Selamat datang di forum BACKPACKER INDONESIA

Selamat datang di backpackerindonesia.com, Sebuah forum seputar backpacking dan traveling. Untuk bertanya atau diskusi dengan backpacker lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.

Klik di sini untuk mendaftar!

Tips keliling Danau Toba

22 posts / 0 new
Last post
om ben10's picture
om ben10
Offline
Semi-Newbie
Joined: 2012-05-15
Tips keliling Danau Toba
0
Your rating: None

Saya newbie, baru bergabung di BPI. Setelah saya lihat2 regional Medan koq sepi sekali, ini saya mau kasih sedikit tips keliling danau toba.
Saya tidak bisa menulis dengan benar nih. CMIIW yah.

Potensi wisata dgn alam yang sangat indah. Pulau Samosir adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba di provinsi Sumatra Utara. Sebuah pulau dalam pulau dengan ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut menjadikan pulau ini menjadi sebuah pulau yang menarik perhatian para turis.Sayang tidak dikelola dgn baik oleh masyarakat dan pemda setempat.
view Danau Toba dari simalem resort

Di Danau Toba terdapat 2 pulau kecil lain disekitar simanindo. Pulau Tao dan Pulau Toba. Juga terdapat 2 buah danau kecil yang mendapat julukan "danau di atas danau".

Danau Sidihoni (luas sekitar 5 ha, 8 km dari panguruan,cord: 2°36 05.34 N 98°44 41.15 E). Air danau ini sering berubah2 warnanya. dan satu lagi danau yg lebih kecil danau Aek Natonang.

route danau toba

Nah sekarang kita mulai cerita soal rute perjalan.

Ini sih touring masa SMA - Kuliah, sudah lama. Lokasi masih sangat terpencil, jalanan rusak parah. minim fasilitas. Jadi kita itu seperti bengkel berjalan, bawa ban serap, pompa, kunci2, jerigen buat bensin. Malah sering terpaksa isi rumput kedalam ban kalo kempes.

Kalau untuk saat ini masih minim fasilitas (di P.samosir ), cuma jalanan sudah bisa dilalui bus pariwisata. ( CMIIW yah soalnya bbrp tahun terakhir cuma explore dengan jetski).

** Route perjalanan I :

Medan - Tebing tinggi - Pematang Siantar - Parapat.
dari kota parapat baru menyeberang dgn ferry setempat ke P.Samosir buat yg bawa motor bisa diangkut..gtw kalo mobil kecil.

Parapat - Samosir bisa ke Tuktuk Siadong atau Tomok, bisa dgn kapal ferry utk wisatawan, berangkat dari kota prapat nya. pas dekat pintu masuk. Kalau dgn kapal penyeberangan rakyat setempat dari Ajibata - Tomok.

Selanjutnya dari Tuktuk siadong mulai lah keliling sebagian P.samosir nya. Sepanjang perjalanan dari Tuktuk - Simanindo pemandangan gunung dan view danau kalau pas tidak terhalang pepohonan. Pas di simanindo jalanan landai rata dengan tepi danau, ada pantai pasir putih, dan terdapat 2 pulau kecil didalam danau, Pulau Tao (ini resort - kunjungan wisatawan bule) dan Pulau Toba.
Kalau tidak salah dari pantai simanindo jarak nya ke Pulau Tao 81m.
Soalnya dulu2 sih kita suka menyeberang dengan berenang.

Selanjutnya dari Simanindo menuju Panguruan, disini medan mulai menanjak, mendaki gunung, cocok buat yang senang balapan. Memasuki panguruan medan semakin menantang menuju Tele (sdh ada di P.sumatra), selanjutnya - Sidikalang (bisa ke Tongqing dan Simalem resort), Kabanjahe, Berastagi.

Berastagi ini daerah tujuan wisata, seperti Puncak-cipanas, Batu-malang. Disekitar berastagi bisa naik lagi ke tempat wisata gundaling, Haranggaol, tetap dengan view Danau Toba dan Pegunungan.

Di Berastagi bisa hiking ke gunung Sibayak (2.212 M) dan gunung Sinabung (2.460 M). Perjalanan ke gunung sibayak terdapat pemandian air belerang Lau Debuk Debuk. Kalau ke gunung sinabung terdapat Danau Kawar.

Puas bermain di Berastagi, turun kearah Medan dengan melewati beberapa tempat wisata.

