Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

TIPS BERSNORKELING RIA ~~~

Sheanggra
Sheanggra, pada 6 Des. 2016, 15.34
di Tanya & Jawab

Hi guys…
Saya mau share tips nih buat kalian yg suka bersnorkeling ria. Buat kalian yang suka liburan kepantai pastinya gak akan melewatkan bersnorkeling ria menikmati keindahan bawah laut trumbu karang dan kehidupan biota laut. Kalian harus memperhatikan hal berikut…

1.Cari tau spot snorkeling kan contur pantainya
Ini menurut saya paling penting, karna ada baiknya untuk kita mengetahui contur pantai seperti apa yg tempat spot snorkeling kita. Beberapa pantai sangat dekat dengan palung laut kita bias liat dari perbedaan warna air laut dari yg biru terang hingga ke biru gelap.
Ada juga pantai landau yang banyak trumbu karangnya, jangan samapi terinjak ya guys.. karna kita bias merusak trumbu karang tersebut.

2.Siap kan peralatan perang wkwkkw
Menyiapkan peralatan perang seperti Vin dan google/kacamata renang and one more kamera underwater untuk mengabadikan momen bahagia kalian dan mengabadikan keindahan sang Maha Pencipta.

3.Pentingnya mengetahui hewan berbahaya di bawah laut
[spoiler]
[URL=http://s350.photobucket.com/user/Shelvie_Anggraeni/media/diadema1_zpsilva3t2z.jpg.html][IMG]http://i350.photobucket.com/albums/q426/Shelvie_Anggraeni/diadema1_zpsilva3t2z.jpg[/IMG][/URL][/spoiler]
a.Bulu babi(Echinoidea)
hewan laut yang memiiliki banyak duri seperti landak. Durinya memiliki racun yang berdampak sangat nyeri pada bagian yang terkena racun duri tsb, dan meriang. Pertolongan pertama dengan keluarkan duri dr kulit lalu siram dengan air seni (air seni mengandung amoniak yang bisa menghancurkan racun bulu babi).

[spoiler]
[URL=http://s350.photobucket.com/user/Shelvie_Anggraeni/media/sverrucosabig_zpskj3kpcuz.jpg.html][IMG]http://i350.photobucket.com/albums/q426/Shelvie_Anggraeni/sverrucosabig_zpskj3kpcuz.jpg[/IMG][/URL][/spoiler]
b. Ikan batu(Synanceia verrucosa)
Hewan laut yang hidup disekitar karang, berkamuflase sebagai batu. Ikan batu ini memili duri di punggungnya yang beracun guys. So, hati-hati jangan sampai menginjak ikan ini karena racunnya bisa menyebabkan shock,kelumpuhandan kematian jaringan. Langkah pertolongan pertama jika kontak dengan ikan batu rendam anggota tubuh yang mengalami kontak langsung dengan air hangat.

[spoiler]
[URL=http://s350.photobucket.com/user/Shelvie_Anggraeni/media/ikan%20pari_zpsomn1jv26.jpg.html][IMG]http://i350.photobucket.com/albums/q426/Shelvie_Anggraeni/ikan%20pari_zpsomn1jv26.jpg[/IMG][/URL][/spoiler]
c.Ikan Pari
Ikan pari memiliki duri yang beracun sebagai alat pertahanan dirinya,ikan ini gak agresif sebetulnya kepada manusia. Jika merasa terancam, ikan tersebut akan menyerang denga duri beracun. Kontak langsung dengan ikan ini akan menyebabkan kram otot,infeksi bakteri dan jamur.berbahaya jika tersengat ke area vital akan sangat fatal racunnya. Pertolongan pertama nya saya kurang tahu nih agan agan.

[spoiler][URL=http://s350.photobucket.com/user/Shelvie_Anggraeni/media/ubur%20ubur_zps9reymafa.jpg.html][IMG]http://i350.photobucket.com/albums/q426/Shelvie_Anggraeni/ubur%20ubur_zps9reymafa.jpg[/IMG][/URL][/spoiler]
d.Ubur-ubur
Meski memiliki bentuk yang unik hewan ini termasuk berbahaya karna tentakel nya memiliki sengatan yang berahkibat gatal pada kulit.Akan tetapi ada juga loh jenis ubur bubur yang menyebabkan kematian seperti kelompok Cubozoa.

[spoiler][URL=http://s350.photobucket.com/user/Shelvie_Anggraeni/media/crown_of_thorns_sea_star_01_zpslgbixf2m.jpg.html][IMG]http://i350.photobucket.com/albums/q426/Shelvie_Anggraeni/crown_of_thorns_sea_star_01_zpslgbixf2m.jpg[/IMG][/URL][/spoiler]
e.Bulu seribu
Merupakan jenis bintang laut dengan duri diseluruh bagian tubuhnya.durinya dapat menyuntikan racun yang berahkibat iritasi pada kelenjar lender dan butir darah. Sehingga menyebabkan perdarahan yang berahkibta fatal.

