Selamat datang di forum BACKPACKER INDONESIA

Selamat datang di backpackerindonesia.com, Sebuah forum seputar backpacking dan traveling. Untuk bertanya atau diskusi dengan backpacker lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.

Klik di sini untuk mendaftar!

15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR

11 posts / 0 new
Last post
tamasyeah's picture
tamasyeah
Offline
Jr. Member
Joined: 2014-09-01
15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR

Yang di Jakarta, kalo ngerasa bosen mejeng di mall atau bosen ngeghibah di cafe, coba deh geser dikit pergi ke selatan. Cuma nggak sampe sejam, elo udah sampe di Bogor. Macet karena banyak angkot, emang iya. Tambah macet gegara ujan tiap hari, bener banget. Tapi, tenyata Bogor gak cuma Kebun Raya, Taman Topi atau kampus IPB (buat yang matanya suka tamasya) aja. Bogor ternyata lebih dari sekedar tempat wisata dalam kota seperti itu. Kalo mau keluar dikit dari area kota, elo bakalan nemuin tempat wisata baru yang asyik dan seru. Tanpa macet, tanpa serangan angkot dan tanpa rasa bosan yang sama kayak saat sedang di Jakarta. Ada apa aja? Yuk bahas satu-satu! 15 wisata anti-mainstream di sekitaran Bogor!

Via awibowo325.worpress.com

Kampung Budaya Sindangbarang

Kalo Banten punya Baduy, Jawa Barat punya Sindangbarang. Keduanya punya kesamaan dalam hal pelestarian budaya sih menurut gue. Di Sindangbarang ini, lo bisa ngeliat bangunan-bangunan rumah khas Sunda, terutama khas daerah Pakuan Pajajaran. Total ada 27 bangunan rumah tradisional di sini. Kalo udah bosen ngeliatin rumah tradisional, lo juga bisa tuh masuk sampe nginep. Ngerasain tidur di rumah gubug tanpa AC, tapi tetep dingin. Udah gitu, sambil didongengin cerita daerah sama tetua adat dan ditambah suara jangkrik yang jadi backsound-nya. Pules-pules deh lo tidurnya! Smile))

Kalo mau lebih seru, dateng ke sininya pas akhir-akhir taun aja, karena masyarakat Sindangbarang biasa ngadain upacara rutin untuk mensyukuri hasil panen, namanya Upacara Seren Taun. Semua kesenian Sunda tumpah-ruah di acara ini dan bikin DWP kalah pecah-nya. Dan yang jelas, bikin elo gak cuma ngerasain kehidupan lokal masyarakat Sunda, tapi juga bisa nikmatin kesenian daerah masyarakatnya. Dan parahnya, itu cuma sejam loh dari Jakarta! :’>

Via sahabatbudayaindonesia.blogspot.com

Pura Jagatkarta

Loh, apakah ini di Bali? Tidaaaak! Karena ternyata Bogor juga punya pura dan gak kalah cantik sama yang di Bali sana. Namanya, Pura Jagatkarta. Dan tau gak, Pura Jagatkarta ini ternyata juga merupakan pura terbesar di Pulau Jawa dan terbesar kedua di Indonesia setelah Pura Besakih! Yoi banget kan. Sama halnya dengan Pura Besakih yang ada di kaki Gunung Agung, Pura Jagatkarta ini juga lokasinya nempel sama Gunung Salak. Siap-siap buat narik napas dalem-dalem karena lo akan ngeliat pemandangan yang spektakuler, ngehirup udara yang super sejuk dan............melewati jalanan nanjak yang lumayan bikin betis bergetar. Walaupun sebenernya nanjaknya sih biasa aja, tapi jauhnya itu loooh, secara 800 meter bok!

Kalo gak mau ribet, setelah turun angkot, bisa lah itu lo naik ojek yang udah setia nunggu orang-orang lemah macem kita. Kalo gak salah cuma bayar 15.000 elo udah bisa nyusul temen lo yang lagi susah payah jalan nanjak sambil lambai tangan dadah-dadah. Mayan buat ngirit tenaga dan juga ngirit waktu karena jam buka pura cuma sampe jam 5 sore. Kalo beruntung, yang dateng pas sore-sore gitu bisa ngeliat kabut turun dan nyelimutin bangunan pura. Dijamin jadi makin kerasa suasana magisnya!

