BALI-BROMO-SEMPU *sebuah catatan perjalanan*

widodo
widodo, pada 18 Maret 2013, 0.48

KIMCILLIAR TOURING: WISATA ALA KOPER, NARSIS ALA TOUR AND TRAVEL DENGAN COST ALA RANSEL

Klo kata temen-temen ane, semua berawal dari mimpi. Klo ane yang bilang semua berawal dari ngiri. Awalnya gara2 temen ane ada yang ngasih liat foto2 di Bromo, dan ane update status di FB "ngiri pengen ke Bromo". Nah kebetulan ane kenal ma orang yang suka solo backpacker, dia komen, bagusan ke Sempu dol, ane ga ngeh apa tuh Sempu. trus ane googling. dan hasilnya keren gila... :haha: Ane langsung ja cari temen jalan. sudah dapet temen, ane cari blog-blog yang ngebahas tentang bromo-sempu, ketemulah iten-iten keren beserta biaya. 2 hari menjelang hari keberangktan, beberapa temen cewek pada mengundurkan diri, tinggallah ane ma abzy dan tea. Inget tea juga dalam waktu deket mw ke Bali bareng ami muncullah ide menggabungkan semua perjalanan jadi satu.

Zezezezezezettttt *skip skip*

8 Maret 2013
Hari H tanggal 8 pagi2 buta ane dan temen2 ane janjian ketemu di Stasiun Purwokerto Jam 1. Tapi jam Indonesia sangat berlaku banget, dan akhirnya semua ngumpul jam 2. Photo-photo and cussss. Naik ketera api.. tut tut tut...Perjalananpun dimulai dari stasiun Purwokerto menuju Lempuyangan dengan kereta Bengawan (Rp. 37.000), Perjalanan memakan waktu 3,5 jam (pukul 02.30-06.00). Dalam perjalanan ane dan kawan2, ane ketemu rombongan pecinta alam Jabodetabekndung (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Bandung) yang mw mendaki gunung merapi-merbabu. Jam 6 nyampe stasiun Lempuyangan langsung ngantri toilet, buang hajat-mandi-cuci muka dan segalanya (Gratis cuy). Kelar benerin muka dan badan, kita nyari sarapan daerah lempuyangan, nyari soto ayam ketemunya ayam goreng, liat list harga 12 ribu, tereus qt bilang, "maap pak, ga da soto yah? kita nyari yang lain dulu yah!" *modus.
Jalan lagi dan ketemulah angkringan, lumayan 1 nasi + 3 gorengan + teh panas cuma Rp. 5.000 Jam 07.00 Lanjut masuk stasiun Lempuyangan, Photo-photo dan cussss, kereta jalan. Ane pakenya Sri tanjung dari Lempuyangan-Banyuwangi selama 14 jam (Pukul 07.30-21.30). Buat ngilangin Bete di Kereta kita maenan UNO. Di tambah di daerah Jember ada mas-mbak yang *baru jadian kali yah) sok romantis manjak gilak. :adem: Akhirnya qt bikin soundtrack buat mengiringi perjalan cinta mereka :capek:
Nyampe di Banyuwangi, qt spik-spik ke bapak2, ibu2 dan bule2 buat nyebrang bareng *niatnya biar bisa sharing cost takutnya musti nyarter mobil di Denpasar. Akhirnya keluar stasiun qt ber 11 udah sama omah2, bapak-ibu-bule juga. Jam 10.000 qt beli tiket Ferri Rp 6.000 dan nyebranglah kita selama 1 jam perjalanan. Eh pemilik kapalnya baik banget, kita disuruh masuk ke ruang kapten kapal, liat2 dan photo2 di sana.
Mw nyampe gilimanuk, ane nanya ma pedagang kacamata, klo ke terminal gilimanuk tuh ke arah mana, eh dia nunjukin bis di bawah. Nego2 pun di jalankan, sepakat 30 ribu per anak. Pas kita di pelabuhan gilimanuk, ada pemeriksaan KTP. Nah disono ane nanya2 ma orang2 di Bis, kebetulan dari Jember, katanya biaya Gilimanuk-Ubung Rp 25.000

