Selamat datang di forum BACKPACKER INDONESIA

Selamat datang di backpackerindonesia.com, Sebuah forum seputar backpacking dan traveling. Untuk bertanya atau diskusi dengan backpacker lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.

Klik di sini untuk mendaftar!

PELAYANAN TIGER AIRWAYS BURUK-BAGASI HILANG

8 posts / 0 new
Last post
lavender7's picture
lavender7
Offline
Jr. Member
Joined: 2012-09-08
PELAYANAN TIGER AIRWAYS BURUK-BAGASI HILANG
0
Your rating: None

Perjalanan saya dari Guangzhou pulang ke tanah air naik Tiger Airways dioperasikan oleh TR 2983 Singapore,tujuan Singapura pada tanggal 11 juni 2013 yang lalu ternyata adalah pengalaman buruk pertama saya kehilangan bagasi. Yang membuat saya jengkel adalah karena pihak maskapai Tiger Airways ini SANGAT TIDAK bertanggungjawab terhadap kehilangan/tertunda nya Bagasi penumpang.

Berbeda dengan maskapai milik Indonesia seperti Garuda Indonesia yang Sangat Bagus pelayanannya, soalnya bagasi saya pernah tertunda pada saat saya naik Garuda Palembang-Medan transit Jakarta, dan pesawat nya delayed sehingga bagasi saya terlambat nyampe di Medan sedangkan saya udah nyampe duluan. Nah berhubung keterlambatan ini pihak Garuda memberikan kompensasi 200 ribu untuk saya yang telah menunggu. Pernah juga saya naik pesawat Garuda rute CGK-PLM dan karena saat itu ada demo karyawan catering anak perusahaan, sehingga tidak ada snack/makanan untuk penumpang dan sebagai gantinya pihak Garuda memberikan uang kepada semua penumpang yang besarnnya mulai dari 100rb,200rb dsb tergantung rute pesawat,semakin jauh jaraknya semakin besar nilai uang pengganti snack tersebut. Garuda Indonesia sangat bagus pelayanannya dan sudah mendapatkan penghargaan Internasional sebagai maskapai terbaik tingkat dunia oleh Skytrax dan mengalahkan maskapai Singapore Airlines dan Malaysia Airlines.
Turut bangga dengan maskapai tanah air yang sudah mengharumkan nama bangsa dibawah kepemimpinan direksi pak Emir Satar.

Namun bertolak belakang dengan Maskapai Tiger Airways milik Singapore, Tiger Airways yang notebena pesawat milik asing ternyata sangat Mengecewakan dan buruk pelayanannya. Alih alih mau membayar ganti rugi penumpang, mereka samasekali tidak peduli dan tidak mau tahu urusan kehilangan bagasi penumpang nya padahal seharusnya bagasi tersebut adalah tanggungjawab maskapai tersebut.

Saya sarankan kepada calon penumpang Tiger Airways supaya berhati-hati bila ingin terbang dengan pesawat Tiger karena saya sudah cek di internet ternyata banyak penumpang yang mengalami hal yang sama dengan saya kehilangan bagasi ataupun bagasi tertunda tetapi dari pihak Tiger tidak mau bertanggungjawab dan menolak untuk membyar ganti rugi/kompensasi dalam bentuk apapun.

Jadi bila anda terpaksa harus naik pesawat Tiger pastikan koper anda tidak disimpan di bagasi, dan sebaiknya koper anda diletakan aja di kabin pesawat tetapi dengan syarat beratnya tidak lebih dari 7Kg.Bila koper anda beratnya lebih dari 7kg itu berarti koper anda harus diletakan dibagasi dan resiko nya adalah anda akan kehilangan bagasi tanpa diberikan kompensasi, tanpa permintaan ma'af dan anda tidak dapat menghubungi pihak Tiger Airways karena mereka tidak akan melayani pengaduan untuk kehilangan bagasi ataupun bagasi yang tertunda.