Via Alfit

Hutan Pinus Sentul

Udah nonton film Modus Anomali kan? Inget gak adegan saat John (Rio Dewanto) lari-lari? Pasti enggak karena adegan dia lari-lari ternyata banyak banget. *diguyur*. Yaudah, tapi lo inget kan hutan pinus tempat si John dan keluarganya piknik? Nah, itu dia hutan pinus Sentul yang dijadiin lokasi syuting sama Modus Anomali. Lokasinya, deket banget dari Jakarta, kalo gak macet gak sampe deh 2 jam perjalanan.

Modus Anomali sebenernya udah ngegambarin gimana kerennya hutan pinus Sentul ini melalui media video. Pohon pinus berbatang tinggi lurus berbaris rapi menciptakan ruang-ruang simetris antara satu pohon dengan pohon lainnya. Ini bikin suasana hutan pinus Sentul jadi keliatan photogenic dan menarik banget buat dijadiin background fotoan. Belom lagi, kabut yang kadang-kadang nongol, makin bikin hutan pinus Sentul jadi background foto yang Instagramable banget. Selain itu, buat elo yang hobi sepeda gunung, kontur tanah hutan pinus Sentul yang berbukit cocok lah buat dijadiin track sepedaan. Gak usah takut nyasar, karena udah banyak juga anak-anak sepeda lainnya yang sering main di sini jadi track-nya udah keliatan jelas. Trus, kalo udah capek, bisa langsung nyemplung di pemandian air panas yang ada di tengah hutan pinus. Seru kan! :’>

Via Prasetyo Nurramdhan

Danau Situ Gunung

Buat pecinta fotografi, pasti kalian suka sama tempat ini. Lokasinya gak terlalu jauh dari pusat kota Bogor, sekitar 10 km-an. Di sini, lo akan nemuin sebuah danau yang di sekelilingnya masih ditutupin pohon-pohon rimbun. Sebenernya gak spesial-spesial amat sih, ya keliatannya kayak danau kebanyakan gitu lah. Cuma genangan air coklat berukuran gede dengan pohon-pohon rimbun tadi yang jadi bingkainya. Pokoknya biasa deh, suerrrr. Tapi, kalo elo datengnya subuh-subuh menjelang matahri terbit, baru deh tuh keliatan spesialnya. Bukan karena matahari yang berbentuk telor mata sapi muncul (#apeu), tapi karena munculnya biasan cahaya matahari di dalam kabut yang nyiptain suasana ‘misty morning’. Ditambah, saat ada kapal getek yang tiba-tiba melintas, suasananya bakalan makin sadis. Saking sadisnya, temen gue sampe jalan-jalan gratis ke Turki dan fotonya dimasukin ke situs United Nation gara-gara menang lomba foto pake foto yang di atas ituh! Sadissss!

Ps: Pras, maap yak gak pake ijin nulis tentang lo, tapi sumpah elo keren! :’>

Via wisata-alamku.blogspot.com

Hotel Tenda

Duh, ini masih masuk bucketlist gue sih sebenernya. Tapi emang, resort di Cisarua ini konsepnya mayan menarik dan beda. Jadi, elo yang pengen banget ngerasain kemping tapi takut sama suasana hutan atau takut tiba-tiba tenda lo diserang gorila, bisa banget nih nginep di resort ini. Walaupun luarnya berbentuk tenda (yes, keliatannya emang kayak tendanya orang Mongolia), tapi bukan berarti dalemnya gak nyaman. Setiap tenda di resort ini dilengkapin sama 1 tempat tidur king size, sofa, tv, ac dan kamar mandi pribadi lengkap dengan shower. Pokoknya emang dibikin semirip mungkin sama fasilitas hotel. Tapi biarpun begitu, suasana kempingnya gak akan ilang karena resort ini adanya di tengah-tengah tanah lapang yang masih alami, jadi hal-hal kecil tapi krusial macem suara jangkrik masih tetep bisa kedengeran. Dan juga, pemandangannya pun cakep, langsung ngadep ke arah Gunung Salak. Sekarang, pertanyaannya, kira-kira gue harus keilangan tabungan berapa buat bisa ngerasain bobok di tenda itu? Jawabannya, yaaah sekitar 2 jutaan lah permalem (tahun 2012). Tapi tenang, biaya segitu bisa dishare sama 5 orang lainnya kok, karena kapasitas tenda muat buat 6 orang dewasa. Alhamduuu..