Hari 2 (9 Maret 2013)
Lama di Bis 4 jam dari gilimanuk-mengwi (kita turunnya disono, bukan di ubung). Dari Mengwi kita ke Denpasar lebih tepatnya jl Bedugul No 17. Sidakarya, Denpasar Naek taksi dengan nego yang alot, dapet Rp 100.000 ber empat. Jam 5 kita gedor2 pintu rumah mas Joni (Thanks tumpangannya). Trus istirahat.
Jam 7 ane ma Abzy nyari sewaan motor, di belakang rumah ada, tp berhubung masi tutup kita nyari keluar, nyasar sampe jl. sesetan, kalimantan, sulawesi :capek: Balik lagi pake serbabisa Gratis melewati udayana. Jam 9 ane ma abzy udah nyampe tempat tinggal dan langsung ke belakang, dapetlah tuh dua scoopy merah, dengan biaya sewa RP 60.000/motor/satu setengah hari. Dan kita lanjut perjalanan ke Sukowati (Mahal banget, gw kena 120.000, buat belanja setengah lusin baju lebih) :akhirnya: . Dari sukowati kita ke gianyar photo2 di sentral silver and gold, lanjut ke ubud, liat2 galeri kerajinan. dari ubud niatnya mw ke bedugul tp teriming2in oleh rombongan adat ke payangan, kirain mw upacara adat, eh tak taunya mereka mw balik. :punyeng: Kelaparan akhirnya kita nyari makan, muter2 nemunya warung makan padang *selama perjalanan nemu babi guling banyak banget, tapi selain daging ayam, ane ga doyan daging2 an yang lain. Makan abis Rp 17.000/anak. Lanjut perjalanan ke sanur, ternyata disana lagi banyak yang upacara melasti. photo2 deh kita, (karcis parkir Rp 2.000) Agak sorean kita maen kano di Sanur. Lanjut jalan2 ke kuta (survey sebelum ajojing)
Jam 9 an malem kita pulang dan makan di pasar deket sidakarya, kita makan nasi goreng Rp 10.000 per porsi. Jam setengah 10-11 kita istirahat dan setengah 12 kita ditelepon anak2 BPI Makasar (ical dan kawan2). Janjian ketemu di Kuta depan Hard rock Cafe. Ngobrol2, beli kopi dan jalan2 di kuta, pulang jam 2 pagi lewat poppies line. Di daerah legian ternyata crowded party. *gara2 nyasar nyari pantai kuta kita gagal ajojing.

Hari ke 3 (10 Maret 2013)
Kita udah niat banget pengen liat sunrise di Sanur. Tapi apalah daya, kita malah liatnya di Dreamland alias ngorok ampe jam 9 pagi. Prepare2 dan jalanlah kita ke Tanjung benoa. Pengen banget maen watersport tapi paketnya mahal banget akhirnya foto2 doang. Tanjung benoa asli keren banget :ngakak: Tapi gara2 ga da air minum, hampir kita dehidrasi :itshot: . Lanjut ke Nusa dua tapi mampir dulu di Circle K dengan menghabiskan budget 28.000 Dan di Nusa dua photo2 lAgi dengan berbagai ekspresi. Dari Nusa dua kita nanya2 ke polisi ke arah puja mandala, sebelum nyampe puja mandala kita beli aqua 5.000 an. Uniknya Puja mandala disono ada 5 tempat peribadatan dalam 1 tempat :aselole: Lanjut ke GWK, muter2 dan foto2, karena kita keliling di GWK maka kita nemuin jalan masuk yang gratis (aslinya tiket masuk 25.000), yaitu lompat pagar :hahai: *padahal cewek2 pada pake dress. Dari GWK kita ke Uluwatu (Tiket masuk 15.000 buat lokalan kayak kita), tapi alasan ngejar sunset di tanah lot akhirnya kita cuma numpang foto2 dan beli es kelapa muda (Rp. 15.000) Sebelum ke Uluwatu kita makan dulu di Wr makan surabaya, habis 10.000 per anak. Dari uluwatu kita pulang dulu buat mandi dan ngecharge kamera, Lanjut ke Tanah lot, tapi apalah daya, kita nyampe jam set8 malam. dan TUTUP :dead: Dari tanah lot kita niatin ke Kuta buat ajojing sbg ganti malam sebelumnya. Dan ternyata kita nyasar di Seminyak. *ga diniatin tp malah jadinya heppi. Mampir di Seminyak beli kerajinan dari kaca, range harga mulai dari 50.000. Dari seminyak kita ke kuta dan legian, tapi berhubung masih sore *jam 10 malem* kita ga jadi ajojing, cuma jalan2 ja. jam 11 balik ke tempat mas joni, tapi makan dulu di pasar yang sama alias sidakarya beli sate ayam 10.000 per porsi. Kenyang dan pulang.

