Selamat datang di forum BACKPACKER INDONESIA

Selamat datang di backpackerindonesia.com, Sebuah forum seputar backpacking dan traveling. Untuk bertanya atau diskusi dengan backpacker lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.

Klik di sini untuk mendaftar!

12 TEMPAT WAJIB KUNJUNG SAAT LIBURAN KE DERAWAN

10 posts / 0 new
Last post
tamasyeah's picture
tamasyeah
Offline
Jr. Member
Joined: 2014-09-01
12 TEMPAT WAJIB KUNJUNG SAAT LIBURAN KE DERAWAN

Salah satu pulau dengan pantai terbaik yang dimiliki Indonesia ini berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur, 2 jam perjalanan darat dari Bandara Berau dilanjutkan dengan 30 menit penyebrangan menggunakan speedboat dari Pelabuhan Tanjung Batu. Sebenernya, Derawan ini merupakan sebuah kepulauan, bukan satu pulau aja, yaitu Kepulauan Derawan. Kepulauan Derawan terdiri dari beberapa pulau yang mana masing-masing pulau ini memiliki keunikannya sendiri-sendiri yang ngasih alesan ke lo untuk nyempetin dateng ke pulau-pulau tersebut satu per satu. Bukan cuma itu aja, lokasi lain yang berada di luar Kepulauan Derawan juga punya daya tarik unik yang bikin elo wajib mampir saat liburan ke Derawan.

1. TIDUR NYENYAK DITEMANI SUARA OMBAK DI PENGINAPAN APUNG DERAWAN

Derawan merupakan pulau utama dari Kepulauan Derawan dan satu-satunya yang memiliki penduduk. Oleh karena itu, Derawan cocok untuk dijadikan lokasi tinggal saat mengeksplor daerah-daerah di sekitarnya.

Via instagram.com/tamasyeah

Konsep penginapan di Derawan ini unik dan asik, yaitu berbentuk penginapan apung di atas laut. Menginap di sini pasti memberikan pengalaman berbeda dan membuat bobok jadi super nyenyak. Gimana enggak, boboknya sambil ditemenin desiran ombak dan semilir angin laut!

Via instagram.com/tamasyeah

Serunya lagi, di Derawan banyak penyu yang bebas seliweran di bawah penginapan. Hiburan banget buat lo yang lagi leyeh-leyeh di atas hammock di balkon penginapan.

Via instagram.com/tamasyeah

Via wiranurmansyah.com

Via ndahsaja.com

Ngga cukup dengan cuma ngeliatin si penyu? Monggo, berenang dengan lompat langsung dari balkon penginapan sabi juga kok!

Via twitter.com/derawantour

Via dailyvoyagers.com

Via instagram.com/tamasyeah

2. WARNA AIR LAUT YANG HIJAU TOSKA MEMBUAT PULAU MARATUA INSTAGRAMABLE BANGET BUAT FOTOAN

Buat yang doyan banget fotoan, di Pulau Maratua ini lo pasti akan dibuat girang karena warna air laut di sini hijau toska nan bening. Fotoan dengan background warna air laut Maratua ini dijamin bakal ngehasilin foto yang instagram material banget, cakep dan nge-trigger orang untuk kasih like dan ninggalin komen "ih dimana tuh" atau "ih bagus banget" atau "ih ngiri!!!" saat elo nge-post.

Via maratua.com

Ngga cuma foto berlatar laut Maratua, elo juga bisa langsung nyemplung dan foto dari dalem air. Tenang aja, ngga terlalu dalem kok! Kalo beruntung, elo bisa tuh foto bareng penyu yang kebetulan lagi lewat.

Via travellie.com

Via instagram.com/kakabantrip

Ngomong-ngomong soal Maratua, ngga akan lepas dengan resort terkenal itu, yaitu Maratua Paradise Resort. Resort ini jadi lokasi favorit traveler untuk narsis-narsisan karena konsepnya yang merupakan resort apung sehingga membuat Maratua Paradise Resort ini mirip-mirip sama resort di Maldives, tentu dong lengkap dengan warna air lautnya yang cihuy banget.

Via maratua.com

Fotoan di jembatan yang ngehubungi antara satu cottage dengan cottage lainnya merupakan gaya foto yang laris manis alias paling sering dipake oleh para pengunjung.

