Selamat datang di forum BACKPACKER INDONESIA

Selamat datang di backpackerindonesia.com, Sebuah forum seputar backpacking dan traveling. Untuk bertanya atau diskusi dengan backpacker lain, silakan bergabung dengan komunitas kami.

Klik di sini untuk mendaftar!

Masjid Syekh Zayed, Abu Dhabi

3 posts / 0 new
Last post
khairil anam's picture
khairil anam
Offline
Newbie
Joined: 2012-11-11
Masjid Syekh Zayed, Abu Dhabi
0
Your rating: None

Hijrah atau pun berwisata mentadaburi ciptaan Allah merupakan salah satu tujuan saya mengapa langkah kaki ini berada ditengah kerumunan masyarakat yang seabgian besar berbadan tinggi bergaya layaknya ulama dengan balutan kain yang serba islami ini,Dubai Uni Emirate Arab.
Selama menetap di Dubai, saya biasa melaksanakan sholat 5 waktu di masjid dekat dengan akomodasi tempat tinggal bersama kakak saya, selain karena jaraknya yang amat dekat sekali, juga dapat memanjakan badan supaya tidak terkena teriknya matahari yang amat panas karena peralihan musim.
Namun,ada yang berbeda kali ini di hari libur ini, kami akan melaksanakan shalat di salah satu masjid terbesar yang ada di muka bumi ini dan merupakan terbesar ke 3 setelah Makkah dan Madinah, Sheikh Zayed Mosque Center tepatnya, yang berada di kota Abu Dhabi ibukota kerajaan Uni Emirat Arab.
Dibantu dengan tarnsoprtasi seadnya berupa mobil pribadi milik teman kakak, kami mulai menelusuri perjalanan jauh kali ini, jarak antar Dubai dan Abu Dhabi laykany jarak dari Tangerang Kota ke arah Jakarta, sekitar 45 Km.
Syeikh Zayed Al Nahyan adalah dalang dari selesainya proyek agung ini, beliau merupakan tokoh nasionalis sekaligus pendiri Negara Kerajaan Uni Emirat Arab. Oleh karena itu, masjid agung ini dinamai Syekh Zayed Mosque agar dapat mengenang jasa-jasa beliau.
Saya begitu takjub ketika pandangan ini tertuju pada bagian arsitektural bangunan ini, dengan corak yang sangat khas layaknya arsitektural masjid yang berada di Negara Arab lainnya, mungkin ini cukup membuktikan begitu besarny pengaruh arsitektural Mughal ( India, Pakistan, Bangladesh ) dan Mooris ( Maroko ) sehingga masjid ini tak luput dari segala corak akan ciri khas dari bangunan Timur. Dibangun dengan 82 kubah dengan kubah utama berdiameter 32,8 bergaya Maroko dan dihiasi dengan batu pualam putih. Lengkap dengan pelataran tengahnya dan setiap penjuru masjid terdapat menara yang tingginya hampir 107 meter membuat saya tak henti-hentinya terus mengucapkan kalimat agung Subahanallah, maha suci Allah.
Usai melaksanakan sholat Dzuhur, bergegas kemabli menelusuri setap sudut dari masjid ini, walaupun ukuran yang sangat luas bahkan bila disetarakan dengan lapangan sepakbola mungkin lima kali lapangan sepakbola baru dapat menyamai akan luasnya masjid ini,akan tetapi tak ada kata lelah untuk menelusuri bagian dari masjid ini karean bagi saya hal seperti iini diibaratkan melakuakan pelatihan tujuh kali thawaf kelak ketika pergi haji nanti, Amin.
Yang unik dari masjid agung ini, terlihat disekliling masjid dibangun rangkain kolam dengan mengguanakan bahan keramik lantai warna gelap, memberikan pemandangan yang spektakuler dibawah siraman cahaya lampu dimalam hari, sehingga dapat memantulkan fase-fase bulan yang unik. Begitu juga pemandangan awan abu-abu kebiruan diproyeksikan ke pada dinding luar masjid sehingga menghasilkan pemandangan yang berbeda sertiap harinya. Bukan hanya itu keistimewaan yang ada di Masjid ini disebelah utara masjid ini terdapat fasilitas yang jarang saya temui disetiap masjid yang pernah saya kunjungi, yaitu sebuah perpustakaan yang dilengkapi oleh buku-buku klasik serta buku-buku cetakan, ensklopedia mengenai sejarah islam dan juga ilmu pengetahuan yang ada di agama islam, peradaban, kalighrafi, dan seni budaya, buku-buku kuno hingga koin-koin Islam.
Senang seakli dengan penagalamn saya hari ini, melihat keindahan yang terjadi pada masjid ini, seglintiran manusia ciptaan Allah yang tak henti-henti mengucapkan takbir ketika melihat bangunan istimewa ciptaan manusia ini, bahkan mendapatkan harapan agar masjid ini bukan hanya sekedar masjid yang mewah nana gung tetapi sepi akan pengunjung yang hendak melaksanakan shalat atau kewajiban mereka.

petualangbumi's picture
petualangbumi
Offline
Newbie
Joined: 2012-08-17
Mana Fotonya.....????hehehe

Mana Fotonya.....????hehehe Laughing out loud

TEBE TIBI's picture
TEBE TIBI
Offline
Jr. Member
Joined: 2011-06-29
tak kenal maka tak sayang ...

tak kenal maka tak sayang ... hehehehhe.... iye fhotonya mana gan ...