Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

TIPS MURAH MERIAH TRIP KE BROMO

Meydisya
Meydisya, pada 8 Feb. 2014, 12.34
di Blog

Salam ransel semuanya!
Kali ini gue mau menceritakan dan lebih tepatnya memberi tips untuk kalian-kalian yang mau backpacker ke Gn. Bromo dengan budget yg sangat minim dan teman yg minim juga untuk diajak share cost :malu:

Well, emg bromo mahal ya? Jawabannya adalah TIDAK.
Tiket masuk bromo ga mahal. Tapi seperti yg kita tau Mobil Jeep yg harus disewa untuk naik ke Bromo nya yg mahal. Tarif nya beragam, silahkan check sendiri di google (thats why we have internet ryt?) kalo rombongan sih gapapa, tp kl buat yg cuma berdua atau ber 4 atau YANG MAU MERASAKAN SENSASI BARU silahkan ikuti tips ini hehehe.

1st!
Bagi yang diluar Malang, tapi masih di wilayah Jawa, bisa naik kereta ke Malang. Cari yang ekonomi aja, murah meriah dan ga sejelek yg dulu gue kira. Kereta dan toiletnya masih manusiawi. AC juga dingin. Cuma mungkin kursinya bikin pegel karna gabisa diturunin ke belakang layaknya eksekutif.
Bagi yang diluar Jawa, selain naik pesawat, mungkin bisa pake kapal ke Surabaya lalu lanjut kereta. Tapi itu tempur bgt sih :capek:

2nd!
Setelah sampai di Malang, cari tempat penyewaan motor! (kalo kalian berdua)
Penyewaan motor di Malang beragam sih ada yang 40-50rb 24jam. Mungkin ada yg lebih murah lg tp saya gak tahu :victory: hehe

3rd!
Setelah udh dapet motor, THE JOURNEY BEGIN!!
Bentar, tergantung sih kalian mau berangkat jam brp tp gue saranin berangkat jam 10 dari Malang, karna biar dapet sunrise dipuncak bromo yg totally worth it sama capek kita. Perjalanan Malang-Bromo kira2 2-3jam pake motor
Jalannya gampang, PAKE GPS! hehehe. It's time to use ur phone. GPS akan memudahkan lo untuk sampai ke bromo. Sebenernya itu tinggal lurus2 aja sih, jadi kalo tiba-tiba ditengah hutan GPS kalian ga jalan karna ga dapet sinyal, ikuti aja jalannya, lurus-lurus terus dan berharap ga nemu yg aneh2 dan nyampe Bromo, jgn lupa baca doa! (pengalaman pribadi hehehe)

4th!
Selama diperjalanan kalian ke Bromo mungkin kalian akan ketemu sesama pejuang motor yang mau naik ke bromo juga. Kalian sok-sok akrab aja biar bisa minta bantuan nnti kalo ada apa-apa. Karna di padang pasir nnti kalian akan sangat membutuhkan pertolongan orang lain!
Singkat cerita ketika sampai di Bromo kalian akan membayar tiket masuk taman nasionalnya seharga ........brp ya lupa. tapi ganyampe 20rb kok. Abis dari pos itu kalian jalan naik lg terus pake motor (karna di pos itu biasanya tmpt org2 berpindah dari kendaraan mereka ke Jeep sewaan mereka)
Ketika nyampe di persimpangan Bromo-Semeru, nnti kalian akan ketemu warung disana, gue saranin istirahat ngopi-ngopi aja dulu disana. Apalagi kalo kalian nyampe jam 12-2. Karna sunrisenya masih lama, dan lumayan buat ngumpulin energi buat naik ke bromo yg SUPER TEMPUR nnti! Percaya sama gue lo membutuhkan istirahat disini dulu!

5th!
Sekitar jam 2 atau stngh 2 naiklah kalian ke Bromo. Menggunakan motor lg. Ikuti jalan aja, sama ikuti temen2 sesama motor lainnya kalo ketemu hehe
TANTANGAN SEBENARNYA BERADA DISINI!
Pertama kalian akan melewati Padang Pasir. Sesungguhnya ini alasan knp ke Bromo pake Jeep. tapi kan ini smua ttg budget dan SENSASI BARU kan?! hahaha. Jalan di Padang Pasir pake motor ini bisa dikatakan NYARI MATI! Karna licin dan susah banget, kalian harus berkali-kali turun dari motor untuk ngedorong motor, kalian akan berkali-kali jatoh dari motor karna licin bgt! Tapi tenang, gabakal sakit kok, karna ini 100% pasir. Jadi empuk.
Mungkin di Padang pasir ini adalah tmpt yg gaakan lo lupakan selama perjalanan Bromo lo. Karna ditengah kesulitan yg akan lo alami, lo akan mendapatkan waktu lebih lama tidur-tiduran dipasir, menatap langit terbuka yg bintangnya bagaikan diplanetarium!!! Bintangnya bnyk1000000x bgt!! Hal yg gaakan didapatkan bagi mereka yg naik Jeep dan biasanya saking pw di Jeep malah ketiduran didalemnya atau sibuk cekikikan sama yg lain.

6th!
Setelah melewati padang pasir kalian akan jalan menanjak untuk ke puncak bromo. Tandanya kalian melewati padang pasir ini adalah kalian akan kembali melihat kehidupan hehehe. Sebelum jalan naik keatas biasanya ada warung, atau api unggun atau tukang jualan bensin. Sebaiknya disini kalian istirahat bntr dulu, karna naik keatas itu juga cukup tempur. Disini kalian bisa ngangetin badan bentar, beres-beres motor atau isi bensin kalo sekiranya bensin ga cukup.

