Selamat datang di forum BACKPACKER INDONESIA

Selamat datang di backpackerindonesia.com, Sebuah forum seputar backpacking dan traveling. Untuk bertanya atau diskusi dengan backpacker lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.

Klik di sini untuk mendaftar!

PANDUAN MEMILIH AJAKAN TRIP ( SHARING COST / TOUR & TRAVEL )

185 posts / 0 new
Last post
Ncess's picture
Ncess
Offline
Jr. Member
Joined: 2013-07-25
PANDUAN MEMILIH AJAKAN TRIP ( SHARING COST / TOUR & TRAVEL )

bagi rekan-rekan backpaker yang :
- belum banyak tau mengenai destinasi wisata, perkiraan biaya, maupun contact person terkait
- enggan mengatur perjalanan dan pergi seorang diri
- tidak punya waktu mengumpulkan orang2 yang hendak diajak berpergian bersama

yang akhirnya memutuskan untuk mengikuti ajakan trip pengada trip ( TS ), hendaknya kenali dulu tipe TS yang kalian inginkan.

1. SHARING COST
tipe ts ini adalah ts yang membuat ajakan trip tanpa memungut biaya jasa, semua biaya yang dibudgetkan hanya untuk keperluan trip seperti : transportasi, akomodasi, konsumsi, biaya masuk dan perijinan, dan guide/instruktur.

poin + :
selain biaya yang kita keluarkan lebih murah dari paket tour, kita juga bisa mempelajari budgeting dari destinasi tsb( apabila dibuka transparan di forum ajakan trip nya ). dan biasanya mereka bersedia memberikan informasi contact person terkait trip, sehingga kita punya refrensi contact apabila hendak kembali mengunjungi destinasi tersebut nanti nya.

pertanyaan :

1. lalu biaya tlp dan inet ( marketing/promosi ajakan trip ) si TS apakah termasuk ke dalam budget trip?
harusnya menjadi budget pribadi, karena peserta lainnya juga mengeluarkan biaya yang sama

2. apakah biaya perjalanan TS ditanggung rombongan ( dimasukan ke budget trip ) ?
harusnya tidak.
pengalaman saya sebagai TS biasanya saya dapat jatah gratis dari orang kapal/ cathering/ dll, karena saya bawa rombongan banyak ( pintar2 si TS saja melobi contact person masing-masing )

3. apakah bisa dijadikan jaminan bahwa budget trip lebih murah dari tour&travel ? tidak juga.
karena setiap TS punya contact person yang berbeda-beda dengan harga yang bervariasi juga. ada baiknya untuk membandingkan dengan ajakan trip lainnya dan pilihlah yang sesuai dengan gaya trip dan budget kita

2. Tour & Travel / Travel Agent
tipe ts ini adalah ts yang membuat ajakan trip dengan memungut biaya jasa.
biasanya mereka tidak memberikan informasi rincian biaya, hanyak informasi paket tour yang mereka jual saja.

poin + :
mereka mengatur hampir semua keperluan utama saat trip dan sudah membuat susunan acara, kita tinggal duduk manis dan menikmati tiap objek wisata dengan lebih maksimal

pertanyaan :

1. apakah yang harus dipertimbangkan dalam memilih TA dan menghindari penipuan ?
- tidak ada salahnya membandingkan harga antara 1 TA dg yang lainnya.
cari trip dg destinasi sama di next trip atau coba browsing ajakan trip dengan destinasi sama, bandingkan harga yang masih update ( misal : periode keberangkatan di tahun yg sama / setelah kenaikan bbm )

- selain itu usahakan utk mengetahui reputasi TA, dengan bertanya pada agan/wati yang pernah ikut trip si TA sebelumnya ( buka saja menu 'track' di profile TA dan coba kirim private message ke beberapa peserta si TA )

- lihat dan pelajari informasi pribadi si TA ( stalking facebook, twit, path,etc ), untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin mengenai TA.

