan egoisme masing2.

jadi komitmen untuk maju atau mundur bersama itu perlu banget buat mencapai kesuksesan, mau jadi bawahan atau atasan kalo g didukung komitmen yang baik mungkin masih bisa bertahan cukup lama, tapi akan susah untuk maju dan berkembang

Suka 0

© backpackerindonesia.com