SAATNYA NAIK!
Jangan kelamaan jg istirahatnya, jangan lupa liat jam biar ga ketinggalan sunrise! Naik keatas ini kalian ttp menggunakan motor, tanjakannya sangat nanjak! Dibutuhkan skill pengendara motor yg handal disini hahaha, kalo nnti ga kuat nanjak kalian jangan malas untuk turun dari motor dan ngedorong motornya yah:) Gak setempur di Padang pasir kok, tapi cukup menguras tenaga juga:) SANGAT! Diatas inilah saatnya motor kalian diparkirkan dan lanjut jalan kaki, semua kendaraan berakhir disana, karna kalian tinggal naik tangga untuk ke puncak bromo melihat sunrise.
TIPS: Cari spot yg enak untuk melihat sunrise, jgn istirahat dibelakang2 karna nnti kalian akan susah nyari spot untuk melihat golden sunrise yg super indah yg pastinya gamau kamu lewatkan untuk foto-foto dan lainnya.

Seketika kamu melihat sunrise dan awan dibawah kalian dan gunung bukit2 disekitar kalian, kalian akan SANGAT MERASA PUAS. Rasanya psti beda sm yg ga pake perjuangan kesana! PERCAYA LAH! hehe

ESTIMASI BIAYA: (Dari Malang)
Sewa Motor (24jam): 40.000-50.000
Biaya Masuk Bromo: 10.000-20.000
Bensin Motor: FULL TANK (Kira-kira sendiri)
Bisa dikira-kira patungan berdua (karna motor kan untuk 2org)
Makan: 20.000 (bisa 2x, lebih irit lg kalo bawa sendiri aja)

YANG WAJIB DIBAWA:
JAKET YG TEBEL (Pastikan lo hangat, karna disana dinginnya ga main2)
HELM dan segala persiapan motor lainnya.

Note:
Semua yg gue tulis disini berdasarkan pengalaman pribadi.
Mohon jgn diikuti kalo tdk siap, hahaha. Karna pas gue pergi untungnya gue bertemu sekawanan org lainnya yg naik motor jg dan gue tinggal ngikutin mereka di padang pasir yg super tempur itu.
Tapi buat kalian yg ingin merasakan perjalan super seru silahkan dicoba!! Hehe

I am a traveller, not a tourist.
Salam Ransel!
:bye:


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

AliaS
AliaS
AliaS Pro.
pd. 26 Sep. 2015, 20.40

Kalo ga tau naik motor bijimana? Ane rencana berdua ama tmn ane cwe juga yg dua2nya totally ga tau naik motor. kami sih rencananya ga pgn pake travel mau sndiri aja tp dg budget minim.. Bisa ga yaa?

Suka 0
kackdir
kackdir
kackdir Newbie
pd. 25 Juli 2015, 11.27

cool men :)

Suka 0
gobromo
gobromo
gobromo Super Hero
pd. 13 Feb. 2015, 23.14

Ke Bromo nggak harus lewat Malang gan, Lewat Surabaya lebih cepat & praktis.
OpenTrip Gunung Bromo & air terjun Madakaripura (meeting point Surabaya)
Tanpa minimal peserta, satu orang bisa bergabung, tiap akhir pekan berangkat.
Meeting point Sabtu 22:00 WIB di
* Bandara Juanda Surabaya 21:30
* Parkiran Mobil Pribadi Terminal Bungurasih 22.00
* Stasiun KA Pasar Turi 23.00
Tiba kembali di Surabaya minggu pukul 18:00-19:00 WIB
Biaya : 300rb/pax (tanda Jadi DP: 150 rb bisa via BCA/Mandiri)
Hubungi: HP/WA : 0822 4542 7800 BBM : 797CBECD
silahkan klik http://goo.gl/aFGH7E

Suka 0
noor.qomariyaa
noor.qomariyaa
noor.qomariyaa Newbie
pd. 10 Maret 2014, 2.37

itu jalan yg lurus2 aje lewat jalur yg buat ke casablanca bukan?

Suka 0
tomy squidi
tomy squidi
tomy squidi Newbie
pd. 5 Maret 2014, 10.34

Boleh di coba tuh, apalagi sama yang tersayang :nyimak:

Suka 0
nadiah assegaf
nadiah assegaf
nadiah assegaf Newbie
pd. 15 Feb. 2014, 19.39

woooooooow seru banget kayanya hahah nguji nyali abis :jempol:
patut di cobaaa :keren:

Suka 0
zaimazmi
zaimazmi
zaimazmi Newbie
pd. 13 Feb. 2014, 10.51

kalo nyewa motor dari probolinggo lebih enak mana ya sama dari malang? :bingung:

Suka 0
Meydisya
Meydisya
Meydisya Newbie
pd. 12 Feb. 2014, 19.30

Waduh si masnya lebih ekstrim lg mainannya bolos sma ke bromo *sungkem*

Suka 0
Meydisya
Meydisya
Meydisya Newbie
pd. 12 Feb. 2014, 19.29

Emang lumayan bnyk jg gan yg pake trail gt ke Bromo nya, harus dicoba sekali2!! :keren:

Suka 0
Meydisya
Meydisya
Meydisya Newbie
pd. 12 Feb. 2014, 19.25

Hehehe uji nyali yg sangat mengasyikan tp!! :jempol:

Suka 0

© backpackerindonesia.com