2. bagaimana kalau kita tertipu ?
- sedapat mungkin coba di selesaikan secara kekeluargaan dengan si TA. apabila tidak ada respon positif dari TA, kita bisa mengikhlaskan atau melanjutkan ke jalur hukum

- apabila permasalah seperti keterlambatan atau keteledoran TA saat trip yang menyebabkan kita tidak menikmati fasilitas yang dijanjikan, komunikasikan dulu dengan pihak penyeleggara trip. apabila dampaknya sangat merugikan, kita bisa minta kompensasi atau pengembalian biaya sesuai dengan kerugian yang kita alami.

alasan saya menjadi TS :
-dapat menentukan tanggal perjalanan
-dapat menentukan itinerary ( lebih lama disuatu tpt bagus, dan sekedar lihat/foto saja spot yg biasa saja )
-mempunyai banyak kenalan baru di tiap daerah dan teman seperjuangan trip

tips membuat trip sendiri :
- untuk mencari contact person, tidak harus sudah pergi ke suatu tempat untuk bisa membuat trip kesana, cukup browsing di google, kaskus, etc.
- jangan lancang juga bertanya ke org yg belum dikenal mengenai contact person. lebih baik dan santun, membuat forum sendiri untuk bertanya.
- coba baca artikel2 perjalanan orang lain dan buat itinerary / rundown destinasi tujuan
- jangan takut membuat trip sendiri, silahkan minta masukan dari para sesepuh bpi di forum atau minta bantuan dari calon peserta

happy backpacking n travelling Love

sdanang's picture
sdanang
Offline
Jr. Member
Joined: 2011-12-21
bujet ke gepang

mantap responnya kaka'
seperti inikah contohnya:

bujet ke Gede Pangrango via Cibodas:

Bus Rambutan - Cibodas: 15.000 x2
Angkot Pertigaan Cibodas - Basecamp: 2000 x2
Simaksi: 8000
Total: 42.000

*pendakian 2012

I want to run through the jungle,The wind in my hair and the sand at my feet |Pendaki Mellow's Notes

Ncess's picture
Ncess
Offline
Jr. Member
Joined: 2013-07-25
detail

sdanang wrote:
mantap responnya kaka'
seperti inikah contohnya:

bujet ke Gede Pangrango via Cibodas:

Bus Rambutan - Cibodas: 15.000 x2
Angkot Pertigaan Cibodas - Basecamp: 2000 x2
Simaksi: 8000
Total: 42.000

*pendakian 2012

bagus om, ada update tanggalnya.
mungkin spt detailnya juga perlu om, bus ac atau non ac ( klo perlu ada nama bus nya..hahaha), lalu itu angkot reguler ato charter?

mazyan's picture
mazyan
Offline
Moderator
Joined: 2011-04-05
verified
nice info

sip....buwat TS..

monggo dilanjut

penggunaan QUOTE | ""saia belajar dan tumbuh besar disini"" | Jangan dibaca !!! dipahami aja | kenali negerimu, jelajahi negerimu | 7511B086

OhMasGat's picture
OhMasGat
Offline
Semi-Newbie
Joined: 2010-07-22
*nyimak*

*nyimak*

Jangan tertipu warna kulit, suku, agama dan ras...
Kita semua satu... indONEsia..

Yayan Kuswara's picture
Yayan Kuswara
Offline
Full Member
Joined: 2012-04-06
Info Budgeting Krakatau

Bukan bermaksud membandingkan Harga dengan TA
Cuman mau share info Budget Share Cost Trip Krakatau kemaren (24-25 Mei 2013)
Semoga Bermanfaat

Starting Point Pelabuhan Merak

- Kapal Penyebrangan [Merak - Baka - Merak] (PP) = Rp. 23.000,-
- Charter Angkot [Baka - Canti - Baka] (PP) = Rp. 300.000,-/10 Orang ~> @ Rp. 30.000,-
- Sewa Kapal Kayu [2H1M] = Rp. 3.000.000,-/30 Orang ~> @ Rp. 100.000,-
- Homestay = Rp. 200.000,-/10 Orang ~> @ Rp. 20.000,-
- Makan [4x Makan] = Rp. 60.000,-
- Perizinan Krakatau = Rp. 300.000,-/Kapal ~> @ Rp. Rp. 10.000,-
- Biaya Masuk P. Sebesi = Rp. 2.000,-

Total Budget = +- Rp. 245.000,-
Seinget ane sih begitu budgetingnya, nanti kalo ada yang kurang di edit daahh

Semoga bermanfaat

Salam NubiPacker

Ditunggu Budgeting Derawan

Ncess's picture
Ncess
Offline
Jr. Member
Joined: 2013-07-25
update setelah juni 2013

Yayan Kuswara wrote:
Bukan bermaksud membandingkan Harga dengan TA
Cuman mau share info Budget Share Cost Trip Krakatau kemaren (24-25 Mei 2013)
Semoga Bermanfaat