[spoiler][URL=http://s350.photobucket.com/user/Shelvie_Anggraeni/media/ular-2Blaut_zpsnltkb9kv.jpg.html][IMG]http://i350.photobucket.com/albums/q426/Shelvie_Anggraeni/ular-2Blaut_zpsnltkb9kv.jpg[/IMG][/URL][/spoiler]
f.Ular laut
Jenis bintang laut yang sangat berbahaya. Bayangkan aje gan racunnya 60 kali lipat ular kobra.tinggal nya biasanya di sela-sela karang. Racunnya yang sangat kuat bisa menyebabkan kematian.

[spoiler][URL=http://s350.photobucket.com/user/Shelvie_Anggraeni/media/lionfish_zpslrkcinrc.jpg.html][IMG]http://i350.photobucket.com/albums/q426/Shelvie_Anggraeni/lionfish_zpslrkcinrc.jpg[/IMG][/URL][/spoiler]
g.Lion fish
Hewna laut ini memiliki bentuk yang cantik, pada siripnya memiliki racun. Jika kontak langsung ,akan menyebabkan nyeri selama berjam jam.pertolongan pertama nya rendam atau kompres bagian tubuh yang kontak langsung dengan air panas yang di campur cuka atau irisan lemon.

[spoiler][URL=http://s350.photobucket.com/user/Shelvie_Anggraeni/media/fire-coral2_zpsokgm9zq9.jpg.html][IMG]http://i350.photobucket.com/albums/q426/Shelvie_Anggraeni/fire-coral2_zpsokgm9zq9.jpg[/IMG][/URL][/spoiler]
h.Karang api
karang yang cantik yang memiliki warna keorange an . jika tak sengaja menginjak,bagian yang kontak langsung dengan karang api akan sangat berbahaya terasa sangat panas.

4.Lebih baik pagi hari.
Snorkeling dipagi hari menurut ane lebih enak karna pas banget ombak belum tinggi,air laut surut.kalo kita snorkeling di sore hari selain arusnya kuat dan ombak mulai tinggi guys.

Semoga bermanfaat ya guys..


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

bellariana
bellariana
bellariana Newbie
pd. 8 Des. 2016, 15.38

snorkeling di pantai mana gan

Suka 0
Sheanggra
Sheanggra
Sheanggra Newbie
pd. 7 Des. 2016, 22.35

[quote=Han's]Snorkeling mrp kegiatan mnyelm di laut dangkal dg arus yg tng. Utk mlakukn kegiatn snorkeling itu emng kdu mliht kondsi laut jg. Umumx spot snorkeling di Indonesia ini sgt kaya bgi pcnta snorkeing, diantarax spot yg trindah, aman, dan favorit adlh. :
1.Wakatobi
2.Raja Ampat (-+ area seluas sktr 5 ha dihuni oleh ribuan spesies ikn dn trumbu karang)
3.Karimun Jawa
4.P.Bintan,Riau
Ada ngarai yg gk trllu dlm dn luasx ada sktr 8 m
5.Pantai nglambor, Gn Kidul, Yogyakarta
6.Pink Beach, P.Komodo NTT
Pantaix dngkal, bnyk ikn dn trumbu karang
7.Gili Nanggu,Lombok
8.Pantai Sulamadaha Ternate
9.Derawan, Berau
10.Menjangan, Bali
22.Bunaken
23.P.Lengkuas, Belitung
24.P.Derawan.[/quote]

Baru tau nih di jogja ada spot bgs. Thanks info nya ka hans

Suka 0
Malang
Malang
Malang Super Hero
pd. 8 Des. 2016, 4.07

Snorkeling mrp kegiatan mnyelm di laut dangkal dg arus yg tng. Utk mlakukn kegiatn snorkeling itu emng kdu mliht kondsi laut tp jg aman. Umumx spot snorkeling di Indonesia ini sgt kaya bgi pcnta snorkeing, diantarax spot yg trindah, aman, dan favorit adlh. :
1.Wakatobi
2.Raja Ampat (-+ area seluas sktr 5 ha dihuni oleh ribuan spesies ikn dn trumbu karang)
3.Karimun Jawa
4.P.Bintan,Riau
Ada ngarai yg gk trllu dlm dn luasx ada sktr 8 m
5.Pantai nglambor, Gn Kidul, Yogyakarta
6.Pink Beach, P.Komodo NTT
Pantaix dngkal, bnyk ikn dn trumbu karang
7.Gili Nanggu,Lombok
8.Pantai Sulamadaha Ternate
9.Derawan, Berau
10.Menjangan, Bali
22.Bunaken
23.P.Lengkuas, Belitung
24.P.Derawan.

Suka 0

© backpackerindonesia.com