Via ardiusrudi.blogspot.co.id

Gunung Batu Jonggol

Buat hikers pemula yang belum pernah naik gunung atau buat hikers tingkat dewa yang rindu buka tenda tapi mager dan pingin yang santai-santai aja, Gunung Batu ini adalah jawabannya. Kalau ada yang nanya dimana letak Gunung Batu ini dan mendapat jawaban "di Jonggol", orang itu bukannya lagi ngajak kamu bercanda, karena nyatanya Gunung Batu ini letaknya emang ada di Jonggol atau sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Bogor.

Gunung Batu ini agak kurang pas kalo disebut gunung sebenernya, karena tingginya cuma 875 mdpl dan hanya 200 m pendakian dari start awal trekking. Tapi, alesan kenapa orang-orang masih kekeuh nyebut si Gunung Batu dengan sebutan gunung bukan bukit adalah karena keterjalan gunung ini yang lumayan terjal menjadikannya layak jika disebut dengan gunung, karena kalau disebut bukit takut-takut orang malah mengganggap remeh duluan.

Di puncaknya, lo akan bisa nyaksiin pemandangan Jonggol dari ketinggian dengan dinding bukit-bukit yang berbaris sebagai background-nya. Supaya view yang lo dapet makin cetar, coba deh ke sininya pas pagi hari menjelang sunrise. Kombinasi antara barisan bukit yang menjadi background, kabut tipis khas pagi hari dan biasan cahaya matahari yang perlahan menembus kabut pagi dijamin membuat perjalanan lo ke puncak Gunung Batu ini terasa worth it banget, effortless tapi view-nya juara.

Via portalwisata.co.id

Curug-curug di Kawasan Sentul: Curug Leuwi Hejo, Curug Leuwi Cepeut, Curug Leuwi Lieuk dan Curug Barong

Buat yang ngerasa Bogor udah ngga se-dingin dulu, mending ngadem dengan berendem di curug-curug yang ada di Kawasan Sentul macem Curug Luwi Hejo, Curug Leuwi Cepeut dan Curug Lieuk. Ketiga curug ini lokasinya ada di Kawasan Sentul, dekat dengan Gunung Pancar dan keempat curug ini berlokasi saling berdekatan.

Keistimeawaan yang dimiliki oleh keempat curug ini yang bikin mereka ramai-ramai dikunjungi adalah warna air mereka yang hjiau toska, yang bikin ngeliatnya aja udah adem apalagi langsung nyebur ke dalamnya, pasti super seger.

Via ngadem.com

Keempat curug ini berbeda jenis dengan tipikal curug kebanyakan yang memiliki ketinggian air yang lebih dari 3 meter. Kalau di Curug Leuwi Hejo, Curug Leuwi Cepeut, Curug Lieuk dan Curug Barong ini jatuhan airnya pendek banget. Tapi ngga masalah, karena yang dicari justru bukan jatuhan airnya melainkan kolam curugnya yang emang ngga terlalu dalam jadi asyik buat ngadem dan berendem. Di sini, lo bisa ngerasain sensasi mandi di kolam alam berdinding batu dan yang pastinya super seger karena airnya langsung dari pegunungan!

Via anekawisata.com

Rumah Pohon Curug Ciherang Jonggol

​Ngga perlu jauh-jauh pergi ke Jogja atau Malang buat berburu foto untuk Instagram dengan latar rumah pohon lengkap dengan barisan pegunungan hijau yang menjadi background-nya. Sekarang, di Kawasan Jonggol sudah dibangun rumah pohon serupa dengan yang di Jogja dan di Malang. Serunya, di sini juga ada jembatan gantungnya juga, jadi makin lengkap deh foto ala-alanya.