** Route perjalanan II :

Medan - Berastagi - Kabanjahe - Sidikalang - Tele - Panguruan.
Disini kita sudah berada di P.Samosir.
Panguruan - simanindo - Tutuk.
Kalau mau menyeberang ke kota Parapat, via ferry wisatawan.
Selanjutnya dari kota Parapat bisa kembali ke Medan via P.siantar - Tebing Tinggi - Medan. atau via Merek melewati (bisa ke Tongqing dan Simalem resort)- kabanjahe - berastagi - Medan.

** Untuk yang mau explore lanjut... destinasi selanjut nya kota Sibolga (sunset nya bagus benar ). Tempat wisata disekitar nya: tempat ziarah bunda Maria, Pandan, Pulau Poncan.

Parapat - Balige (terdapat makam Sisingamangaraja XII dan air terjun sampuran) - Tarutung - Sibolga.
atau
Parapat - Porsea - (melintasi jalan proyek sigura-gura) melintas ke kab. Asahan, Bandar Pulau. disini juga terdapat Air terjun Simonang monang.
Selanjutnya Bandar pulau - Simpang kawat - belok ke kanan kearah Tg.Balai Asahan. kalau belok ke kiri kearah Kisaran - kuala tanjung - Lima Puluh - Tebing Tinggi - Medan.

Untuk yang senang wisata Bahari ada destinasi 2 buah pulau yg eksotik, cuma harus terlebih dahulu meminta izin dari angkatan laut setempat. Soal nya dijadikan basis Angkatan laut.

Pulau Pandan - bisa explore dari Batubara atau Tg.Balai. Ini tempat yang ketiga bagi saya yang selalu kepengen datang berkunjung lagi. Kalau tempat pertama tentu saja Danau Toba, baru Bali.

Pulau Berhala - bisa explore dari Batubara atau Tg.Balai, lebih dekat dari Belawan sih.

Dimasa kejayaan PARAPAT banyak wisatawan mancanegara yg kesini, konon pada saat itu ada investor joint asing yang mau mengembangkan daerah PARAPAT, namun di tolak sama pemda dan masyarakat setempat. Kehidupan masyarakat setempat bercocok tanam, berladang, dan beberapa tahun belakangan didesa2 pemukiman pinggiran danau toba malah memanfaatkan danau untuk keramba apung. Jadinya kalau dilihat dari ketinggian jadi agak mengurangin keindahannya. Hotel2 dipinggiran danau yg pada masa jayanya parapat sangat bagus, sekarang jd kumuh dan kurang terawat. Belakangan hanya ada 1 investor yg membangun hotel bintang di pegunungan,Hotel Niagara. View dari hotel cukup bagus dan cukup lengkap dengan view pegunungan, lembah, dan danau.

** kalo sempat nanti saya tulis lagi tips touring jakarta - sumatra dengan melintasi jalur lintas tengah, timur, dan barat.

** CMIIW yah.

ndah's picture
ndah
Offline
Newbie
Joined: 2011-11-09
ini jalur parapat - toba -

ini jalur parapat - toba - samosir - brastagi 1 rangkaian perjalanan tanpa balik dulu ke parapat? wah, ada jalan tembus ya...

bulan april gw ke toba sewa mobil dari medan - pematang siantar - parapat - danau toba - nyebrang dengan ferry ke tomok. karena ada temen yg ngejar jadwal pesawat di tomok sewa ojek cuma sempat ke desa ambarita dan wisata yang dekat darmaga. balik lagi ke medan. hari berikutnya baru deh ke brastagi - sipisopiso - tongging - bukit gundaling.

kualitas jalan sudah cukup baik koq, terbukti bisa tidur cukup nyenyak Laughing out loud

danielsibarani's picture
danielsibarani
Offline
Jr. Member
Joined: 2010-07-07
gw suka danau toba!!!!! belum

gw suka danau toba!!!!!
belum puas dan ingin kesana lagi suatu hari nanti

Keep Walking

jabbar's picture
jabbar
Offline
Newbie
Joined: 2012-04-13
thanks infonya

thanks infonya sist...
kebetulan saya mau ke medan di akhir agustus,
ada yang mau gabung?

anugrahsuradipurwo's picture
anugrahsuradipurwo
Offline
Jr. Member
Joined: 2011-11-08
klo mau jalan kaki

klo mau jalan kaki ngelilingin danau toba brp jam yah gan?? Big smile

cerita gak menarik --> www.paragembelgembel.com
Ikutan aksi nanem mangrove yuuk 5-6 Oktober 2013 --> http://alturl.com/jadun

noped's picture
noped
Offline
Jr. Member
Joined: 2011-05-03
banned
Tips nya sangat membantu