Starting Point Pelabuhan Merak

- Kapal Penyebrangan [Merak - Baka - Merak] (PP) = Rp. 23.000,-
- Charter Angkot [Baka - Canti - Baka] (PP) = Rp. 300.000,-/10 Orang ~> @ Rp. 30.000,-
- Sewa Kapal Kayu [2H1M] = Rp. 3.000.000,-/30 Orang ~> @ Rp. 100.000,-
- Homestay = Rp. 200.000,-/10 Orang ~> @ Rp. 20.000,-
- Makan [4x Makan] = Rp. 60.000,-
- Perizinan Krakatau = Rp. 300.000,-/Kapal ~> @ Rp. Rp. 10.000,-
- Biaya Masuk P. Sebesi = Rp. 2.000,-

Total Budget = +- Rp. 245.000,-
Seinget ane sih begitu budgetingnya, nanti kalo ada yang kurang di edit daahh

Semoga bermanfaat

Salam NubiPacker

Ditunggu Budgeting Derawan

ini harga sblm bbm naik yah ?? terakhir contact kesana, harga sudah segini :
- Kapal Penyebrangan [Merak - Baka - Merak] (PP) = Rp. 23.000,- jadi 26.000 pp
- Charter Angkot [Baka - Canti - Baka] (PP) = Rp. 300.000,-/10 Orang ~> @ Rp. 30.000,- jadi 400rb isi 10 org
- Sewa Kapal Kayu [2H1M] = Rp. 3.000.000,-/30 Orang ~> @ Rp. 100.000,- jadi 3.200.000
- Homestay = Rp. 200.000,-/10 Orang ~> @ Rp. 20.000,- harga tdk berubah
- Makan [4x Makan] = Rp. 60.000,- jadi 80.000
- Perizinan Krakatau = Rp. 300.000,-/Kapal ~> @ Rp. Rp. 10.000,- yg ini ane blm dpt update
- Biaya Masuk P. Sebesi = Rp. 2.000,- yg ini ane blm dpt update

Yayan Kuswara's picture
Yayan Kuswara
Offline
Full Member
Joined: 2012-04-06
iya H-1 Sebelum kenaikan

iya H-1 Sebelum kenaikan harga BBM

Tapi minggu kemaren baru kesana lagi
Gak beda jauh sama hasil Revisi diatas

mahmud's picture
mahmud
Offline
Newbie
Joined: 2013-01-04
sharing yang bermanfaat

sharing yang bermanfaat Smile

Sifufu's picture
Sifufu
Offline
Jr. Member
Joined: 2013-08-11
Peucang

Ada yang bisa bantu koordinir grup 20 orang ke peucang?
Kalau ada japri saya yah.

Serius.
Saya sudah hub beberapa penyelenggara, tapi ga da yang serius.

Ncess's picture
Ncess
Offline
Jr. Member
Joined: 2013-07-25
Full

kickyn wrote:
Ada yang bisa bantu koordinir grup 20 orang ke peucang?
Kalau ada japri saya yah.

Serius.
Saya sudah hub beberapa penyelenggara, tapi ga da yang serius.

Hahaha..buat kapan om?
Sampe 14/16 okt penginepan dipeucang ud full utk weekend nya. Ada penginapan yg vip 800an deh perkamar Big smile

Sifufu's picture
Sifufu
Offline
Jr. Member
Joined: 2013-08-11
Thanks

Ncess wrote:

Hahaha..buat kapan om?
Sampe 14/16 okt penginepan dipeucang ud full utk weekend nya. Ada penginapan yg vip 800an deh perkamar :bigsmile:

Sdh japri yah. Semoga bisa masuk

cmietamagotchi's picture
cmietamagotchi
Offline
Newbie
Joined: 2013-09-03
nice inpoh

Nice Info..thanks for sharing

greencow's picture
greencow
Offline
Newbie
Joined: 2013-05-18
bermanfaat banget infonya


bermanfaat banget infonya

ada yang bisa kasih rincian share cost untuk ke derawan buat 10-15orang kisaran brp ya gan?