Via media2.trover.com

Untuk menginap di resort ini, elo lumayan harus relain ngerogoh kocek dalem-dalem. Karena terakhir, rate per malem per orangnya ada di angka satu juta rupiah, sudah include makan dan pemandangan super cantik yang akan menyambut lo saat bangun tidur. Tapi tenang, ternyata resort ini open kok untuk lo yang ngga mau menginap di sini tapi tetep pengen punya foto ala ala di depan penginapannya. Alhamdulillah!

Via female.store.co.id

3. PACU ADRENALIN DENGAN MELOMPAT DI GOA HAJI MANGKU

Sebenernya ya, kalau disebut goa, Goa Haji Mangku ini agak kurang pas rasanya. Karena, posisinya yang vertikal dengan air yang menggenang di dalamnya membuat Goa Haji Mangku lebih cocok kalau disebut danau atau danau mini karena ukurannya yang ngga sebesar danau juga.

Untuk sampai ke sini, elo bisa coba 2 cara, dengan jalan kaki selama 7 jam dari Maratua Paradise Resort atau dengan menggunakan speedboat dari starting point yang sama menuju ke utara Pulau Maratua dengan hanya memakan waktu 15-20 menit. Menggunakan speedboat pun ngga semudah itu juga, elo harus nunggu air pasang agar speedboat bisa lewat tapi ngga sepasang itu juga supaya nantinya si speedboat bisa parkir ngga jauh dari mulut goa. Kemudian, elo masih harus trekking ringan selama 10 menit hingga akhirnya lo akan menemukan mulut goa dengan warna air birunya yang khas.

Via wiranurmansyah.com

Kalau sudah sampai di depan mulut goa, pilihannya cuma 2, lompat atau melipir lewat jalan kecil di sisi goa. Karena airnya yang biru banget, gue sih lebih milih buat lompat. Siapa yang bisa nolak buat lompat coba ngeliat airnya yang super bening itu?

Via wiranurmansyah.com

Buat yang masih galau mau lompat atau ngga, ngga usah galau, langsung lompat aja! Sisain energi galau lo buat galauin gebetan atau mantan aja. Karena, ketinggian lompatnya cuma 4 meter dengan kedalaman air yang lebih dari 5 meter, jadi ngga perlu khawatir kejedot dasar goa. Cuss!

Via wiranurmansyah.com

Kalau udah lompat, lanjut berenang-senang di dalam goanya asyik juga. Kalau dilihat-lihat, Goa Haji Mangku ini kaya ngga berdasar ya?

Via catperku.com

4. RIBUAN UBUR-UBUR TUMPAH RUAH DI PULAU KAKABAN

Belum ke Derawan rasanya kalau belum mampir ke Pulau Kakaban. Di Pulau Kakaban ini terdapat sebuah danau air tawar dimana elo bisa menyaksikan ubur-ubur tanpa sengat (stingless jellyfish) langsung dari habitatnya. Jumlahnya? Mungkin ribuan bahkan lebih!

Via lingkunganitats.wordpress.com

Ngga usah khawatir, karena mereka merupakan ubur-ubur tanpa sengat, jadi mereka ngga akan bikin badan jadi gatel-gatel saat tersentuh. Jadi elo ngga akan sekedar ngeliatin aja dari permukaan, tapi bisa ikutan nyebur dan berenang langsung bareng ubur-ubur ini.

Via reservasi.com

Kalo diliat-liat, ubur-ubur di Pulau Kakaban ini kecil dan ringkih banget. Makannya, kalau foto bareng mereka ngga usah pake disentuh-sentuh segala ya, apalagi ketendang saat elo lagi berenang. Jadi harus hati-hati, jangan grasak-grusuk.

Via ondehmandeh.com

Udah puas main sama ubur-ubur, duduk-duduk manis sambil ngeringin badan di pinggir danau Kakaban lucu juga. Ala ala berjemur macem bule gitu deh (setelah sebelumnya ribet pake sunblock setebel wedges-nya Nunung #okeininggalucu).

Via kadekarini.com

5. MENEMUKAN KEHE DAING, LAGUNA TERSEMBUNYI YANG BELUM BANYAK ORANG TAU

Kalau sudah puas berenang bareng ubur-ubur di Danau Kakaban (dan berjemur lucu ala bule di pinggir danaunya), jangan pulang dulu. Luangkan waktu sebentar untuk mampir ke salah satu laguna tersembunyi yang masih perawan di kawasan Derawan, Laguna Kehe Daing namanya

Via instagram.com/derawanfisheries

Untuk sampe ke sini, lo bisa belokkan arah speedboat lo ke arah belakang Pulau Kakaban yang kemudian dilanjutkan dengan trekking ringan menuju pintu masuk ke Kehe Daing yang berupa goa bawah laut.