Hari ke 4 (11 Maret 2013)
Jam 12 malem teng kita packing2 buat lanjut perjalanan. Jam 1 taksi dateng, dan kita pamit ke mas joni. Ternyata Taksinya lumayan murah ga kayak pas berangkat, yaitu 60.000 untuk 4 anak. Nyampe ubung jam set2 pagi. Langsung naik bis ke gilimanuk tarif Rp. 25.000 per anak. Tapi ya Allah itu ngetem lama banget, 2 jam coba :voodoo: Nyampe gilimanuk jam 7 dan langsung beli tiket ferry (6.000) Nyampe banyuwangi ternyata kereta udah jalan, yang ada cuma kereta ke Jember jam 9 pagi. Tapi tiket lumayan cuma Rp. 4.000 ja. Buru2 kita beli tiket. Tiket kebeli, barulah kita nyarap di warung gaul, toilet ada di sini *warung deket stasiun ke arah keluar dari stasiun*, langsung isi perut kita. Lumayan kenyang juga untung harga Rp. 4.000 dengan sayur dan lauk seadanya. Jam 9 tepat kita ke stasiun, trus kita naik LIN (angkot di Jember) ke arah terminal jember dengan bayar Rp. 3.000, turun di terminal Jember, kita naik bis Restu jurusan Jember-Probolinggo-Surabaya. Tiket per anak tadinya Rp 15.000 per anak, tapi kita pura2 abis duit, jadinya cuma Rp 12.500 per anak. Nyampe di Probolinggo lagi2 qt kesorean. Untungnya ane punya kontak sopir bison (elf) namanya pak Sunari (085258892644) *thank pak bantuannya, Orangnya baik banget mennnnn, dan sebelum berangkat kita disuruh isi perut dulu di warung makan deket terminal. Kita milih nasi soto ayam, seporsi Rp 10.000 plus aqua 1 Rp 6.000 (mahal banget nih aqua. Setelah kenyang kita berangkat dengan tarif hasil nego, tadinya Rp. 400.000 PP karena hari udah sore, tapi di nego jadinya dapet Rp.300.000 untuk 4 anak, di itung2 per anak kena Rp 75.000, estimasi ane cuma Rp 50.000 pp probolinggo-cemoro lawang.
Perjalanan di lanjut ke cemoro lawang, dengan full tidur ane. Dan ane ga tau menahu urusan nego2 harga kamar+jeep. Semua diurus abzy dan tea. Tapi setelah bangun per anak kebagian masing2 Rp 150.000 untuk hardtop/jeep, dan Rp 37.500 untuk sewa kamar, berarti sewa hardtop Rp 600.000, dan sewa kamar Rp 150.000 untuk double bed dan tanpa air panas. Hartop dan kamar yang nyariin pak sunari. Ni Cp pak yogi pemilik penginapan 081234906286 dan Cp Hardtop 085230575226. Dapet kamar kita nge-UNO, dan masak mie soto sembari telpon2 an ma anwar BPI makassar, bertukar informasi sempu.