Revandhiya's picture
Revandhiya
Offline
Jr. Member
Joined: 2012-09-12
Ulasan yg sangat cerdas; tp

Ulasan yg sangat cerdas; tp ane mau koreksi sedikit: "sisi minus dari sharing cost itu justru sebenarnya adalah sisi Plus"
Kebetulan ane sejatinya adalah solo traveler, tp setelah beberapa kali ikut trip sharing cost; justru berdampak positif buat ane.

saat trip sharing cost, Ane belajar utk tdk egois, tdk memaksakan kehendak, belajar mengambil keputusan bersama secara mufakat (tp tetap menanggung resikonya bersama sekalipun itu bukan keputusan yg ane inginkan), siap membantu rekan2 lain yg terlihat lemah secara fisik atau pemula dan belajar utk menyikapi kejadian seburuk apapun dgn tetap gembira sambil menari dan menyanyi macam orang tdk waras. hehe.

utk TA, ane belon pernah ikut jd ga bisa komeng, tp keknya enak tuh, klo ada yg ga sesuai perjanjian/rencana: kita bisa protes dan minta Kompensasi hehehe

ikutan sharing contoh budget buat yg mau touring ke Flores ahh, semoga kedepannya makin bnyk dr forum ini yg mengikuti jejak kita touring mtr dr JKT:

contoh budget Touring 17 hari JKT - flores - JKT
Spoiler: Highlight to view

Total waktu = 17 hari
Total jarak tempuh darat = 5200Km (on GPS)
01) Bensin Premium=900rb
02) Ferry (mtr + rider)= 658rb
a) jawa - bali= 19rb X2 (PP) = 38rb
b) Bali Lombok = 112rb X2 (PP) = 224rb
c) Lombok - Sumbawa = 53rb X2 (PP) = 106rb
d) Sumbawa - Flores = 145rb X2 (PP) = 290rb
03) sewa Perahu 2hari ke P Komodo dan sekitarnya + Makan = 3jt / 7 org =429rb
*klo sendiri atau berdua bisa ikut Agen seharga 750rb/org (cari yg dekat Cafe Italy)
04) restribusi P Komodo & Rinca + guide *lupa, klo ga salah total = 50rb
05) restribusi + parkir di kelimutu = 7rb
06) penginapan di Kelimutu = 200rb /3 org = 67rb
07) Penginapan di Labuan Bajo = 130rb X 2hr /3 org = 87rb
08) penginapan di kota Sumbawa besar = 100rb / 3or = 34rb
09) Penginapan di Sape = 50rb / 3org = 17rb
10) sewa peralatan snorkeling + finn 2hari = 60rb
11) 1 x nginap gratis di labuan Bajo (kostan milik rekan sailing), 3X gratis nginap di Bali, 1 kali nginap gratis di Larantuka dan sisanya tidur 2-4 jam di SPBU
total hitung sendiri ya..pokoknya ane total habis sekitar 3,5 jt termasuk rokok & 3 X ganti Oli (JKT sblm brkt, kota Sumbawa besar saat brkt & Lombok pas pulang).
yg mahal dimakan, sekali makan di Sumbawa & Flores kisaran 40 - 60rb (ane makannya banyak).

utk penginapan di kelimutu ini CP nya:
Pak Rustam 081236873333. penginapannya sangat nyaman terdiri dr 1 rmh, dibawah ini penampakannya dr depan:

Penginapan favorit para bikers antar pulau di Ds Moni
Spoiler: Highlight to view

*catatan: klo mau bawa mtr ke Flores sebaiknya copot semua atribut Club / komunitas mtr dan usahakan masuk kota2 besar di Sumbawa saat malam dan gas pol aja, klo tdk pasti akan dicegat, dipaksa mampir & dijamu oleh komunitas mtr lokal. Sangat menyenangkan.. tapi "keramahan mereka justru membuang waktu kita" hehe

Travelling in a car is like watching a film... Riding a motorbike is like starring in it

Indra.Sennenergie.Prasetyo's picture
Indra.Sennenerg...
Offline
Newbie
Joined: 2013-08-19
walaupun shaaring cost tetap

walaupun shaaring cost tetap ditanyakan juga run down, jangan sampai shaaring cost tanpa run down jelas, niatnya mencari trip murah dan flexibel malah jadi spontanitas yang tidak mempunyai orientasi... Ujung-ujungnya waktu dan uang terbuang.

Run down wajib ditanyakan, dari kota A ke kota tujuan naik apa? melanjutkan ke destinasi pakai apa, sudah dibooking atau belum. Bahkan jika perlu rencana cadangan jikalau trip batal karena cuaca dan ketersediaan transport ke lokasi...

