Selamat datang di forum BACKPACKER INDONESIA

Selamat datang di backpackerindonesia.com, Sebuah forum seputar backpacking dan traveling. Untuk bertanya atau diskusi dengan backpacker lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.

Klik di sini untuk mendaftar!

Saluopa waterfall @tentena poso

1 post / 0 new
tikul's picture
tikul
Offline
Newbie
Joined: 2010-10-13
Saluopa waterfall @tentena poso

Perjalanan dinas saya kali ini sangat berkesan, soalnya bener-bener liat cantiknya Sulawesi tengah seminggu full…

bayangin aja dari Kabupaten Parigi, Poso, Morowali saya jelajahi semua. walaupun jalannya masih dangdut, karena masih banyak jalan yang jelak, tapi saya menikmatinya. Itu kan seninya jalan-jalan, kalau capek ya wajarlah.

tapi dari semua yang paling berkesan adalah waktu nemu air terjun Saluopa di Tentena yang termasuk wilayah Kab. Poso. Ditambah lagi hari itu pas hari Ulang Tahun saya yang ke 24 tepatnya 28 Januari, walaupun tidak ada keluarga dan banyak teman.

Tapi saya dapat kado yang istimewa^^. untung teman seperjalanan saya kompak-kompak yaitu Kak Ani dan Pak Mansur . Yippi…untung ada kalian.. How Lucky Iam

Dari tentena kurang lebih setengah jam untuk ke air terjun ini. Jalannya pun sudah lumayan bagus, jadi nggak usah khawatir. Saat saya sampai suasana sepi sekali, tidak ada penjaga disitu. Ya sudah kami langsung masuk. Jalan setapak pun ada, apalagi kanan-kiri penuh kebun coklat. smeakin masuk kedalam semakin sejuk udaranya, karena kami benar-benar masuk hutan dengan rindangnya pohon-pohon dan gemericik suara air. ada aliran sungai kecil disitu, jadi saya kira pasti air terjunnya juga nggak seberapa alias kecil juga.

Ternyata dan ternyata semakin kami masuk kedalam, suara air semakin besar dan setelah saya lihat air terjunnya, mulut saya sampai ternganga. Belum pernah saya melihat air terjun secantik ini yang menurut masyarakat ada 12 tingkat.

Dengan semangat 45′ langsung kami mabil kamera buat ceprat-cepret donk. Bener-bener nggak mau sia-siain pemandangan seluar biasa ini. Nggak mantab kalau sudah ke air terjun tapi nggak nyebur. Nggak peduli deh walaupun baju basah kuyup, apalagi merasakan kesegaran airnya, sepertinya semua penat, semua capek hilang seketika.

Kalau di perhatikan dengan seksama, air terjun ini memang unik, ada banyak tingkatan di atasnya. akhirnya karena rasa penasaran, kami bertiga mendaki ke atas. sebenarnya bagaimana sih air terjun ini sebenarnya. Pas mau mendaki, eh ketemu sama bule Perancis xixixi, padahal udah berumur loh, tapi keren yah masih kuat mendaki. Tentu saja tetep minta foto bareng donk, hehehe.

Akhirnya kita mendaki juga, semakin ke atas semakin bagus, akrena kami bisa lihat keseluruhan air terjunnya. So wonderfull^^.

Walaupun medannya agak sulit tapi senang kok, anggap aja berpetualang. samapi di aliran sungainya , kami bisa berenang. Awalnya sih ingin susur sungai tapi berhubung waktunya nggak mendukung (kami harus balik lagi ke Palu) dan medannya agak susah, ya dibatalkan deh. Apalagi kami tidak didampingi guide, nggak lucu kan hilang dalam hutan.

http://tikateacool.wordpress.com/