Hari ke 5 (12 Maret 2013)
Jam setengah 4 pagi siap2 berangkat ke bromo, menuju penanjakan, bromo, bukit teletubies, dan terakhir pasir berbisik. Dan kita kehilangan kamera pocket sony punya ane gara2 pengen foto2 di depan jeep warna kuning :punyeng: *semoga dapat ganti yang lebih baik. amin
Pulang ke penginapan jam 10.00 pagi. Istirahat bentar, mandi packing2, dan dijemput pak sunari untuk melanjutkan perjalanan.
Sesampainya kita di Probolinggo, kita naek bis Restu jurusan Probolinggo-Arjosari malang. Tiket bis Rp 12.000 per anak. Setelah nyampe Malang, karena Absy ngidam banget ke toko Oen, akhirnya kita cari angkot ke arah kota, kita pake angkot AG tarif jauh dekat Rp 2.500 Ternyata di Malang banyak banget bangunan bersejarah, kita sempet foto2 di tugu depan mall *lupa nama tugunya, pokoknya deket toko oen, abis itu baru ke toko oen dengan menghabiskan dana Rp 51.500 untuk 4 anak hanya untuk membeli original es krim rasa vanila (Rp 13.000), es krim tuty fruty (Rp 21.000) roti tawar (rp 6.000) dan roti isi udang (Rp 8.000) da tax nya juga 10 %. Setelah dari Oen kita poto2 di depan gereja kayutangan. Lanjut perjalanan menuju tempat kita menginap di rumah temen ami, yaitu rumah risfa (thank's tumpangannya)kita naek angkot ke arah joyo grand *nyarter Rp 6.000 per anak. sempet juga beli tahu petis Rp 4.000 dapet banyak. Di perjalanan nyari angkot mbak tea keseleo, dan ada yang langsung nolongin mijit (baik banget orang malang tu).
Nyampe di rumah risfa kita kenalan ma temen2 kontrakan dia yang semuanya beda alam, ada hari dari padang yang anggota impala, da bagus si juru masak + ketua persma, ada aly asli surabaya yang konsen di politik, da fahmi yang asli malang, ada 3 lagi lupa namanya tp masing2 dari flores, surabaya, padang dan kita banyak ngobrol *bikin mupeng untuk ngetrip ke daerah mereka. Mereka semua suka banget ngetrip.
Jam 9 malam kita keluar buat makan malem, dapet makanan super enak di warung makan pudji mulyo. Kojek Rp. 10.000 pun melayang (rela karena ane nemu sayur bayam disana). Abis makan malem, kita belanja keperluan buat di sempu yaitu mie instant, kopi dan beras, total pengeluaran Rp 32.000 (per anak Rp 8.000) Lanjut ke rumah Dian bocil tempat menginap cewe, terus jalan2 sekitar malang dan batu di malam hari. Liat Batu night Spectakuler, Jatim park 1 dan 2, Alun2 Batu dan terakhir makan di Pos Ketan Kota wisata batu (gratis dibayarin risfa) aslinya murah banget koq, ketan cuma Rp 3.000. Dari batu kita pulang jam 1 malam.