Tips nya sangat membantu sekali.

kingsistina's picture
kingsistina
Offline
Jr. Member
Joined: 2011-09-12
salam kenal

saya Hans di jkt, salam kenal.
ada rencana agustus mau ke toba nih, sewa mobil dari medan ke parapat berapa yah, dan kalo ada kontak sewa mobilnya boleh tuh.

thanks

mega's picture
mega
Offline
Full Member
Joined: 2011-05-16
rev : klo ga salah bukan

rev : klo ga salah bukan pulau pandan tapi pulau pandang, daerah batubara/tj. tiram kan? sayang sekali pulau itu kurang terawat, sama halnya dengan pulau berhala, padahal cukup eksotis

klo pandan itu daerah sibolga, ada lagi pulau angsa dua masih daerah sibolga.

kenapa ga sekalian ulas nias gan, disitu juga keren...

salam

om ben10's picture
om ben10
Offline
Semi-Newbie
Joined: 2012-05-15
Pulau Pandan sist. Kalo yg

Pulau Pandan sist. Kalo yg di sibolga pantai pandan x.
Kalo nias blm pernah sist. Yg habis dijelahin baru sumatra - jawa.
Kalimantan, sulawesi, Papua br bbrp kota. Skrg dah di jkt.
member regional Medan mn nih........ayo diulas.

No Body Perfect - I am NO BODY

Arga Jirga's picture
Arga Jirga
Offline
Semi-Newbie
Joined: 2012-05-24
Gue lahir dimedan, dan 17

Gue lahir dimedan, dan 17 tahun tinggal di sidamanik (45 menit dari danau toba), dan sekarang kerja di jakarta. Tapi gue blon pernah sempat travelling ke pulau samosir, walaupun sebenarnya udah bosan ke Danau Toba. hahahaha

Orang sekitarnya kurang ngejaga kebersihan Danau Toba, jadi rada jorok di sekitar danau.

Mudah2an sekarang udah bersih, jadi kalau pulkam bulan 12 nanti bisa enak maen kesana lagi Cool

www.warawirigue.blogspot.com <--- dibaca ya kakak

Arga Jirga's picture
Arga Jirga
Offline
Semi-Newbie
Joined: 2012-05-24
@anugrahsuradipurwo

hmmm. klu mau jalan keliling Danau Toba, mending dari sekarang cari kekuatan dulu bro, biar kuat jalan mpe berbulan2 Big smile

www.warawirigue.blogspot.com <--- dibaca ya kakak

om ben10's picture
om ben10
Offline
Semi-Newbie
Joined: 2012-05-15
klo mau jalan cukup tuktuk -

klo mau jalan cukup tuktuk - tomok atau tutuk - ambarita za dengan susurin tuh pinggir danau. nice view. Kecapean tinggal cegat angkot.

No Body Perfect - I am NO BODY

Arga Jirga's picture
Arga Jirga
Offline
Semi-Newbie
Joined: 2012-05-24
tapi hati2 sama orang batak.

tapi hati2 sama orang batak. Wink

www.warawirigue.blogspot.com <--- dibaca ya kakak

Henri Raharjo's picture
Henri Raharjo
Offline
Semi-Newbie
Joined: 2012-05-12
Om Ben, Bro n Sista semua

Om Ben, Bro n Sista semua minta petunjuk dong.

saya rencana ke Danau toba 16 Juni
Jakarta - medan 04:30 - 06:30 mandala air / tiger air
Medan - Tebing tinggi 08:00 - 09:40 Kereta api

Apakah ada bus dari Tebing tinggi ke parapat?
Kalau ada naiknya dari mana, lama perjalanan n biayanya?
Apakah ada penyewaan sepeda motor untuk keliling pulau samosir?

Thanks

ndah's picture
ndah
Offline
Newbie
Joined: 2011-11-09
gw jawab yg sewa sepeda motor

gw jawab yg sewa sepeda motor aja coz kmrn di medan sewa mobil
sampai di dermaga tomok, keluar menuju jalan raya belok kiri, disitu ada tempat penyewaan motor. mereka nawarin harga Rp. 50.000.
nih pict-nya (ada nomor telfon disitu) http://ndahdien.multiply.com/photos/album/77/Wisata_Medan_-_Toba_-_Brastagi#photo=38

mega's picture
mega
Offline
Full Member
Joined: 2011-05-16
keren om ben10, petualang

keren om ben10, petualang sejati Smile

Henri Raharjo's picture
Henri Raharjo
Offline
Semi-Newbie
Joined: 2012-05-12
Ndah: Sip, maksih ya info nya