Untuk kehilangan bagasi atau bagasi yang tertunda, pihak maskapai Tiger sudah menunjuk perusahaan yang lain, yaitu Taylor Aviation dan untuk menghubungi mereka hanya bisa melalui email. Namun email keluhan atau pengaduan bagasi hilang ini tidak akan direspon oleh mereka, jadi harus kirim berulang ulang dan menunggu satu hingga 2 minggu baru kemungkinan ada balasan.

Jadi kesimpulannya sangat mengerikan menyimpan bagasi di pesawat Tiger. Mungkin saja kita mendapatkan harga tiket yang murah dari Tiger Air namun dengan resiko kehilangan harta benda yang Nilainya Jauuh lebih besar daripada harga tiket yang kita bayarkan berhubung pihak Tiger Menolak/Tidak Mau bertanggungjawab ataupun membayar ganti rugi untuk kehilangan bagasi penumpang.

Nasib bagasi saya yang hilang sejak tanggal 11 Juni 2011 yang lalu hingga hari ini Tidak Jelas. Saya kirim email ke pihak Taylor Aviation Namun jawaban nya Sangat Tidak memuaskan dan sangat lama menunggu balasan email dari mereka. Saya sudah mencoba menghubungi pihak Tiger dengan no telp call centre nya namun mereka menolak melayani pengaduan bagasi hilang.Website Tiger juga blank untuk penumpang karena tidak ada alamat kantor ataupun telepon manajemen perusahaan ini bila kita ingin menghubungi atau meminta bantuan pelayanan untuk mengadukan kehilangan bagasi.

Jadi lebih baik anda pikir panjang sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa Tiger Airways kecuali bila koper anda tidak perlu di letakan di bagasi. Bila anda nekat menyimpan bagasi dipesawat Tiger banyaklah berdo'a agar koper anda tidak hilang, atau anda siap-siap untuk me-relakan saja harta benda, pakaian,oleh oleh dari luar negeri dan lain sebagainya hilang/dicuri oleh handling agent/maskapai atau oknum pencuri di bandara. Bisa juga Anda menyewa Lawyer untuk menggugat pihak Tiger Airways. Semua nya itu bisa menjadi option untuk anda penumpang Tiger yang bagasi nya hilang.

Semoga pengalaman buruk saya dengan pihak Maskapai Tiger Airways tidak terjadi pada anda semua, dan semoga pengalaman saya ini menjadi pelajaran untuk berhati hati terhadap maskapai penerbangan Tiger Air.

  • pesawat tiger.jpg
rittik's picture
rittik
Offline
Semi-Newbie
Joined: 2012-07-04
Hmnn

Waduuuww, september nanti mo nek tiger niii, waahhh bahayaa ikiiii

You Only LIve Once.

rzka's picture
rzka
Offline
Newbie
Joined: 2012-07-28
wah, trims infonya. pdhl

wah, trims infonya. pdhl akhir tahun ada rencana mau pake tiger..
kyknya biar aman pake cabin aja ya

kodok.ranger's picture
kodok.ranger
Offline
Newbie
Joined: 2012-10-14
soal kehilangan bagasi garuda

soal kehilangan bagasi garuda aq juga pernah
penerbangan LOP-CGK (lombok-jakarta)

koperQ kebawa orang, emang kopernya SAMA PERSIS
kayaknya cek nomor koper di pintu keluar cuma formalitas
dbantuin sama pihak garudanya
yg ngebawa koperQ ditelpon susah banget,
akhirnya stelah 1jam-an nunggu, diangkat juga, orangnya uda masuk tol k Bandung

akhirnya koperQ dijemput sama pihak garudanya ke Bandung, sama koper bapaknya dibawain juga (kan ketuker)
aq dsuru pulang sama pihak garudanya, djanjiin kopernya dianterin kerumah

besoknya koper uda sampe rumah yeeeaayyy

lavender7's picture
lavender7
Offline
Jr. Member
Joined: 2012-09-08
Kalau penerbangan Garuda

Kalau penerbangan Garuda memang service nya bagus....pihak Garuda sangat bertanggung jawab terhadap penumpang... dijamin aman daah....kalo naik Garuda...

Nah...yang maskapai yg bermasalah adalah Tiger Airlines,sudah banyak kejadian/pengalaman para penumpangnya yang dirugikan oleh Tiger Airways...