Gervas Olla's picture
Gervas Olla
Offline
Newbie
Joined: 2012-02-10
betul juga, biar jelas dan

betul juga, biar jelas dan jadinya bisa buat perhitungan cost nya lebih detail.

Mataram Adventure's picture
Mataram Adventure
Offline
Jr. Member
Joined: 2013-09-04
ijin menyimak ya gan.

ijin menyimak ya gan. tertarik perkembanganya

gregoryjnsn's picture
gregoryjnsn
Offline
Newbie
Joined: 2013-06-22
Nice post

Thanks om masukannya! Sangat bermanfaat Wink

Salam Ransel!

Adinda Amabel-Travel's picture
Adinda Amabel-Travel
Offline
Semi-Newbie
Joined: 2013-09-10
nyimak aja..newbie..

nyimak aja..newbie..

ale's picture
ale
Offline
Newbie
Joined: 2013-09-12
mantau

nice info

juliusdwi's picture
juliusdwi
Offline
Newbie
Joined: 2013-09-20
nice info

..mkasiiii sangat bermanfaat

aang.holic's picture
aang.holic
Offline
Newbie
Joined: 2013-09-23
nuhun infona teteh

nuhun infona teteh

WisataGunung.com's picture
WisataGunung.com
Offline
BPI Super Hero
Joined: 2012-01-23
verified
Budget Gede-Pangrango

Ncess wrote:
sdanang wrote:
mantap responnya kaka'
seperti inikah contohnya:

bujet ke Gede Pangrango via Cibodas:

Bus Rambutan - Cibodas: 15.000 x2
Angkot Pertigaan Cibodas - Basecamp: 2000 x2
Simaksi: 8000
Total: 42.000

*pendakian 2012

bagus om, ada update tanggalnya.
mungkin spt detailnya juga perlu om, bus ac atau non ac ( klo perlu ada nama bus nya..hahaha), lalu itu angkot reguler ato charter?

Walaupun ane tour & Travel, ane juga kagak pelit ngasih tau standar harga x non

Berikut begini, sepengalaman ane ngadain trip Gede-Pangrango. Harga Saat ini loh, coba aja berangkat ke Gepang sendiri klo gak percaya. !!!

Via Cibodas : Jkt-Cibodas
1. Bus pp : 20.000 x 2 = 40.000
2. Angkot pp : 5000 x 2 = 10.000

Via Putri :
1. Bus PP : 20.000 x 2 = 40.000
2. Angkot Depan istana Cipanas - Putri : 80.000-100.000/angkot. Share Cost aja ke 10 orang terus di x 2.

Jika Lintas jalur Cibodas - Putri, Putri - Cibodas.
1. Bus PP : 20.000 x 2 : 40.000
2. Ankot Istana Cipana - Putri : 80rb-100rb/angkot. Share Cost 10 orang.
3. Angkot Cibodas - Pertigaan Cibodas : 5000

Jumlahin aja yah sendiri.
Biaya di atas itu jika berangkat dari Jakarta KP. Rambutan loh, beda kalo berangkat dari bogor, bandung, bekasi, tentu saja akan lain.

Okeh selain Transport.

1. Simaksi :
a. Lewat TNGP : 7000 (PERTANYAAN APAKAH TEMAN-TEMAN SAAT INI BISA NGURUS LEWAT TNGP???? DIJAMIN DIBILANG FULL QUOTA)

Alternatif krn di TNGP penuh,
b. Lewat Green Ranger : Harga Perorang bervariasi tergantung keadaan, 15rb, 30rb, 20rb, 40rb.Tergantung kondisi politik di cibodas mengenai kuota.

c. Lewat Link Warga Sekita : 15rb.

2. Logistik
Anggap saja perorang keluar duit 50rb untuk logistik makan 2H1M. Kalo kurang ya bagus.

3. Perlengkapan
Jika sewa perlengkapan? seperti tenda? dll keluar biaya juga kan?

4. Makan tak terduga :
Hitung aja masing-masing orang

hehehe

Sista & Brotha, budget tiap tempat itu tidak bisa diprediksi. Yang bisa diprediksipun kadang-kdang bisa membengkak. Semua itu tergantung kondisi ekonomi, politik, pengeluaran tak terduga dan kondisi force majeure.