Ndah: Sip, maksih ya info nya

om ben10's picture
om ben10
Offline
Semi-Newbie
Joined: 2012-05-15
@Henri Raharjo : Ada KA Medan

@Henri Raharjo : Ada KA Medan - P.Siantar, Jadwal nya sama dgn yg ke T.Tinggi, Nanti Di T.tinggi baru pisah, ditarik loko ke P.siantar. Kalau dari Siantar byk bus, angkot ke Parapat. Kalau mau coba becak mesin Khas Siantar jg bisa nyampe ke Parapat.( ini nostalgia waktu msh kecil, liburan sekolah ke Siantar, kita +/- 20 org anak2 SD naik 2 becak motor ke PARAPAT ) Big smile

@Explorer : Untuk Parapat, Samosir dan sekitarnya cukup aman, malah di terminal Rambutan, Kalideres lbh menakutkan. Harus jeli dan hati2 saja, kalau beli2 buah disana, beli mangga bisa bonus batu didlm bungkusan. Big smile
Pengalaman saya malah pernah nginap gratis di balai desa, plus malam nya dijamu makan, plus pake saksang anak b2 panggang. Kepala desanya tidak mau dibayari....hanya gara2 beberapa teman asal Siantar bisa ngomong batak.

No Body Perfect - I am NO BODY

Henri Raharjo's picture
Henri Raharjo
Offline
Semi-Newbie
Joined: 2012-05-12
Thanks info nya Om Ben,

Thanks info nya Om Ben, sangat bermanfaat

Rachi's picture
Rachi
Offline
Newbie
Joined: 2012-03-28
Wah Danau Toba, gak pernah

Wah Danau Toba, gak pernah ngebosenin buat saya. Kalo kesana saya suka nginep di TukTuk dengan view menghadap danau ... mesti dicoba untuk yang butuh relaks hehehe ... Terakhir kesana Agustus 2011 sampai di Medan sewa mobil trus menuju air terjun Sipiso-piso lewat Brastagi (sempet beli jeruk Brastagi) jalannya mulus karena saya bisa tidur sampe tiba di air terjun, turun ke desa Tongging bermalam disana (Hotel Anugrah) besoknya lanjut ke Samosir lewat Tele ... bermalam di TukTuk lalu lanjut ke Sibolga lewat Tarutung dan sempat buka puasa makan durian di desa Adian Koting ... Semalam disana (Hotel Bumi Asih) paginya ke Tangga Seratus lalu balik ke Prapat, bermalam lagi disana besoknya pulang ke Medan ...

Henri Raharjo's picture
Henri Raharjo
Offline
Semi-Newbie
Joined: 2012-05-12
Terima kasih Om Ben & Ndah

Saya berangkat keparapat 16 juni dan menginap di tuktuk 1 malam. Alamnya sangat indah dan udaranya sejuk sekali.

Dari medan naik kereta api ke tebing tinggi 1 jam 45 menit. Lanjut dari depan stasiun kereta tebing tinggi naik bus intra 1 jam 20 menit ke pematang siantar, berganti naik mini bus ke parapat dari pematang siantar 1,5 jam.

Namun memang untuk sampai kesana (transportasi) dan mencari tempat menginap tidak semudah dan seterorganisir jika dibandingkan dengan jika kita jalan2 di Thailand.

Untuk rute pulang ke medan saya coba naik bus Sejahtera (naik dari pelabuhan aji bata) turun di terminal Amplas Medan (karena belum tau). Perjalanan 4,5 Jam biaya 25.000.

Saya sangat tidak menyarankan naik bus ini karena bus overload penuh sesak penumpang (bahkan banyak yg harus berdiri) & supirnya ugal-ugalan beberapa kali hampir menabrak kendaraan lain dan satu kali hampir tercebur kedanau (very very unsafe)

Btw Om Ben & Ndah info kalian sangat akurat n sangat bermanfaat bagi yg baru pertama kesana dan solo backpacker seperti saya, terima kasih.

Salam backpacker

danielsibarani's picture
danielsibarani
Offline
Jr. Member
Joined: 2010-07-07
akhirnya kesampean ke sana

akhirnya kesampean ke sana lagi.plus berastagi,treking ke gn sibayak,air terjun sipiso-piso,tongging.
dan gw udah kangen lg ama tempat2 tsb.
Berikutnya kalau sempet,mau ke bukit lawang

Keep Walking