Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Melancong ke Banggai Kepulauan Sulawesi Tengah

pagopago
pagopago, pada 23 Nov. 2010, 15.07
di Tanya & Jawab

Salam FBI,

Indonesia memang kaya sekali dengan keindahan lautnya, diantaranya adalah pantai Senggigi di NTB, Raja Ampat di Papua, Bunaken di Sulut dan Mentawai di Sumatra Barat). Mungkin sekedar saran, dari sekian banyak obyek wisata laut yang sudah pernah dikunjungi, satu lagi referensi yang wajib untuk teman-teman backpacker jelajahi adalah Kepulauan Bangkep dan Pulau Peling, Banggai Kepulauan yang merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi tengah yang terletak dibagian pantai timur Pulau Sulawesi. Kebetulan saya pernah pergi kesana dan rasanya mempunyai keinginan untuk pergi lagi kesana.

Transportasi untuk perjalan Ke Banggai Kepulauan :
Untuk mencapai Bangkep perlu menggunakan berbagai jenis transportasi. Rute perjalanan saya diawali dengan terbang dari Bandara Soekarno-Hatta (kalau dari Jakarta), atau Bandara Juanda (dari Surabaya) menuju Bandara Sultan Hasanuddin di Makasar, dari Makasar dilanjutkan dengan penerbangan ke Bandara BUbung Luwuk dengan menggunakan Maskapai Penerbangan Batvia Air.
Dari Kota Luwuk, untuk mencapai Kabupaten Banggai Kepulauan dengan menggunakan transportasi "kapal kayu" yang secara reguler beroperasi tiap hari. Jika ingin membayangkan "kapal kayu" hampir sama dengan kapal kayu yang ditumpangi pada saat mau pergi ke kepulauan seribu dari muara angke ke pulau tidung sambil menikmati pemandangan lautnya sangat menyenangkan.
Sebenarnya untuk perjalanan Ke Banggai Kepulauan ada dua alternatif yang bisa dipilih, pertama rute : Jakarta-Makasar-Luwuk, kedua rute : Jakarta-Palu-Luwuk. Rute kedua akan memakan waktu lebih lama dari rute yang pertama. karena rute kedua berangkat dari Bandara Cengkareng Jakarta ke Bandara Mutiara Palu dengan Maskapai Penerbangan Batavia Air tanpa transit. Tiket Jakarta-Palu promo IDR 700 ribuan, kemudian dari Palu menuju ibukota Kabupaten Banggai Luwuk ditempuh melalui jalan darat (Bus/dengan kendaraan carteran). Palu - Luwuk dengan jarak sekitar 350 km.

Dari Luwuk ke Pulau Peleng dengan ferri kurang lebih ditempu 3-4 jam perjalanan. Sedangkan Luwuk ke Pulau Banggai dilayani oleh perahu motor kayu waktu tempuh antara 8 - 12 jam.

PM : adria_raditya@y*ahoo.com
Pagopago


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com