Regards,

ASe

wisatagunung logo

WisataGunung.com's picture
WisataGunung.com
Offline
BPI Super Hero
Joined: 2012-01-23
verified
Budget TNGP

ASE_Adventure wrote:
Ncess wrote:
sdanang wrote:
mantap responnya kaka'
seperti inikah contohnya:

bujet ke Gede Pangrango via Cibodas:

Bus Rambutan - Cibodas: 15.000 x2
Angkot Pertigaan Cibodas - Basecamp: 2000 x2
Simaksi: 8000
Total: 42.000

*pendakian 2012

bagus om, ada update tanggalnya.
mungkin spt detailnya juga perlu om, bus ac atau non ac ( klo perlu ada nama bus nya..hahaha), lalu itu angkot reguler ato charter?

Walaupun ane tour & Travel, ane juga kagak pelit ngasih tau standar harga x non. hehe

Berikut begini, sepengalaman ane ngadain trip Gede-Pangrango. Harga Saat ini loh, coba aja berangkat ke Gepang sendiri klo gak percaya. !!!

Via Cibodas : Jkt-Cibodas
1. Bus pp : 20.000 x 2 = 40.000
2. Angkot pp : 5000 x 2 = 10.000

Via Putri :
1. Bus PP : 20.000 x 2 = 40.000
2. Angkot Depan istana Cipanas - Putri : 80.000-100.000/angkot. Share Cost aja ke 10 orang terus di x 2.

Jika Lintas jalur Cibodas - Putri, Putri - Cibodas.
1. Bus PP : 20.000 x 2 : 40.000
2. Ankot Istana Cipana - Putri : 80rb-100rb/angkot. Share Cost 10 orang.
3. Angkot Cibodas - Pertigaan Cibodas : 5000

Jumlahin aja yah sendiri.
Biaya di atas itu jika berangkat dari Jakarta KP. Rambutan loh, beda kalo berangkat dari bogor, bandung, bekasi, tentu saja akan lain.

Okeh selain Transport.

1. Simaksi :
a. Lewat TNGP : 7000 (PERTANYAAN APAKAH TEMAN-TEMAN SAAT INI BISA NGURUS LEWAT TNGP???? DIJAMIN DIBILANG FULL QUOTA)

Alternatif krn di TNGP penuh,
b. Lewat Green Ranger : Harga Perorang bervariasi tergantung keadaan, 15rb, 30rb, 20rb, 40rb.Tergantung kondisi politik di cibodas mengenai kuota.

c. Lewat Link Warga Sekita : 15rb.

2. Logistik
Anggap saja perorang keluar duit 50rb untuk logistik makan 2H1M. Kalo kurang ya bagus.

3. Perlengkapan
Jika sewa perlengkapan? seperti tenda? dll keluar biaya juga kan?

4. Makan tak terduga :
Hitung aja masing-masing orang

hehehe

Sista & Brotha, budget tiap tempat itu tidak bisa diprediksi. Yang bisa diprediksipun kadang-kdang bisa membengkak. Semua itu tergantung kondisi ekonomi, politik, pengeluaran tak terduga dan kondisi force majeure.

Regards,

ASe

wisatagunung logo

WisataGunung.com's picture
WisataGunung.com
Offline
BPI Super Hero
Joined: 2012-01-23
verified
Budget Gede-Pangrango

ASE_Adventure wrote:
ASE_Adventure wrote:
Ncess wrote:
sdanang wrote:
mantap responnya kaka'
seperti inikah contohnya:

bujet ke Gede Pangrango via Cibodas:

Bus Rambutan - Cibodas: 15.000 x2
Angkot Pertigaan Cibodas - Basecamp: 2000 x2
Simaksi: 8000
Total: 42.000

*pendakian 2012

bagus om, ada update tanggalnya.
mungkin spt detailnya juga perlu om, bus ac atau non ac ( klo perlu ada nama bus nya..hahaha), lalu itu angkot reguler ato charter?

Walaupun ane tour & Travel, ane juga kagak pelit ngasih tau standar harga n nomer kontak x non. hehe,,tanya aja klien2 ane,,hhe

Berikut begini, sepengalaman ane ngadain trip Gede-Pangrango. Harga Saat ini loh, coba aja berangkat ke Gepang sendiri klo gak percaya. !!!

Via Cibodas : Jkt-Cibodas
1. Bus pp : 20.000 x 2 = 40.000
2. Angkot pp : 5000 x 2 = 10.000

Via Putri :
1. Bus PP : 20.000 x 2 = 40.000
2. Angkot Depan istana Cipanas - Putri : 80.000-100.000/angkot. Share Cost aja ke 10 orang terus di x 2.