Hari ke 6 (13 Maret 2013)
Kelar packing kita berangkat dari landungsari ke gadang (Rp 2.500) Di gadang kita janjian ma izar (nama bekennya Djanggo) terus kita ke Turen per anak Rp 5.000. Dari turen kita ke sendang biru dengan cost Rp 20.000 per anak. Selama perjalanan turen-sendang biru, qt sempet belanja duren 3 Rp 20.000 *ane pengen muntah2 krna ga kuat bau duren, ma ke pabrik tahu, beli Rp 4.000 dapet seplastik. Nyampe di sendang biru kita langsung ke rumah bu mamik. Disini baru inget klo bahan maka nan kita ketinggalan di tempat bocil, akhirnya kita belanja mie 10 buah (Rp 17.500) dan sewa sepatu anti selip Rp 10.000. Sebelum nyeberang kita makan di warung makan banyuwangi, asli enak bangettttttt. Murah lagi, ane makan dengan sayuran full banget + telor bulet cuma Rp 7.000 plus air adem sari Rp 3.000 maklum ane lagi sariawan.
Kelar makan kita ketempat bu mamik lagi sewa kapal Rp 100.000 untuk 5 anak, jadi per anak kena Rp 20.000.
Nyebrang nyebrang nyebrang sampailah kita di teluk semut. Kita treking selama 2 jam, dan bisa menyusul anak2 dari Jakarta *strong kita* Di perjalanan kita ketemu anak dari flores dan dari bandung mw balik ke sendang biru.
Nyampe di Sempu pemandangan ajib gila, treking 2 jam terbayar lah dengan keindahannya, kita teriak2 ngelepas kelegaan, dan ane lari keliling pasir putih. Hari itu segara anak lagi surut jadi agak kurang bagus menurut ane, jadi ane ma anak2 jakarta ke batu karang, foto2 liat pemandangan samudera hindia. Turun dan masak mie ane. Mandi2 bentar dan kaki si ami kena bulu babi. bengkak.
Sadar kita kekurangan aer (bawa 9 botol 1,5 liter ternyata kurang) anak2 jakarta ngasih kita 1 botol *thank you banget). Terus nyanyi2 sambil liat bintang2. tidur.

Hari ke 7 (14 Maret 2013)
Pagi2 masak mie lagi kita, kelar makan kerumunan monyet datang. Jadi kayak beternak monyet kita, puas foto2 deket monyet, kita nyebur ke segara anakan, mumpung lagi pasang dan lagunanya amazing bangettttt. Jam 9 kita packing2 dan pulang. Treking selama 1,5 jam padahal salah satu tim kita kakinya bengkak. Tapi kata kita, kita keren jadinya kita bisa ngelanjutin perjalanan. Perjalanan pulang kita ketemu rombongan dari palu 11 orang dan dari batu 6 orang, ada bule jerman juga berpasangan dan ternyata dia faseh banget bahasa Indonesia, usut punya usut dia tinggal di Kalimantan selama 2 tahun. Ada juga rombongan anak2 Fisip Unsoed dan Unbraw. Nyebrang ke sendang biru kita langsung mandi dengan tarif normal (Rp 2.000) dan minum es cincau Rp 2.000 setelah itu balik ke tempat bu mamik, juga makan di warung banyuwangi lagi. Kali ini pake full sayuran + tempe harga Rp 5.000 dan adem sari Rp 3.000. Di warung makan banyuwangi ini lg pada bakaran ikan tuna, kita nimbrubg dan gratis, dan ane lupa klo ane alergi ikan laut, jadi nyampe Purwokerto masih gatel2. Eh ada supir angkot baik banget, liat kaki ami bengkak dia langsung nganter ke puskesmas terdekat, sayang bidan lg pada rapat. jadinya dibawa ke puskesmas agak jauh dari sendang biru sembari jalan pulang. bapaknya sabar banget nunggu kita, begitupun penumpang yang lain, padahal berhenti mpe 2 jam lebih (thank's banget semuanya). Tarifnya pun murah, cuma Rp 15.000 nyampe turen. Dari turen kita naik bis ke arah terminal gadang dengan ongkos Rp 4.000 per anak. Di Gadang rombongan kita berpisah dengan djanggo *tengkyu banget djanggo, kapan2 ngetrip bareng lagi kita.
Dari gadang kita naik angkot ke Dinoyo tarif Rp 2.500 turun di pertigaan dinoyo, kita nyari rumah sakit dan ketemu RSI Unisma, buat nyedot racun di kaki ami. Begonya si perawat bingung mw nulis report karena ga tau bulu babi itu apa.
Lagi2 abzy ma tea beli duren, dan ane pengen muntah lagi.
Di RSI kita dijemput Risfa, dan pulang, dan mandi, dan tidur.