Baru baru ini kejadian di Australia, ada seorang penumpang mahasiswi yang ditolak naik pesawat ini ketika akan boarding pass/masuk pesawat padahal dia udah pegang tiket dan check in, sehingga dengan terpaksa dia harus beli tiket pesawat maskapai lain. Karena dia harus mengejar penerbangan hari itu juga dan tidak membawa cukup uang sehingga orangtuanya harus datang ke airport untuk membelikan dia tiket pesawat lagi berhubung mahasiswi ini harus masuk kuliah di pagi hari nya.

Pihak Tiger Airways sangat tidak bertanggungjawab menolak penumpang tsb dengan alasan bahwa pesawat udah penuh....(busyeettt daaahhh????!!)

Beruntung si mahasiswi ini bisa memanfa'atkan facebook untuk komplain dan mencaci maki maskapai Tiger Airways. Tulisan nya di facebook mendapat respon dari ribuan teman-teman di facebooknya, ada sekitar 5000 an orang yang pencet tombol LIKE, sehingga akhirnya ini jadi HEBOH/trend topic di Australia dan sampai ketelinga pihak Tiger Airways buntutnya pihak Tiger terpaksa mengganti semua kerugian yang diderita oleh si mahasiswi ini.

drnm's picture
drnm
Offline
Newbie
Joined: 2013-07-11
Kehilangan Bagasi

Yah telat baca mbakbro, bagasi gw juga ilang ini uda 2 minggu T.T Kalau yang mau aman, bener itu, taruh cabin aja, kalau taruh di bagasi siap2 apes aja dah :v

lavender7's picture
lavender7
Offline
Jr. Member
Joined: 2012-09-08
Iya yang terpenting pada saat

Iya yang terpenting pada saat kehilangan bagasi langsung lapor ke Counter Lost & Found dan usahakan jangan keluar Airport sebelum mengisi formulir property loss dan menyerahkan nya ke Counter Lost & Found. Apabila sudah keluar airport maka kehilangan bagasi ini tidak akan diproses.

Memang proses nya makan waktu yang lamaaaaaaaaaaaaaa dan paaaaaanjaaaaang....
Mesti nyiapin kesabaran lebih dan gigih memperjuangkan hak anda.

Saya sendiri akhirnya setelah lewat 6 bulan hanya diganti rugi sebesar SGD 300 itupun sangat alot dengan korespondensi via email dan harus tough dengan pihak Tiger karena mereka cenderung untuk membayar ganti rugi yang kecil bahkan tidak membayar samasekali.

omento's picture
omento
Offline
Newbie
Joined: 2013-09-23
pengalaman hampir sama sis

pengalaman hampir sama sis beda airlines aja.
kalau saya waktu itu naik thai lion dari CGK ke BKK turun di airport don mueang dan ternyata bagasi (koper) kita hilang 2 dan 1 lagi hancur atau rusak parah seperti terseret2 hingga bagian pegangan yang plastik itu meleleh tapi isinya aman.

ternyata 1 koper yang hancur tidak ada ganti rugi cuman di selotip bagian yang hancur, dan yang 2 hilang tidak ketemu di airport don mueng setelah bagian bagasi mencari selama 2 jam, akhirnya saya memutuskan untuk terus jalan karena harus mengejar pesawat ke jordania di airport suvarnabhumi, saya pikir masih ada sticker bagasi buat saya klaim ke pihak lion di indonesia nanti.

setelah kembali ke indonesia saat mau klaim ternyata 2 koper itu tertinggal di bandara soeta dan parahnya tidak ada ganti rugi, padahal harusnya mereka ganti rugi karena tertinggal seperti itu membuat yang kehilangan koper harus beli baju,celana dan daleman.

untuk waspadanya jangan taro barang berharga dikoper untuk masuk bagasi.
gak cuman tiger aja airlines lain pun bisa, hanya untuk waspada kalau kita kena sial aja.
karena untuk klaim kehilangan bagasi di airlines itu susah, kita yang harus bener2 aktif.
intinya jangan menyerah sampai ada ganti rugi selama kita masih punya bukti sticker bagasi.