Jika Lintas jalur Cibodas - Putri, Putri - Cibodas.
1. Bus PP : 20.000 x 2 : 40.000
2. Ankot Istana Cipana - Putri : 80rb-100rb/angkot. Share Cost 10 orang.
3. Angkot Cibodas - Pertigaan Cibodas : 5000

Jumlahin aja yah sendiri.
Biaya di atas itu jika berangkat dari Jakarta KP. Rambutan loh, beda kalo berangkat dari bogor, bandung, bekasi, tentu saja akan lain.

Okeh selain Transport.

1. Simaksi :
a. Lewat TNGP : 7000 (PERTANYAAN APAKAH TEMAN-TEMAN SAAT INI BISA NGURUS LEWAT TNGP???? DIJAMIN DIBILANG FULL QUOTA)

Alternatif krn di TNGP penuh,
b. Lewat Green Ranger : Harga Perorang bervariasi tergantung keadaan, 15rb, 30rb, 20rb, 40rb.Tergantung kondisi politik di cibodas mengenai kuota.

c. Lewat Link Warga Sekita : 15rb.

2. Logistik
Anggap saja perorang keluar duit 50rb untuk logistik makan 2H1M. Kalo kurang ya bagus.

3. Perlengkapan
Jika sewa perlengkapan? seperti tenda? dll keluar biaya juga kan?

4. Makan tak terduga :
Hitung aja masing-masing orang

hehehe

Sista & Brotha, budget tiap tempat itu tidak bisa diprediksi. Yang bisa diprediksipun kadang-kdang bisa membengkak. Semua itu tergantung kondisi ekonomi, politik, pengeluaran tak terduga dan kondisi force majeure.

Regards,

ASe

wisatagunung logo

Ncess's picture
Ncess
Offline
Jr. Member
Joined: 2013-07-25
usefull post

nah ini dia nih..contoh ts tour travel yang baik hati...
kasih pencerahan ke calon pendaki, biar gak sesat budget dan sesat sampe tpt tujuan

pertama, gak bilang kalo dirimu pelit lho

kedua, ane juga punya usaha tour travel dr 2007 dan market nya dulu di tetangga, temen sekolah, temen kampus, greja, kantor, keluarga, dll. mulai 2010 aja merambah online market such as daily deals ( website penjualan voucher diskon/wisata ) bukan bpi ato kas*us.
klo di bpi sih ane share cost aja, soale suka risih sm warga bpi yg alergi dan sinis liat trip2 tour travel, entah mereka gak punya duit ato sirik
pdhl di travel ane, ane banyak rekrut anak2 bpi buat jadi crew/guide, yg jobless ato yg cari tambahan buat bayar kuliah.
hal positif koq di sirikin..ckckckck

terakhir, ane mw ikutan ah trip ente ke lawu ato ke semeru klo jumlah pesertanya gak lebih dari 10 dan cewe plg byk 2 aja. entah kapan tp yak, trip ente kan rame mulu Big smile
gak keberatan bawa tenda+alat masak sendiri lho Big smile

ASE_Adventure wrote:

Walaupun ane tour & Travel, ane juga kagak pelit ngasih tau standar harga x non

Regards,

ASe

Adi Mangunkusumo's picture
Adi Mangunkusumo
Offline
Semi-Newbie
Joined: 2012-10-27
wih keren, nice info nih,

wih keren, nice info nih, karimun jawa mana ni ia?

sambil mantengin hiiii

Iwan_hibatullah's picture
Iwan_hibatullah
Offline
Newbie
Joined: 2013-09-24
Newbie

Hai hai ! Salam kenal semuanya! Mohon bantuanya , trims

hendra_saputra's picture
hendra_saputra
Offline
Jr. Member
Joined: 2012-12-12
pahawang

mw share budget pahawang kmren 20-22 sept 2013.. masih anget euy..