Lokasi rumah pohon ini adanya di dekat pintu masuk Curug Ciherang di Jonggol atau tepatnya di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur. Untuk bisa fotoan ala-ala di rumah pohon ini, ngga perlu rogoh kocek mahal, cukup siapin uang tiket Rp 5,000 dan Rp 20,000 buat parkir kendaraan (mobil) atau Rp 5,000 (motor).

Karena lokasi ini masih terbilang baru dan ngga terlalu banyak orang yang tau, siap-siap aja kebanjiran likes dan dihujani comment macem "ih, ini dimana sih kok bagus banget?" atau "besok-besok kalo ke tempat lucu kaya gini ajak-ajak dong". Jadi berasa selebgram deh tuh ya!

Kira-kira, lokasi-lokasi wisata anti-mainstream apalagi ya yang bakal bikin weekend lo beda dari biasanya? Yuk baca lengkapnya di sini: https://rebrand.ly/BwstBgr

Selamat membaca, semoga bermanfaat! Laughing out loud

tamasyeah's picture
tamasyeah
Offline
Jr. Member
Joined: 2014-09-01
up up

up up

tamasyeah's picture
tamasyeah
Offline
Jr. Member
Joined: 2014-09-01
up up

up up

hadidar's picture
hadidar
Offline
Newbie
Joined: 2017-01-10
bisa di jadikan rekomendasi

bisa di jadikan rekomendasi next trip

tamasyeah's picture
tamasyeah
Offline
Jr. Member
Joined: 2014-09-01
:)

hadidar wrote:
bisa di jadikan rekomendasi next trip

Senang tau tulisan ini membantu Smile

tamasyeah's picture
tamasyeah
Offline
Jr. Member
Joined: 2014-09-01
(No subject)

acilooaprilia's picture
acilooaprilia
Offline
Newbie
Joined: 2017-01-20
curug leuwi hejo sekarang

curug leuwi hejo sekarang airnya udah ga bersih dulu ya gan

tamasyeah's picture
tamasyeah
Offline
Jr. Member
Joined: 2014-09-01
betul kak

acilooaprilia wrote:
curug leuwi hejo sekarang airnya udah ga bersih dulu ya gan

betul bgt gan, karena udah terlalu rame. alternatifnya coba ke curug2 di sekitarnya ajaaaa, msh sepi

lokasijudi's picture
lokasijudi
Offline
Newbie
Joined: 2016-12-20
LOKASI BOLA | LOKASI SABUNG | LOKASI POKER | LOKASI BOLA TANGKAS

Mari Bergabung Bersama Lokasibola.com Sekarang Juga !!

Dapatkan Bonus-bonus menarik dari kami setiap minggunya :

* BONUS NEW MEMBER 20% ( Sportsbook )
* BONUS NEW MEMBER 10% ( SABUNG AYAM, CASINO, TANGKAS, SLOT GAME )
* BONUS CASH BACK 10% ( SBOBET, IBCBET, JOKER, S128, CF88, TANGKASNET, 88TANGKAS )

Dengan minimal deposit Rp50.000 sudah bisa memainkan game seru dari kami Smile

AGEN SABUNG AYAM

Ayo mainkan Permainan Yang Kami Sediakan Yaitu :

* LOKASI BOLA
* IBCBET
* S128
* LOKASI SABUNG
* LOKASI GAME SLOT
* TANGSKNET
* LOKASI BOLA TANGKAS
* KOKASI POKER
* KOKASI POKER

BANDAR SABUNG AYAM

------***FASILITAS LUAR BIASA dari kami adalah BANK KAMI SELALU ONLINE 24 JAM***------

untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di :

Pin Bb :5592A17D
WHATSAPP : +85593839115

Langsung saja bergabung dan hubungi cs kami untuk mendapatkan keberuntungan anda.

irvanlee's picture
irvanlee
Offline
Newbie
Joined: 2017-01-24
wah keren neh bogor .....

wah keren neh bogor .....

tamasyeah's picture
tamasyeah
Offline
Jr. Member
Joined: 2014-09-01
setuju

irvanlee wrote:
wah keren neh bogor .....

Setuju banget Kak, Bogor keren dan juga deket dari Jakarta Laughing out loud