Hari 8 (15 Maret 2013)
Jam setengah 7 ane bangun, mandi gantian ma abzy, abis itu jalan2 keluar kompleks beli makan. nemu warung makan nasi pecel madiun, Rp 6.000 kenyang, terus beli gorengan Rp. 3.000 beli jus jambu Rp 2.000 dan beli pulsa Rp 6.000 lanjut ke kontrakan risfa dan tidur lagi.
Jam setengah 12 bangun buat Jum'atan.
Jam setengah 1 packing2, Jam 1 Diantar ke tempat bocil, tempat cewek menginap, dianter risfa ma bagus (tengkyu lagi).
Dari tempat bocil kita naik angkot ke stasiun kota lama Rp 2.500 dan tiket kereta ke Surabaya habis, jadi kita jalan2 nyari oleh2 dan masuk ke toko arema *cuma foto2 aja sih. Dari situ kita naik angkot ke Arjosari Rp. 2.500. Di arjosari sempetin beli keripik ubi (Rp 7.000) + bakso malang (Rp 5.000). Terus naik bis ke Surabaya Rp 10.000. nyampe di Surabaya kita nunggu jemputan temen. Jam 7 Dito dateng juga, bawa mobil. Kita nyari penginapan ga nemu2, akhirnya makan lontong balap nan murah meriah plus enak, 5 porsi lontong balap + 5 gelas es kelapa muda tarif Rp 81.000 Habis makan kita jemput riska, anak ITS, dan jalan2 muter gang doli, jembatan pataya, tugu pahlawan, jalan waru, terakhir foto2 di suramadu bridge. Terus ke penginapan. Pagi kita bangun jam6 siap2 jam 7 di jemput dito, jalan2 kita ke tugu surabaya, dan Kebon binatang surabaya *di depannya ja sih. Habis itu makan nasi pecel mojokerto, mw bayar ternyata udah di bayar dito, Oh ya pas keluar hotel kita mw bayar ternyata udah di DP in dito Rp 100.000 kita cuma nambah Rp 60.000, terus kita di anter ke stasiun gubeng. Makasih banget Dito, Janji kita kapan2 ngetrip bareng, ma Riska juga yang ternyata solo traveler.

Kereta berangkat jam 9 pagi. Lagi2 kita konser di kereta, ibu2 dan bapak2 ketawa terus liat kita nyanyi. Karena merasa terhibur mereka akhirnya baik banget ngasih cheese cracker dan roti. Makasih bu Asih dan Bu Ratna dan Bapak yang belum kenalan. Di Madiun datang rombongan anak2 dan duduk sebelah kita, Akhirnya kita banting setir dari lagu2 yang inggrisan sampe dangdut berubah jadi lagu daerah dan anak2. Kita nyanyi rame2 bareng anak2. Anak2 turun di Lempuyangan, Dan kita ketiduran mpa kutoarjo, lanjut nyanyi2 lagi sampe purwokerto. dan Berpisah

Thanks banget buat semua pihak yang ngebantu perjalanan tim kimcilliar ini. Semoga kita bisa bertemu lagi di lain trip. Sujud Syukur juga untuk Ridho illahi, karna kita ngerasa banget trip kita di ridhoi. Tiap kita mw ke spot wisata pasti ga ujan, padahal 10-15 menit sebelumnya baru ujan (di bali), dan trip bromo-sempu juga ga pake ujan, jadi treknya gampang banget.

:bye: :bye: :bye: :bye:

widodo
widodo Jr.
pd. 19 Maret 2013, 0.35

kaki ane sehat wal'afiat, cuma badan ane agak gatel2 gara2 alergi, 3 hari ga sembuh :kecewa:
Yang kakinya kayak punya ente tuh si absi, kakinya gatel2 juga.

*Cara masukin putu2 gmana yah? :victory:

Djanggo
Djanggo Pro.
pd. 18 Maret 2013, 9.33

jlep, pertamax...
duduk dipojokan sambil ngemil duren... btw pulang dari sempu kaki kalian ga gatel2 apa? :(

*nb:masukin putunya dong biar ganteng.