bis jkta-merak pp : 42.000 (xderes)
fery pp : 26.000
angkot bakahuni-ketapang pp : 750.000
kapal di pahawng : 1 jt/ 2hr
kebersihan pahawang kećil : 20.000/kapal
retribusi kelagian : 3000/orang + kebersihan seikhlasnya
parkir angkot : 25.000

kmren ane bawa 24 orang.. per orang kena 225.000 exclude makan

berhubung ane nenda jg g ada cost homestay.. tp info yg ane dpt sih 1 jt muat 30 orang lah

tambahan dikit :
makan d ketapang : 10-15.000 tergantung lauk
mandi di kelagian : 3000
mandi di ketapang : ane sii seikhlasnya ama yg punya warung.. g tau yg laen..hehe
logistic kita bawa masing2 tp d kumpulin d makan bareng2

mungkin itu aja sedikit info dr ane yg msh nubie
bagi ane klo jd ts y resiko sibuk ndiri n pulsa abis.. tp klo mw tinggal minta ma pasukan sisa sharecost dikit jg pasti mereka ngerti ko

maaf klo berantakan.. pke hp jadul soalnya

salam dr nubie

sdanang's picture
sdanang
Offline
Jr. Member
Joined: 2011-12-21
bingung..bingung..bingung..

ASE_Adventure wrote:
Ncess wrote:
sdanang wrote:
mantap responnya kaka'
seperti inikah contohnya:

bujet ke Gede Pangrango via Cibodas:

Bus Rambutan - Cibodas: 15.000 x2
Angkot Pertigaan Cibodas - Basecamp: 2000 x2
Simaksi: 8000
Total: 42.000

*pendakian 2012

bagus om, ada update tanggalnya.
mungkin spt detailnya juga perlu om, bus ac atau non ac ( klo perlu ada nama bus nya..hahaha), lalu itu angkot reguler ato charter?

Walaupun ane tour & Travel, ane juga kagak pelit ngasih tau standar harga x non

Berikut begini, sepengalaman ane ngadain trip Gede-Pangrango. Harga Saat ini loh, coba aja berangkat ke Gepang sendiri klo gak percaya. !!!

Via Cibodas : Jkt-Cibodas
1. Bus pp : 20.000 x 2 = 40.000
2. Angkot pp : 5000 x 2 = 10.000

Via Putri :
1. Bus PP : 20.000 x 2 = 40.000
2. Angkot Depan istana Cipanas - Putri : 80.000-100.000/angkot. Share Cost aja ke 10 orang terus di x 2.

Jika Lintas jalur Cibodas - Putri, Putri - Cibodas.
1. Bus PP : 20.000 x 2 : 40.000
2. Ankot Istana Cipana - Putri : 80rb-100rb/angkot. Share Cost 10 orang.
3. Angkot Cibodas - Pertigaan Cibodas : 5000

Jumlahin aja yah sendiri.
Biaya di atas itu jika berangkat dari Jakarta KP. Rambutan loh, beda kalo berangkat dari bogor, bandung, bekasi, tentu saja akan lain.

Okeh selain Transport.

1. Simaksi :
a. Lewat TNGP : 7000 (PERTANYAAN APAKAH TEMAN-TEMAN SAAT INI BISA NGURUS LEWAT TNGP???? DIJAMIN DIBILANG FULL QUOTA)

Alternatif krn di TNGP penuh,
b. Lewat Green Ranger : Harga Perorang bervariasi tergantung keadaan, 15rb, 30rb, 20rb, 40rb.Tergantung kondisi politik di cibodas mengenai kuota.

c. Lewat Link Warga Sekita : 15rb.

2. Logistik
Anggap saja perorang keluar duit 50rb untuk logistik makan 2H1M. Kalo kurang ya bagus.

3. Perlengkapan
Jika sewa perlengkapan? seperti tenda? dll keluar biaya juga kan?

4. Makan tak terduga :
Hitung aja masing-masing orang

hehehe

Sista & Brotha, budget tiap tempat itu tidak bisa diprediksi. Yang bisa diprediksipun kadang-kdang bisa membengkak. Semua itu tergantung kondisi ekonomi, politik, pengeluaran tak terduga dan kondisi force majeure.

Regards,

ASe


ahay keluar juga juragan gunung nyang satu ini..
bingung buat yang di bold:
- kok bisa begitu ya? apakah ini ada "permainan" oknum atau memang administrasi TNGGP yang ga beres? Cash
- itin dan budgeting itu bukannya bagian dari prediksi ya? klo ga dari prediksi, trus kalo saia yang fakir budget ini mau jalan2 nyiapin uangnya gimana, om?

ps: om adi, buat even tanam pohon yuuk? tapi taun depan aja hehehe..
license nanjak lagi di banned selama 6 bulan..

I want to run through the jungle,The wind in my hair and the sand at my feet |Pendaki Mellow's Notes