Via travel.detik.com

Karena pintu masuknya terletak di bawah laut, lo cuma bisa berkunjung ke Laguna Kehe Daing saat goa ini lagi surut aja, karena saat air laut lagi pasang seluruh goa bakal penuh keisi oleh air.

Via travel.detik.com

Tapi percayalah, hal inilah yang justru ngejaga Laguna Kehe Daing masih perawan tak terjamah yang pada akhirnya bikin pemandangan di sini bersih dari sampah serta masyarakat yang suka seliweran dan hobi photobombing. Pokoknya, Laguna Kehe Daing jadi serasa milik sendiri, elo bisa puas fotoan gaya apapun sampe memori hape abis.

Via instagram.com/jessicatbii

Via instagram.com/derawanfisheries

6. SENSASI SUSUR GOA BAWAH LAUT DI BLUE LIGHT CAVE KAKABAN

Lokasi Blue Light Cave berada di pinggiran Pulau Kakaban, dengan pintu masuknya ngga jauh dari bibir pantai pulaiu ini. Jangan berharap pintu masuknya adalah gapura bagus bertuliskan "Selamat Datang di Blue Light Cave" ya, karena nyatanya pintu masuknya berupa bibir goa yang ada di permukaan air laut.

Via scububble.com

Karena posisinya ada di bawah laut, elo perlu peralatan diving plus instrukturnya untuk bisa ngerasain sensasi susur goa bawah laut ini. Kalau ngga, salah-salah elo bisa kesasar di dalemnya.

Via amaliadita92.blogspot.co.id/

Yang dibutuhkan selain peralatan diving dan instrukturnya adalah mental. Karena, Blue Light Cave ini sangat sempit dan super gelap. Dijamin bisa bikin parno elo-elo yang phobia ruang sempit dan gelap. Solusinya, membawa senter bisa sedikit membantu ngurangin rasa takut.

Via panoramio.com

Saat sampai di ujung goa, instruktur akan langsung kasih tau lo untuk segera mematikan senter karena pertunjukan sesungguhnya baru aja dimulai: cahaya kebiruan masuk menembus celah goa. Merinding!

vIA travel.detik.com

Nah, kira-kira apalagi ya 6 sisanya? Yuk baca versi lengkapnya di sini: https://rebrand.ly/Bdrwn

Selamat membaca, semoga bermanfaat!Laughing out loud

wilifahmawan's picture
wilifahmawan
Offline
Newbie
Joined: 2017-01-04
keren ...

Jadi keinget waktu angkut teri dari berau ke pasar johar karawang. sambil nunggu teri dipacking sama tenaga kerja, main-main sama penyu di derawan.

Tak terlupakan ...

ayundaria's picture
ayundaria
Offline
Newbie
Joined: 2017-01-05
gila indah banget kerenn

gila indah banget kerenn

tamasyeah's picture
tamasyeah
Offline
Jr. Member
Joined: 2014-09-01
Waaah

wilifahmawan wrote:
Jadi keinget waktu angkut teri dari berau ke pasar johar karawang. sambil nunggu teri dipacking sama tenaga kerja, main-main sama penyu di derawan.

Tak terlupakan ...

Waah kerja di sana gan?

tamasyeah's picture
tamasyeah
Offline
Jr. Member
Joined: 2014-09-01
Iya indah banget yaaa

ayundaria wrote:
gila indah banget kerenn

Iya indah banget yaaa Gaaan

tamasyeah's picture
tamasyeah
Offline
Jr. Member
Joined: 2014-09-01
up up

up up

tamasyeah's picture
tamasyeah
Offline
Jr. Member
Joined: 2014-09-01
up

up

tamasyeah's picture
tamasyeah
Offline
Jr. Member
Joined: 2014-09-01
UP

cah ayaab adi's picture
cah ayaab adi
Offline
Newbie
Joined: 2016-12-28
Iya indah banget yaaa

tamasyeah wrote:
ayundaria wrote:
gila indah banget kerenn

Iya indah banget yaaa Gaaan

Iya indah banget yaa ... kereen ... Smile Laughing out loud Party :Cool Cool

tamasyeah's picture
tamasyeah
Offline
Jr. Member
Joined: 2014-09-01
(No subject)